Manfaat dan Sumber Vitamin C untuk Tangkal Virus

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Di tengah hiruk pikuk kepanikan dunia akibat serangan virus corona, vitamin C bisa menjadi pahlawan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja sumber vitamin C?

Vitamin satu ini sudah lama dikenal sebagai sumber antioksidan terbaik karena kemampuannya untuk menaikkan daya tahan tubuh, menangkal serangan radikal bebas dan juga menurunkan risiko penuaan dini.

Berikut adalah informasi mengenai vitamin C yang sudah dirangkum oleh tim Ngovee, informasi kesehatan terpercaya.

Sumber Vitamin C Terbaik yang Patut Diketahui

Ada banyak sumber alami yang tinggi akan kandungan vitamin C. Konsumsi sumber alami ini secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

1. Sayur Brokoli, Sumber Vitamin C

Brokoli menjadi salah satu jenis sayur yang sangat tinggi kandungan vitaminnya. Dalam satu batang brokoli saja, Anda sudah bisa mendapatkan asupan vitamin antioksidan ini mencapai 80 mg. Rutin mengkonsumsi brokoli sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh setiap hari dalam menangkal serangan penyakit.

2. Buah Paprika Merah dan Kuning

Buah paprika sangat kaya akan kandungan vitamin termasuk vitamin yang baik untuk antioksidan satu ini. Buah paprika yang lebih tinggi kandungan vitaminnya adalah buah paprika merah. Kandungan vitaminnya dalam satu buah paprika sebanyak 180 mg.

3. Buah Jeruk

Siapa yang tidak mengenal buah berasa asam manis satu ini? Sejak dulu hingga sekarang, pamor buah jeruk sebagai sumber vitamin antioksidan terbaik tidak pernah menurun. Pasalnya, dalam satu buah jeruk saja bisa terkandung vitamin C mencapai 124 mg. 

4. Buah Kiwi

Buah kiwi menjadi buah idaman yang sangat disukai masyarakat sebagai sumber vitamin. Pasalnya, buah yang memiliki rasa manis asam ini memiliki kandungan vitamin mencapai 70 mg. Dengan kandungan vitamin yang sangat tinggi, Anda bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit hingga menurunkan risiko kolesterol jahat.

5. Kale Mentah

Sayur hijau bernama kale ini sangat tinggi kandungan vitaminnya. Anda disarankan untuk mengkonsumsinya dalam kondisi mentah agar mendapatkan asupan vitamin secara maksimal. Pasalnya, dalam kondisi mentah kandungan vitamin antioksidan ini bisa mencapai 80 mg per bonggol. Namun saat dimasak jumlahnya menurun.

6. Buah Blewah

Buah blewah tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat terutama selama bulan Ramadhan. Buah ini banyak disukai saat buka puasa karena kandungan airnya yang tinggi sangat menyegarkan tubuh. Dalam satu buah blewah, terkandung vitamin antioksidan mencapai 60 mg.

7. Sumber Vitamin C, Buah Jambu biji

Buah jambu biji juga tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat. Buah ini merupakan salah satu buah dengan vitamin C paling tinggi, yakni mencapai 180 mg dalam 1 buahnya. Buah ini sering kali dikonsumsi langsung atau dijus, sehingga dapat melepas dahaga dan mencukupi kebutuhan vitamin C.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan juga tubuh. Sifat vitamin ini adalah lebih mudah larut dalam air. Vitamin ini pun termasuk mudah untuk didapatkan di sekitar kita karena bahkan terdapat pada bumbu dapur seperti cabai dan sayur mayur. Kebutuhan harian vitamin ini adalah 75 sampai 90 mg idealnya. Namun, pada saat pasca operasi maka kebutuhan akan semakin tinggi. 

1. Antioksidan dan Penangkal Radikal Bebas

Karena berfungsi sebagai antioksidan, konsumsi vitamin C secara rutin sangat baik untuk mencegah kerusakan sel karena radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan sendiri mampu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel dan dapat memicu kanker. Dengan kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsi vitamin ini secara rutin juga sangat baik untuk mencegah penyakit-penyakit seperti flu.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tidak hanya vitamin A, namun vitamin yang dikenal kaya antioksidan ini juga sangat baik untuk kesehatan mata. Kemampuan vitamin satu ini adalah untuk menurunkan risiko terjadinya rabun mata, tumor hingga katarak pada mata.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tentunya hal ini menjadi idaman para kaum hawa. Konsumsi vitamin satu ini secara rutin sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Zat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin ini mampu menangkal radikal bebas akibat polusi udara, racun maupun paparan sinar matahari berlebih. Karena kemampuannya sebagai antioksidan, vitamin ini mampu memperbaiki jaringan pada sel kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga dan membantu pembentukan kolagen sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin B12, 5 Alasan Mengapa Harus Konsumsi
7 Makanan yang Bagus untuk Jantung Lemah
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung terbukti menjadi penyakit pembunuh nomor satu di seluruh dunia. Kematian global akibat penyakit jantung mencapai 29 persen lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit infeksi yang hanya 16,2 persen. Kemampuan vitamin ini saat berada di dalam tubuh adalah untuk mencegah terjadinya penebalan yang timbul pada pembuluh arteri yang menuju jantung. Terjadinya penebalan pada pembuluh arteri inilah yang menyebabkan serangan jantung.

Jovee, Sumber Vitamin C, Andalan Kesehatan Keluarga Indonesia

Untuk sehat kini sudah tidak perlu ribet lagi. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai suplemen terbaik dari aplikasi di smartphone Anda. Jovee merupakan aplikasi baru yang diluncurkan untuk membantu keluarga Indonesia mendapatkan suplemen terbaik. Jovee akan memberikan rekomendasi suplemen yang paling tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Anda juga bisa membeli suplemen seperti vitamin C langsung dari aplikasi Jovee.

Referensi:

Vitamin C – Health Professional Fact Sheet

Vitamin C: Best Food Sources, Why You Need It, and More