Ketahui Informasi Lengkap Meningkatkan Kualitas Sperma

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Merupakan hal yang lumrah bagi sebagian besar pria yang ketika telah menikah ingin memiliki buah hati dari istrinya. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya peran sel sperma yang dihasilkan oleh pria yang bertugas untuk membuahi sel telur pada tuba falopi. Maka, tak sedikit dari cara meningkatkan kualitas sperma dilakukan untuk menghasilkan sperma terbaik.

Dengan meningkatkan kualitas dari sperma, maka nantinya akan dapat membantu dalam proses pembuahan menjadi lebih optimal. Adapun sperma yang berkualitas diukur dari beberapa hal, diantaranya dari pergerakan sperma, bentuk dan juga jumlah dari sel sperma.

Pada waktu bergerak, sperma yang berkualitas akan dapat berenang dengan gerakan yang lurus, cepat dan juga agresif. Dari segi jumlah, sperma yang berkualitas berkisar 15 juta per mili pada setiap proses ejakulasi. Bentuk dari sperma yang berkualitas diketahui dari kepala yang cenderung oval lonjong dengan ekor yang berukuran panjang.

Kiat Meningkatkan Kualitas Sperma

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari sel sperma. Beberapa cara meningkatkan kualitas sperma diantaranya:

· Tidak menggunakan celana berbahan ketat

Penggunaan celana ketat dapat berpengaruh pada peningkatan suhu di area kelamin maupun area skortum yang menjadi tempat produksi sperma. Tentunya hal tersebut akan mengakibatkan sel sperma menjadi mudah rusak dan juga tidak berkualitas. Usahakan untuk memakai celana yang berbahan katun sebagai upaya meningkatkan kualitas sperma.

· Menghindari merokok

Salah satu aktivitas yang berisiko dalam menurunkan kualitas sperma adalah dengan merokok. Hal ini karena racun yang terkandung dalam asap rokok dapat merusak kualitas sel sperma. Lebih dari itu, racun nikotin sangat tidak baik bagi wanita hamil. Maka, menghindari merokok untuk kualitas sperma dan menjaga kehamilan haruslah dilakukan.

· Menghindari minum minuman beralkohol

Selain merokok, gaya hidup lain yang menurunkan kualitas sperma adalah minum minuman beralkohol. Hal ini karena alkohol dapat menurunkan produksi hormon testosteron yang berimplikasi pada berkurangnya produksi sel sperma dan menyebabkan impotensi.

· Melakukan hubungan seks dengan rutin

Hubungan seks yang dilakukan secara rutin adalah cara yang ampuh dalam meningkatkan kualitas dari sel sperma. Hal ini karena sperma akan berusaha berada dalam keadaan terbaik pada saat proses pelepasan. Lakukan secara rutin dengan pasangan dan hindari penggunaan pelumas guna mencegah terjadinya permasalahan kesuburan.

Makanan Pendukung Kualitas Sperma

Tidak hanya dengan menerapkan gaya hidup seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Guna meningkatkan kualitas dari sel sperma juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas dari sel sperma diantaranya:

·         Telur

Diyakini sebagai bahan makanan dengan kandungan yang tinggi protein. Telur sangat berperan penting dalam pembentukan sel sperma yang berkualitas.

·         Bayam

Pada bayam, memiliki kandungan folat yang tinggi yang mana dapat memberikan hasil berupa sperma yang berkualitas. Kandungan folat pada bayam tersebut jika dikonsumsi secara rutin dapat memberikan sperma yang mampu berenang dan bergerak dengan baik.

·         Pisang

Pada pisang sendiri terkandung sebuah senyawa bernama enzim bromelin yang mampu meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, enzim tersebut juga mampu merangsang pergerakan sperma menjadi lebih agresif dan aktif. Vitamin C pada pisang juga berperan aktif dalam proses motilitas serta morfologi dari sel sperma.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Banyak hal yang dapat menyebabkan jumlah sperma rendah, termasuk adanya masalah medis, usia, pengaruh lingkungan,  gaya hidup  juga ikut memengaruhi (misalnya merokok, obat terlarang) dapat memengaruhi kesuburan. Untuk meningkatkan jumlah sperma anda, selain hal diatas, cobalah untuk tidak stress, berolahraga dan usahakan makan makanan sehat  buah dan sayuran segar, kurangi makanan berlemak. Hal tersebut mungkin dapat meningkatkan kualitas air mani sekaligus kesehatan secara keseluruhan”

Itulah tadi ragam informasi tentang cara meningkatkan kualitas sperma serta makanan penunjang kualitas sel sperma.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan suplemen Anda. Segera download aplikasi Jovee pada Google Play Store maupun App Store. Vitamin terlengkap hanya dari Ngovee.