Ketahui Informasi Mengenai Hormon Testosteron

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Bila berbicara perihal kesehatan reproduksi kaum Adam, pastinya tak lepas dari pembicaraan mengenai hormon testosteron. Ya, hormon satu ini memegang peranan penting pada fungsi dan juga kesehatan seksual dari kaum pria. Bila terjadi ketidakseimbangan pada hormon ini dapat berakibat pada kesehatan reproduksi maupun dampak buruk yang lainnya.

Apakah itu hormon testosteron?

Hormone testosteron merupakan hormon reproduksi yang mana perannya cukup vital dan ditemukan secara umum pada laki-laki, meskipun ditemui juga wanita dengan kandungan hormone testosteron, namun jumlahnya tidak sebanyak dari laki-laki.

Ketika menginjak usia yang lebih matang, biasanya tubuh akan sangat aktif dalam produksi hormone testosteron dimana hal tersebut akan berpengaruh pada perubahan fisik yang akan terjadi pada kaum pria kebanyakan. Perubahan fisik tersebut meliputi :

·         Tumbuhnya janggut, kumis dan juga rambut yang tipis pada area kemaluan dan juga di sekitar ketiak

·         Penis yang bertumbuh semakin membesar dan juga ukuran testis yang membesar

·         Membentuk struktur jaringan otot dalam tubuh dan juga membantu dalam pembentukan tulang dan sendi

·         Membantu dalam rangsangan terhadap gairah seks atau libido

·         Memicu produksi sperma

·         Membentuk karakter suara yang cenderung lebih berat

Pada umumnya, produksi dari hormon testosteron akan terus berlanjut hingga seorang pria mencapai umur 30-an dimana setelah itu terjadi penurunan produksi dari hormone testosteron pada tubuhnya. Tak sedikit yang akhirnya mengalami kekurangan hormone testosteron karena produksi yang lebih sedikit daripada usia muda dan menjelang dewasa.

Cara Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron

Seiring dengan bertambahnya usia yang menjelang angka 30-an, produksi hormone testosteron akan semakin menurun setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak dijumpai beberapa permasalahan seputar penurunan hormone tersebut, seperti terjadinya disfungsi ereksi hingga rambut yang mudah rontok.

“Selain itu penurunan kadar testosteron juga menyebabkan keluhan kelelahan berlebihan, lemah, depresi, dan kehilangan gairah seks” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa cara mudah dalam meningkatkan kadar testosteron dan juga menjaga supaya testosteron dalam tubuh tetap dalam jumlah yang stabil atau normal. Apa saja cara meningkatkan hormone testosteron dalam tubuh tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

· Mengurangi berat badan

Salah satu penyebab kadar hormone testosteron yang turun ialah karena berat badan yang cenderung berlebih. Oleh karena itu dengan mengurangi berat badan, dinilai akan mampu dalam meningkatkan kembali kadar produksi hormone testosteron dalam tubuh.

· Rutin olahraga

Produksi hormone testosteron yang aktif salah satunya ditunjang dengan semakin rutinnya berolahraga. Oleh karenanya, ketika tubuh berolahraga, maka otak akan memberikan sinyal guna produksi lebih banyak lagi hormone testosteron dalam tubuh. Lakukan olahraga meskipun ringan guna menambah kadar testosteron dalam tubuh.

· Istirahat cukup

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab dari menurunnya produksi hormone testosteron dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pada saat waktu tidur kurang cukup, maka tubuh akan merespons dengan produksi hormon lain selain testosteron, sehingga terjadi penurunan kadar hormon akibat kurangnya istirahat yang cukup pada tubuh.

· Konsumsi makanan jenis tertentu

Dikarenakan makanan dapat menunjang dalam peningkatan testosteron, maka alangkah baiknya untuk memperbanyak konsumsi makanan tertentu yang kaya dengan vitamin D guna pembentukan hormone testosteron dalam tubuh. Makanan seperti kuning telur, lemak, kerang, daging sapi maupun kacang cukup baik untuk menunjang produksi testosteron.

Demikian tadi informasi yang berkaitan dengan hormon testosteron beserta cara meningkatkan hormon tersebut menjadi lebih banyak. Semoga dapat bermanfaat

Kini terdapat aplikasi Ngovee pada Google Play Store maupun App Store guna kebutuhan suplemen terbaik bagi Anda. Simaklah info kesehatan terupdate di Ngovee.