Manfaat Vaksin HIB untuk Anak yang Harus Ibu Tahu!

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Vaksin pada bayi maupun balita itu memang sangatlah penting sekali untuk dilakukan dan sebisa mungkin harus dilakukan secara tuntas. Salah satu vaksin yang harus diberikan kepada bayi itu adalah vaksin HIB, ini adalah vaksin yang penting untuk bayi.

Vaksin ini akan berguna untuk menghindari infeksi bakteri dengan jenis Haemophilus influenza type B yang sering menyerang balita. Jadi pemberian pada balita itu wajib, karena infeksi bakteri tersebut sangatlah berbahaya dan menyerang beberapa organ yang penting.

Manfaat Vaksin HIB

Vaksin ini biasanya memang diberikan kepada anak-anak yang berada di usia di bawah 5 tahun, dan masuk pada tahapan vaksinasi. Kalau ketentuan dari pemerintah sendiri memang mewajibkan bayi sebelum usia 1 tahun harus sudah diberikan vaksin yang bernama HIB ini.

Memang manfaat pemberian vaksin ini adalah melindungi infeksi bakteri tersebut. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan vaksin berjenis HIB ini.

1. Meningitis

Ini adalah penyakit infeksi pada selaput pelindung otak dan juga saraf tulang belakang yang diakibatkan oleh bakteri HIB.

2. Epiglottitis

Ini adalah penyakit yang diakibatkan infeksi bakteri HIB yang terletak pada kotak suara di tenggorokan. Biasanya ini bisa menyebabkan demam dan juga nyeri tenggorokan.

3. Osteomielitis

Penyakit ini merupakan infeksi yang terjadi di tulang, biasanya orang akan mengalami nyeri yang sangat dan juga pembengkakan.

4. Septikemia

Ini penyakit yang cukup berat, karena infeksinya itu terjadi pada peredaran darah dan membuat anak jadi lemas dan sesak napas. Biasanya anak akan lemas dan tidak mau makan, serta akan terjadi menggigil dan ruam di kulit.

5. Pneumonia

Penyakit ini infeksinya itu terjadi di paru-paru yang mungkin menyebabkan anak akan jadi batuk dan juga mengalami sesak napas. Penyakit ini akan bisa diatasi apabila anak sudah diberikan vaksin HIB tepat pada waktunya.

6. Perikarditis

Infeksi pada penyakit ini terjadi pada selaput yang melindungi jantung, ini akan menyebabkan nyeri di dada. Biasanya penyakit ini akan disertai lemas dan juga demam.

7. Selulitis

Ini adalah infeksi yang terjadi pada kulit dan jaringan di bawahnya, ini biasanya akan menyebabkan anak demam dan juga kesakitan. Ciri yang paling jelas adalah akan ada pembengkakan pada tubuh yang terkena infeksi tersebut.

8. Septic Arthritis

Infeksi di Septic Arthritis itu terjadi pada sendi dan bisa menyebabkan nyeri yang sangat hebat.

Dosis Dan Pemberian Vaksin

Untuk dosis pada vaksin ini sendiri itu biasanya diberikan sebanyak 3 kali, dan untuk orang dewasa sebenarnya bisa diberikan pada usia berapa saja. Namun untuk anak-anak atau bayi memang direkomendasikan untuk diberikan vaksin ini ketika berumur 2, 3 dan juga 4 bulan. Setelah itu akan diberikan sekali lagi ketika sudah satu tahun pemberian vaksin ini terakhir kali.

Efek Samping

Beberapa vaksin ataupun imunisasi itu memiliki efek samping memang, namun biasanya bukan merupakan efek samping yang berat. Biasanya efek sampingnya itu adalah nyeri ataupun bengkak pada area pemberian vaksin tersebut atau bekas suntikan. Dan biasanya efek sampingnya itu akan mereda dengan sendirinya seiring berjalannya waktu ya. Jadi itulah efek samping dari vaksin HIB ini.

“Untuk memberi perlindungan untuk anak terhadap penyakit yang berbahaya, pastikan untuk memberikan Imunisasi Dasar Lengkap sesuai jadwal. Dengan divaksin, tubuh bayi dirangsang untuk memiliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan serangan penyakit berbahaya,” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Untuk informasi mengenai vaksin dan juga mengenai promo vitamin untuk kesehatan tubuh, maka kalian bisa mengunjungi Ngovee. Di sana informasinya lengkap dan kalian pun bisa berkonsultasi dengan dokter di sana.