Kenali Manfaat Daun Belalai Gajah Untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Berbagai jenis tanaman herbal sudah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional, beberapa jenis tanaman herbal cukup populer di kalangan masyarakat. Namun tidak semua jenis tanaman herbal diketahui manfaatnya bagi kesehatan, seperti salah satunya tanaman daun belalai gajah. Tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Beragam Manfaat Tanaman Belalai Gajah

Tanaman belalai gajah memiliki nama latin yaitu clinacanthus nutans adalah sejenis tanaman semak dari keluarga acanthaceae. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang bulat panjang, serta lonjong dengan ukuran berkisar antara 0,5 hingga 2,5cm. Tanaman ini mengandung fitokimia seperti sterol, triterpenoid, dan flavonoid.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat dari tanaman belalai gajah bagi kesehatan. Hasilnya mengungkapkan bahwa tanaman ini memiliki sifat antiradang, antidiabetes hingga anti racun. Berikut ini berbagai manfaat dari tanaman belalai gajah yang perlu Anda ketahui:

·         Menetralkan Racun

Manfaat dari tanaman ini yang paling sering digunakan adalah sebagai obat anti racun. Daun dari tanaman belalai gajah mampu menghalangi penyebaran racun ke dalam saraf sehingga mengurangi efek racun yang dapat merusak sel dalam tubuh.

Ekstrak daun tanaman belalai gajah biasanya digunakan sebagai pertolongan pertama ketika tergigit oleh ular. Selain itu, dalam pengobatan tradisional, tanaman ini digunakan untuk mengurangi peradangan akibat gigitan lebah dan kalajengking.

Namun perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengobatan untuk gigitan ular dengan menggunakan tanaman belalai gajah. Sebab racun pada bisa ular memiliki tingkat yang berbeda-beda sehingga tidak semua gigitan dari berbagai jenis ular dapat diobati menggunakan tanaman ini.

·         Mengobati Herpes

Ekstrak daun belalai gajah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit herpes, baik Herpes Simplex Virus (HSV) maupun Varicella Zoster Virus (VZV). Hal tersebut dikarenakan efek pengobatan dari ekstrak tanaman belalai gajah memiliki efek yang serupa dengan obat jenis Acyclovir dalam menyembuhkan penyakit herpes.

·         Anti Peradangan

Berdasarkan penelitian, seluruh bagian yang termasuk ke dalam tanaman belalai gajah memiliki kandungan antiradang. Sehingga dapat diolah dan digunakan untuk meredakan peradangan akibat infeksi di dalam tubuh.

·         Membantu Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat lainnya dari tanaman ini adalah dapat digunakan sebagai obat untuk membantu atasi masalah pencernaan. Air rebusan dari daun tanaman belalai gajah dapat digunakan untuk meredakan sakit perut. Selain itu, tanaman ini dapat digunakan sebagai penanganan alternatif pada pasien diabetes untuk meredakan disentri.

Di Tiongkok sendiri, tanaman ini banyak digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari mengatasi anemia, mengobati patah tulang, membantu siklus haid agar normal, hingga menurunkan demam.

·         Mencegah Demam Berdarah

Kandungan Ethanolic Extract di dalam tanaman belalai gajah dikenal mampu untuk mencegah penyakit demam berdarah dan malaria. Biasanya tanaman ini diolah dengan cara direbus, air rebusan tanaman ini diminum secara teratur sebagai pencegahan terhadap penyakit demam berdarah. Anda dapat menemukan tanaman ini di toko herbal tertentu.

Tanaman ini kurang populer di Indonesia namun sangat populer di Negara Asia lainnya seperti Thailand dan Malaysia. Tanaman daun belalai gajah biasanya dikonsumsi seperti membuat minuman teh dengan menambahkan perasa tebu. Selain itu, tanaman ini juga digunakan untuk menangani berbagai masalah kulit, caranya dengan mengoleskan langsung ke area kulit yang bermasalah.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi kesehatan terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin personal terbaik dan terlengkap, dari A sampai Z(inc).