Kenali Macam-Macam Vitamin Tubuh dan Sumber Nutrisinya
Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tubuh memerlukan berbagai nutrisi untuk dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan perannya masing-masing. Apabila Anda mengetahui dengan pasti apa saja vitamin dan mineral penting bagi tubuh, maka dapat memastikan asupannya terpenuhi setiap hari. Apabila tubuh kekurangan vitamin tertentu, maka akan menimbulkan beragam masalah kesehatan. Nah, berikut ini adalah daftar vitamin tubuh yang harus dipenuhi.

Kenali Macam-Macam Vitamin Tubuh dan Sumber Nutrisinya

Vitamin A

Jenis vitamin ini termasuk dalam vitamin larut dalam lemak yang sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Tidak hanya itu, mikronutrien dalam vitamin A juga baik untuk mendukung keberlanjutan sistem imun. Apabila tubuh mendapatkan asupan vitamin A yang cukup setiap hari, maka akan membantu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti kanker prostat dan kanker paru. Selain itu, konsumsi vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit, serta memelihara pertumbuhan dan kekuatan tulang. Peran vitamin A juga sangat baik, terutama bagi kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

Vitamin B kompleks

Sesuai namanya, maka vitamin B kompleks ini terdiri dari delapan jenis vitamin B, diantaranya vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Secara umum, setiap vitamin B kompleks ini berperan penting membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

Manfaat mengonsumsi vitamin B kompleks sesuai kebutuhan bagi tubuh yaitu membantu mengobati atau mencegah masalah kesehatan seperti gangguan kecemasan, depresi, kelelahan, penyakit jantung, nyeri pra menstruasi, dan masalah kulit berupa jerawat. Selain itu, manfaat vitamin B kompleks juga baik untuk meningkatkan energi, mendukung kesehatan otak, meningkatkan mood, menajamkan memori, mengurangi stress, dan meningkatkan sistem imun, dan baik untuk kesehatan rambut ataupun kulit.

Vitamin C

Jenis vitamin lain yang tidak kalah penting bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin C memiliki peran penting bagi tubuh untuk proses pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, hingga kulit. Selain itu, vitamin C berfungsi melindungi tubuh dari berbagai infeksi karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Vitamin C bersifat antioksidan sehingga mampu mencegah kerusakan sel dari radikal bebas. Dengan demikian, mengurangi terjadinya risiko kanker tertentu, seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, perut, dan payudara. 

Sebenarnya, kasus kekurangan vitamin C sangat jarang terjadi. Akan tetapi, ada saja sebagian orang yang mendapat asupan vitamin C yang tidak mencukupi. Hal ini wajar karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri dan kadarnya dalam tubuh dipengaruhi oleh faktor tertentu. Misalnya, ketika seseorang merokok, maka akan menurunkan jumlah vitamin C dalam tubuh.

Untuk menghindari defisiensi vitamin C, dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat sumber vitamin C, diantaranya jeruk, brokoli, jambu biji, hingga pepaya. Jika masih kurang, dapat nutrisi tambahan dari multivitamin. Perlu Anda tahu, pemenuhan asupan vitamin C dalam jangka panjang berbentuk suplemen, dapat melindungi mata Anda dari katarak.

Vitamin D3

Berbeda dengan vitamin C, vitamin D3 dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ketika kulit terkena paparan sinar matahari. Meski demikian, tetap saja banyak orang tidak mendapatkan asupan nutrisi ini dengan cukup. Sementara, sinar matahari membantu tubuh untuk membuat vitamin D. Tak heran, bagi sebagian orang yang tinggal di daerah dingin ataupun banyak berada di dalam ruangan, tidak akan mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup. Sebagai gantinya, Anda dapat memperoleh vitamin ini dari sumber makanan, seperti salmon, susu, kuning telur, dan makarel. Alternatif lainnya bisa dalam bentuk suplemen atau multivitamin (Baca juga: Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan).

Peran vitamin D bagi tubuh sangat penting untuk mempercepat penyerapan kalsium dan fosfor. Kedua kalsium tersebut berfungsi untuk membangun dan menjaga tulang tetap kuat. Manfaat lainnya masih berkaitan dengan kesehatan tulang, yaitu mengobati dan mencegah gangguan tulang termasuk rakitis, osteomalasia, serta osteoporosis.  Konsumsi vitamin D yang memadai dapat memberikan perlindungan tubuh dari beberapa jenis penyakit tertentu, misalnya kanker dan diabetes tipe 1. Sementara, konsumsi suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko patah tulang tertentu.

Vitamin E

Satu lagi jenis vitamin yang diperlukan tubuh yaitu vitamin E. Peran vitamin E sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata. Sumber nutrisi ini dapat Anda peroleh dari konsumsi berbagai makanan seperti minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan produk makanan yang diperkaya. Selain itu, Anda dapat memenuhi asupan vitamin E dari multivitamin. Seperti vitamin C, vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin E memiliki peran untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga terlindungi dari bakteri dan virus.

Itulah macam-macam vitamin penting bagi tubuh. Pastikan untuk menyediakan nutrisi pendamping dari suplemen untuk berjaga-jaga apabila asupannya masih kurang dari sumber makanan. Berbagai pilihan suplemen dapat Anda pilih dari Jovee, mulai dari Blackmores Calcimag Multi untuk vitamin tulang, Vitahealth COQ10+Lecithin & vitamin E, Konilife Vision untuk vitamin mata, dan masih banyak lagi.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.