Makanan Penyebab Penyakit Usus Buntu yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Penyakit usus buntu adalah penyakit yang terjadi karena usus mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa sakit pada area perut. Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengobati penyakit usus buntu adalah melakukan operasi. Penyakit ini umumnya muncul pada anak-anak hingga orang yang memasuki usia dewasa.

Penyebab Terjadinya Usus buntu

Ada beberapa penyebab terjadinya usus buntu yang penting untuk diketahui dan berikut beberapa faktor penyebabnya :

  • Makanan

Penyebab yang pertama adalah makanan. Sampai saat ini sudah ada beberapa makanan penyebab usus buntu yang dipastikan mampu menyebabkan penyakit usus buntu. Beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan usus buntu adalah makanan pedas, makanan yang sulit hancur ketika dikunyah, dan makanan yang kandungan seratnya sangat rendah.

  • Polusi Udara

Penyebab yang kedua adalah polusi udara. Polusi udara muncul karena kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia setiap harinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa ternyata polusi udara bisa meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit usus buntu.

  • Iritasi Pada Saluran Pencernaan

Penyebab yang ketiga adalah adanya iritasi ada saluran pencernaan. Iritasi pada saluran pencernaan disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui makanan yang kita konsumsi. Iritasi yang berlangsung dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit usus buntu.

  • Masuknya Benda Padat Ke Dalam Saluran Pencernaan

Penyebab yang keempat adalah masuknya benda padat ke dalam saluran pencernaan. Apabila kita tidak sengaja menelan benda padat, maka bisa saja hal tersebut menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan kita. Peradangan ini bisa menyebabkan penyakit usus buntu.

  • Cedera Pada Perut

Penyebab yang kelima adalah cedera pada perut. Cedera pada perut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti olahraga atau kecelakaan. Cedera yang terjadi di perut bisa menyebabkan penyakit usus buntu.

  • Infeksi Pada Saluran Pencernaan

Penyebab yang keenam adalah adanya infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi pada saluran pencernaan disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui makanan yang kita konsumsi. Bisa dipastikan bahwa infeksi dari bakteri, jamur, ataupun virus pada saluran pencernaan bisa menyebabkan usus buntu.

Itulah beberapa penyebab terjadinya usus buntu. Setelah mengetahui hal tersebut, sebaiknya mulai sekarang kita mulai lebih berhati-hati. Selanjutnya mari kita pahami mengenai makanan penyebab usus buntu.

Makanan Penyebab Usus buntu

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan usus buntu :

Produk Olahan Susu

Yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari olahan susu. Jenis makanan ini sulit untuk dicerna. Jadi, apabila seseorang terlalu sering mengkonsumsi produk olahan susu nantinya akan terjadi penumpukan pada usus sehingga menyebabkan penyakit usus buntu.

Alkohol

Yang kedua adalah alkohol. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan kemungkinan terkena penyakit usus buntu. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menyebabkan luka pada saluran pencernaan sehingga menyebabkan penyakit usus buntu. Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya kamu menghindari alkohol dan menerapkan pola hidup sehat.

Produk Olahan Daging

Makanan penyebab usus buntu yang ketiga adalah produk olahan daging. Dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan dari kita sering mengkonsumsi produk olahan daging seperti sosis, nugget, dan lain sebagainya. Ternyata produk olahan daging ini bisa menyebabkan usus buntu, karena kandungan seratnya sangat rendah.

“Radang usus buntu sendiri dapat terjadi karena berbagai faktor, namun kebanyakan terjadi karena adanya iritasi pada daerah tersebut yang menjadi tempat subur bagi bakteri tumbuh dan menyebabkan inflamasi. Belum ditemukannya hasil konsumsi beberapa makanan secara berlebihan dapat menyerang usus buntu, namun beberapa kasus ditemukan konsumsi tinggi serat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan serta mengurangi konsumsi makanan bergoreng terlalu banyak dapat mengurangi risiko usus buntu.” tambah Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee.

Penuhi kebutuhan suplemen kamu melalui Ngovee. Unduh aplikasi dari Ngovee di Google Play Store atau App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya di Ngovee. Tidak perlu ragu! Kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik di Ngovee.