Makanan Penambah Sperma untuk Meningkatkan Kesuburan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Masalah ketidaksuburan atau infertilitas kerap kali diidentikkan dengan wanita. Namun, dewasa ini anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penelitian yang dilakukan oleh Cleveland Clinic menemukan bahwa sepertiga kasus ketidaksuburan disebabkan oleh pria. Diperkirakan 1 dari 20 pria kini mengalami masalah kesuburan yang berkaitan dengan kualitas sperma.

Kualitas sperma ini ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jumlah sperma, ukuran dan bentuk sperma (morfologi sperma), gerakan sperma (motilitas sperma) dan juga kekentalan air mani yang membawa sel sperma untuk melakukan pembuahan.

Berdasarkan pedoman World Health Organization (WHO), jumlah sel sperma yang sehat sekitar 15 juta per milimeter atau 40 juta per sampel. Jumlah sperma yang lebih rendah dari 10 juta per milimeter dianggap abnormal dan dapat menyebabkan infertilitas pada pria.

Untuk memeriksa apakah morfologi sperma dan motilitas sperma sehat atau tidak diperlukan uji laboratorium. Dua faktor ini tidak bisa dilihat secara kasat mata, ia harus dilihat melalui mikroskop dalam kondisi tertentu.

Ada banyak sekali faktor yang menentukan kualitas sperma. Salah satu yang paling berpengaruh adalah kadar testosteron pria di dalam tubuh. Testosteron punya dampak paling signifikan pada jumlah dan kualitas sperma.

Hormon testosteron ini diproduksi secara alami oleh tubuh. Terdapat beberapa cara untuk dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, seperti contohnya:

  • Olahraga rutin
  • Mengurangi stres
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi obat-obatan
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • dan lain sebagainya.

Tetapi, kamu juga bisa meningkatkan kadar testosteron yang berpengaruh terhadap peningkatan jumlah dan kualitas sperma dengan mengatur menu makanan harian.

Makanan Penambah Sperma

Sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi makanan yang kaya dengan senyawa dan bahan kimia tertentu memungkinkan tubuh untuk memproduksi testosteron secara alami.

Nah, berikut ini adalah contoh-contoh makanan penambah sperma yang bisa kamu konsumsi:

1. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber zinc terbaik untuk pria yang dapat membantu memproduksi sperma lebih banyak. Manfaat tambahannya adalah bahwa tiram juga merupakan afrodisiak. Mengkonsumsi tiram secara rutin dapat meningkatkan jumlah sperma secara signifikan.

Tiram juga dikenal dapat meningkatkan dopamin, hormon memainkan peran untuk menaikkan libido pada pria maupun wanita. Dengan libido yang tinggi, intensitas kamu untuk melakukan hubungan seksual juga meningkat. Dan karena itu juga peluang kamu untuk mendapatkan anak semakin tinggi.

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung asam amino yang telah terbukti menggandakan volume sperma dan air mani. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi, cukup untuk menyaingi buah delima dan acai berry.

Antioksidan adalah senjata ampuh melawan radikal bebas, molekul kecil jahat yang ditemukan dalam polusi dan racun yang terkait dengan infertilitas pria. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi coklat hitam.

Kenaikan berat badan secara signifikan dapat menyebabkan ketidakseimbangan testosteron yang bisa menurunkan jumlah sperma pada pria.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu makanan yang wajib ada di dapur. Selain untuk bumbu pelezat makanan, bawang putih juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria. Bawang putih adalah makanan yang baik untuk kesuburan pria.

Bawang putih mengandung dua senyawa penting, yaitu allicin yang meningkatkan aliran darah ke organ seksual serta melindungi sperma dari kerusakan, dan selenium, antioksidan yang meningkatkan motilitas sperma. Mengkonsumsi satu hingga dua siung sehari sudah cukup.

4. Pisang

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pisang dapat meningkatkan libido pada pria dan mendorong hormon seksual. Hal ini disebabkan oleh senyawa dalam pisang, yaitu bromelain. Buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya.

Buah pisang mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1 yang dapat meningkatkan produksi sperma pada pria. Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan yang tinggi yang baik untuk menjaga kualitas sperma dari radiasi yang dapat merusak.

5. Brokoli

Kekurangan vitamin A adalah penyebab umum rendahnya kesuburan, karena kekurangan vitamin A membuat produksi sperma pria menjadi lambat. Selain kaya akan kandungan vitamin A, Brokoli juga mengandung banyak vitamin dan senyawa yang baik untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

6. Asparagus

Asparagus adalah senjata lain melawan radikal bebas jahat itu. Asparagus juga mengandung kadar vitamin C yang tinggi, hal ini dapat melindungi sperma dari kerusakan dan meningkatkan motilitas dan volumenya – sehingga pria Anda akan memiliki lebih banyak perenang dan mereka akan bergerak lebih cepat.

7. Biji Kenari

Asam lemak omega-3 meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin – dan kenari adalah sumber yang luar biasa. Mereka adalah camilan lezat saat bepergian, dan dapat ditaburkan di atas sereal atau makanan penutup. Sumber asam lemak omega-3 yang baik lainnya adalah kepiting, salmon, ayam, dan biji labu.

8. Ginseng

Akar afrodisiak ini telah digunakan untuk mengobati infertilitas selama ratusan tahun. Ini meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin, dengan beberapa orang mengklaim itu bahkan mengobati disfungsi ereksi. Ajak suami Anda minum teh dengan ginseng, atau konsumsi akar ginseng kering setiap hari untuk meningkatkan TTC.

9. Telur

Telur adalah pilihan yang sehat untuk meningkatkan jumlah sperma karena mengandung kadar protein dengan tinggi. Telur juga melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak dan meningkatkan motilitas. Nutrisi yang ada dalam telur membantu produksi sperma yang lebih kuat dan lebih sehat serta meningkatkan kesuburan.

10. Bayam

Asam folat merupakan bagian integral untuk perkembangan sperma yang sehat. Sayuran berdaun kaya akan asam folat dan bayam adalah suplemen yang ideal untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Kadar asam folat yang lebih tinggi juga mengurangi jumlah sperma abnormal dalam air mani sehingga meningkatkan peluang keberhasilan penetrasi sperma ke dalam sel telur.

Itulah makanan-makanan penambah sperma yang bisa dikonsumsi. Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan zinc, asam folat, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan lain sebagainya adalah kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

Berbagai Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Selain mengkonsumsi makanan penambah sperma, ada beberapa cara lain yang dikaitkan dengan kesuburan pria. Berikut beberapa di antaranya:

  • Rutin berolahraga. Olahraga secara rutin terbukti dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria.
  • Kurangi stres. Stres dapat mempengaruhi kondisi fisik secara negatif. Selain itu, stres juga dapat membuat mood menjadi buruk dan menurunkan hasrat seksual. Stres dapat meningkatkan hormon kortisol. Nah, naiknya kadar kortisol berbanding terbalik dengan hormon testosteron. Sehingga, kalau hormon kortisol naik, hormon testosteron menurun.
  • Mencapai berat badan ideal. Terlalu gemuk atau obesitas terbukti memiliki dampak terhadap kesuburan. Terlalu kurus juga bisa berarti asupan nutrisi dalam tubuh kurang. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kesuburan pria.
  • Berhenti merokok. Rokok mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya yang bisa merusak kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya adalah kesuburan pria.
  • Batasi konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol juga dikaitkan dengan menurunnya kadar testosteron dalam tubuh.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar testosteron dan menambah jumlah sperma pada pria. Mengubah gaya hidup juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Kalau kamu sedang berencana memiliki anak, mempraktekkan gaya hidup sehat adalah cara yang paling baik dalam mencapai tujuan memiliki buah hati.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

Bounty Parents (2017) | 8 foods that boost his sperm count and increase your chance of conceiving
Cleveland Clinic (2019) | Struggling to Become a Father? What You Eat May Matter
Healthline (2020) | 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count
Mayo Clinic | Healthy Sperm: Improving Your Fertility
Mother & Baby | 30 foods and facts to increase your man’s sperm count naturally
Nova IVF Fertility | Which are the Food Items That Boost Sperm Count and Improve Quality?