Makanan Penyebab Trigliserida Tinggi

Ditinjau oleh : Kelvin Halim, S.Gz.
Trigliserida adalah lemak yang berada di dalam darah manusia. Kondisi dimana trigliserida dalam tingkatan yang terlalu tinggi biasa disebut hipertrigliseridemia. Kondisi ini terjadi apabila kita mengkonsumsi terlalu banyak kalori dari makanan yang mengandung karbohidrat ataupun lemak. Kalori yang masuk ke dalam tubuh kita jauh lebih besar daripada kalori yang kita gunakan.

Penyebab Terjadinya Hipertrigliseridemia

Ada beberapa penyebab terjadinya hipertrigliseridemia :

Makanan

Penyebab yang pertama adalah makanan. Sebuah studi dalam bidang gizi berhasil mengidentifikasi beberapa makanan penyebab trigliserida tinggi. Hal tersebut diakibatkan banyaknya kandungan karbohidrat, gula, dan juga lemak yang ada di dalam makanan sehingga menyebabkan trigliserida tinggi.

Diabetes Tipe 2

Penyebab yang kedua adalah penyakit diabetes tipe 2. Seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 pasti memiliki kandungan gula darah yang tinggi. Hal inilah yang menjadi penyebab trigliserida tinggi. Maka dari itu disarankan untuk penderita diabetes tipe 2 agar menjalankan pengobatan secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Alkohol

Penyebab yang ketiga adalah alkohol. Alkohol pastinya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Kandungan gula yang sangat tinggi dalam minuman beralkohol bisa menyebabkan trigliserida tinggi. Sebaiknya kita berhenti mengkonsumsi alkohol karena selain menyebabkan trigliserida tinggi, alkohol juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainya.

Kelebihan Lemak

Penyebab yang keempat adalah kelebihan lemak. Jumlah lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh manusia tentunya akan membuat kesehatan menjadi terganggu. Salah satu dampak dari kelebihan lemak adalah sulitnya mengontrol agar trigliserida dalam jumlah yang ideal. Inilah yang menyebabkan trigliserida tinggi.

Itulah beberapa penyebab terjadinya hipertrigliseridemia. Beberapa penyebab trigliserida tinggi ternyata merupakan hal-hal yang cukup sepele, maka dari itu mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan terjadinya hipertrigliseridemia.

Makanan dan Minuman Penyebab Hipertrigliseridemia

Ada beberapa minuman dan makanan penyebab trigliserida tinggi :

Hidangan Panggang

Yang pertama adalah hidangan yang dipanggang. Ada banyak sekali hidangan panggang yang populer seperti roti, kue, dan lain sebagainya. Hidangan panggang memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan trigliserida tinggi.

Minuman Soda

Yang kedua adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki rasa yang manis dan menyegarkan tenggorokan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kandungan gula dari minuman bersoda cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan trigliserida tinggi.

Produk Olahan Susu Dengan Lemak Jenuh

Yang ketiga adalah produk olahan susu yang mengandung banyak lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh yang ada di dalam produk olahan susu merupakan salah satu penyebab dari trigliserida tinggi.

Makanan Dengan Santan

Yang keempat adalah makanan yang menggunakan santan kelapa. Santan kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Maka dari itu, makanan yang menggunakan santan kelapa bisa menyebabkan trigliserida tinggi.

Kentang

Makanan penyebab trigliserida tinggi yang kelima adalah kentang. Kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat yang tinggi di dalam kentang nantinya akan diubah menjadi gula, sehingga menghasilkan zat gula dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya bisa menyebabkan trigliserida tinggi.

“ Hipertrigliseridemia merupakan  masalah kesehatan dengan kondisi kadar lemak dalam darah terlalu tinggi. Makanan tinggi lemak tentunya merupakan penyumbang utama penyebab hipertrigliseridemia, sehingga hindari makanan berminyak dan pilih makanan dengan dibakar, direbus, dikukus. Selain itu meningkatkan konsumsi serat dari buah buahan dan sayur sebanyak 3-5 porsi sehari dapat mengurangi risiko tingginya trigliserida dalam darah. Selain itu, minuman tinggi gula dapat membentuk lemak. Karbohidrat yang tidak dibakar karena kurangnya aktivitas fisik dapat disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, sehingga perlu mengatur asupan gula dan karbohidrat.” tambah Kelvin Halim, nutrisionis Jovee.

Kamu ingin tips menarik lain untuk menjaga kesehatan kamu? Dapatkan selengkapnya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee di Google Play Store maupun App Store agar kamu mendapatkan rekomendasi suplemen terbaik. Dapatkan juga rekomendasi suplemen dan vitamin untuk kebutuhan harian kamu bersama Ngovee.