Kenali Penyebab Bibir Hitam Dan Cara Mencerahkannya

Ditinjau oleh : dr. Irma Lidia
Bibir yang hitam sering kali membuat rasa percaya diri menjadi turun khususnya pada wanita. Tidak perlu khawatir karena bibir yang hitam dapat kembali cerah dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Namun, sebelum mengetahui cara mencerahkan bibir ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu penyebab bibir hitam.

5 Penyebab Bibir Menjadi Hitam

Bibir menjadi lebih gelap dapat disebabkan oleh beberapa faktor, selain itu bibir yang hitam dapat mengurangi kecantikan dan keindahan wajah. Oleh sebab itu, kenali faktor penyebab bibir menjadi gelap seperti berikut ini:

· Kebiasaan merokok

Merokok adalah salah satu penyebab bibir menjadi gelap dan hitam, hal ini dikarenakan kandungan berbahaya pada rokok. Rokok memiliki kandungan nikotin dan juga benzopyrene yang dapat memicu produksi melanin di kulit meningkat. Sehingga bibir menjadi kering dan bertambah gelap seiring waktu.

· Konsumsi Kafein Berlebih

Konsumsi minuman berkafein yang terlalu banyak dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Minuman berkafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi lebih tinggi sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Bibir yang kering hingga mengalami pecah-pecah jika dibiarkan dapat membuat perubahan warna pada bibir hingga bibir menjadi hitam.

·         Paparan Sinar Matahari

Sinar Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB) dari matahari dapat merusak kulit dan meningkatkan produksi pigmen melanin pada kulit. Sehingga dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit termasuk juga bibir. Terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama merupakan salah satu penyebab bibir menjadi lebih gelap.

·         Kosmetik Kadaluarsa

Produk kosmetik bibir seperti lipstik maupun lipbalm memang tidak terlalu berbahaya bagi bibir, namun dapat menjadi berbahaya apabila produk kosmetik tersebut telah kadaluarsa. Produk kosmetik yang telah melewati batas tanggal pemakaian sebaiknya tidak digunakan. Sebab kandungan di dalam produk tersebut telah berkurang kualitasnya, sehingga dapat menyebabkan bibir menjadi gelap.

·         Kehamilan

Young pregnant model in tank top touching her belly, gray background, studio, copy space, close-up

Kehamilan juga dapat menjadi penyebab bibir hitam, hal ini dikarenakan perubahan hormon saat masa kehamilan. Tidak hanya merubah warna bibir menjadi gelap, kehamilan juga dapat berpengaruh pada perubahan kulit serta bagian tubuh lainnya. Meskipun tidak semua ibu hamil mengalami perubahan yang sama akibat kadar hormon yang berbeda.

Cara Mencerahkan Bibir Hitam Dengan Bahan Alami

Meski bukan masalah yang serius, bibir hitam dapat mengganggu penampilan sehingga perlu diatasi dengan baik. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengembalikan kecerahan dan warna asli bibir Anda sehingga rasa percaya diri Anda dapat kembali. Berikut ini cara mencerahkan bibir yang hitam dengan bahan-bahan alami yang perlu Anda ketahui.

1. Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk membuat bibir kembali cerah. Cara eksfoliasi termudah adalah dengan menggunakan lipbalm, Anda dapat mengoleskan lip balm sebelum tidur pada bibir. Kemudian gunakan handuk dan gosok bibir di pagi hari untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan secara rutin setiap hari agar kulit bibir dapat beregenerasi dengan baik.

2. Scrub

Anda juga dapat menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi kulit di bagian bibir. Namun penggunaan scrub bibir hanya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan scrub alami seperti gula atau garam untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya. Penyebab bibir hitam dapat dicegah dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Dokter Jovee, dr.Irma Lidia menambahkan “Kondisi kulit bibir yang lebih tipis memungkinkan warna pembuluh darah di bawahnya lebih terlihat. Kandungan melanin sebagai pigmen yang memberi warna pada kulit juga dapat memengaruhi warna bibir. Semakin sedikit melanin, maka warna bibir akan semakin terang. Sedangkan lebih banyak melanin dapat membuat bibir berwarna lebih gelap. Penggelapan warna bibir juga dapat terjadi karena hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih atau rokok. 

Dapatkan vitamin dan suplemen sesuai kebutuhan personalmu hanya di Ngovee. Unduh aplikasinya melalui Google Playstore maupun Appstore.