Berat Badan Ideal Pria, Seberapa Penting?
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda 

Jika kamu berkunjung ke toko-toko online, di sana pasti banyak dijual berbagai produk penurun berat badan. Faktanya tidak hanya wanita saja yang mendambakan berat badan ideal. Pria juga demikian. Banyak yang mendambakan berat badan ideal pria.

Selain dapat terlihat lebih menarik, memiliki berat badan ideal pria juga membuat para laki-laki akan tampak lebih sehat dan bugar dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Lalu apa saja kriteria berat badan yang ideal bagi pria dan bagaimana untuk memperolehnya? Berikut jawabannya: 

Mengapa Harus Ideal? 

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tidak semata-mata hanya terfokus memperindah tampilan fisik semata. Tubuh yang ideal tentunya akan menghindarkan seseorang untuk terserang berbagai jenis penyakit. 

Pria yang memiliki berat badan diatas normal atau disebut juga dengan obesitas akan memicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh seperti tekanan darah tinggi, kanker, radang pada sendi, stroke, kolesterol, dan juga gangguan pada pernafasan. 

Berbeda halnya dengan pria yang memiliki berat badan tubuh di bawah normal. Berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang antara lain kurang gizi, tekanan darah rendah (anemia), menurunnya sistem kekebalan pada tubuh serta dapat mempengaruhi kesuburan reproduksinya. 

Lalu Berapakah Berat Badan Ideal Pria? 

lifepack-berat-badan-ideal-pria

Menentukan berat badan ideal memang tidak bisa dikira-kira atau cukup dilihat dari tampilan fisiknya saja. Kamu perlu melakukan perhitungan sederhana untuk mendapatkan angka yang tepat. 

Perhitungan berat badan dikenal juga dengan penghitungan indeks massa tubuh (IMT). Secara garis besarnya, perhitungan ini dilakukan dengan membagi berat badan saat kilogram dengan tinggi badan pada satuan meter kuadrat. 

Sebagai contoh jika berat badan kamu saat ini 75 kg dan tinggi 175 cm, maka hasil perhitungan IMT yaitu 75 dibagi dengan 1.75 kuadrat. Lalu didapatkanlah angka 24.4 sebagai hasil IMT kamu. 

Beberapa kategori berat berdasarkan status perhitungan IMT antara lain 

  • Kurus: IMT kurang dari 18.5 
  • Ideal: IMT 18,8-22,9 
  • Kelebihan Berat Badan: IMT 23-24,9 
  • Obesitas: IMT diatas 25 

Lalu Bagaimana Menurunkan Berat Badan hingga Mencapai Tahap Ideal? 

Jika saat ini berat badan kamu belum berada di kisaran berat ideal, maka tidak perlu khawatir. Memiliki berat badan ideal tidaklah susah asal ada niat dan juga konsistensi untuk menjalankannya. Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkannya. 

  • Makan dengan Porsi yang Tepat 

Untuk mendapatkan berat badan yang normal, maka kamu harus makan dengan jumlah yang tepat. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang berlebih dapat memicu timbulnya obesitas atau kelebihan berat badan. 

  • Pilih Nutrisi yang Tepat 

Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Batasi juga jumlah asupan makanan berlemak jenuh seperti susu, keju, dan daging. 

  • Imbangi dengan Gerak Aktif 

Setelah mengkonsumsi berbagai nutrisi yang sesuai, kamu juga perlu mengimbanginya dengan melakukan gerak aktif. Hal ini dilakukan agar kalori yang terdapat di dalam tubuh bisa langsung diproses dan tidak tertimbun di dalam tubuh. 

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi dengan Suplemen 

Kamu memiliki gaya hidup yang aktif namun tidak sempat berolahraga dan belum melakukan pola makan dengan optimal? Penuhi kebutuhan nutrisimu dengan asupan vitamin dan suplemen untuk menjaga sistem imun tubuh. 

Berapa Kisaran Penurunan berat Badan Ideal Pria

Menurunkan berat badan juga tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan secara bertahap. Menurunkan berat badan secara signifikan justru akan memperburuk kondisi tubuh dan memicu hadirnya berbagai penyakit seperti kurang gizi hingga munculnya batu empedu. 

Kisaran batas penurunan berat badan yang optimal adalah sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Usahakan untuk tidak melebihi batas tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Demikianlah beberapa informasi yang bisa diberikan seputar berat badan ideal. Memiliki berat badan yang ideal memang penting. Namun kamu juga harus melakukan program ini dengan cara yang sehat agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.

Temukan informasi kesehatan menarik lainnya hanya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya