Manfaat Vitamin B12, 5 Alasan Mengapa Harus Konsumsi

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Vitamin B kompleks salah satunya vitamin B12 merupakan jenis vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Manfaat vitamin B12 bagi tubuh sangat banyak. Asupan vitamin secara cukup sangat penting baik untuk metabolisme hingga menjaga keseimbangan proses di dalam tubuh. Vitamin satu ini tidak terbentuk secara alami dari dalam tubuh sehingga untuk mendapatkan asupan yang optimal harus mengkonsumsi sejumlah sumber vitamin.

Sumber vitamin B12 bisa berasal dari makanan secara alami ataupun penambahan lewat suplemen. Meski asupan vitamin ini dalam jumlah cukup sangat penting, namun tetap harus diperhatikan dosis yang sesuai agar tidak berlebih. Bagi ibu yang hamil serta menyusui, asupan vitamin B kompleks secara cukup penting untuk pertumbuhan serta perkembangan sang buah hati.

5 Manfaat Penting Vitamin B12

Mendukung kesehatan tubuh dan juga otak menjadi salah satu fungsi utama yang bisa Anda dapatkan dari vitamin satu ini. Gejala defisiensi vitamin mungkin akan dialami tatkala seseorang kekurangan asupan vitamin B12. Kelainan neurologis hingga anemia dapat dialami oleh mereka yang menderita defisiensi vitamin B kompleks. Berikut adalah informasi kesehatan terpercaya mengenai vitamin B12:

1. Merangsang Produksi Sel Darah Merah

Untuk mencegah terjadinya anemia, seseorang tidak cukup dengan mengkonsumsi zat besi secara cukup. Mereka juga harus mengkonsumsi salah satu vitamin B kompleks satu ini secara cukup. Asupan vitamin B secara cukup akan membuat produksi sel darah merah di dalam tubuh lebih meningkat. Alhasil, tubuh akan terhindar dari kemungkinan terjadinya anemia yang berujung pada rasa lesu dan letih berlebih.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Asupan vitamin B satu ini secara mencukupi berperan penting dalam memastikan kesehatan jantung. Konsumsi vitamin B dalam jumlah mencukupi mampu menekan produksi asam amino di dalam darah yang berlebihan. Kadar asam amino tinggi dalam tubuh atau disebut sebagai homosistein bisa berakibat terhadap berbagai masalah seperti peningkatan risiko serangan jantung.

3. Regenerasi Sel dan DNA pada Pertumbuhan

Vitamin B12 juga memiliki fungsi sebagai regenerasi dan pembentukan sel pertumbuhan janin. VItamin B12 bersama dengan asam folat berfungsi dalam koenzim dalam tubuh untuk metabolisme serta regenerasi sel seperti sel darah merah dan sel saraf. 

4. Mencegah Terjadinya Demensia

Penurunan kemampuan otak untuk mengingat atau mempertahankan memori disebut sebagai kondisi demensia. Tidak hanya penurunan penyimpanan memori, namun demensia juga menyebabkan penurunan seseorang untuk berpikir. Pada akhirnya, defisiensi vitamin B akan mendorong peristiwa penyusutan otak atau atrofi hingga kematian neuron di otak.

5. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Untuk mendukung kesehatan tulang agar semakin kuat, tidak cukup dengan memperbanyak konsumsi vitamin D maupun kalsium. Vitamin B12 diketahui ternyata memiliki peran yang cukup besar untuk mendukung kesehatan tulang serta menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada orang lanjut usia. 

Dimana Bisa Memperoleh Asupan Vitamin B?

Ada banyak sumber yang tersedia di alam yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B harian. Sumber makanan penting dari vitamin satu ini adalah daging-daging atau produk hewani. Vitamin ini tidak dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu bagi vegetarian, kebutuhan asupan vitamin B satu ini harus didapatkan dari suplemen tambahan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Makanan yang Bagus untuk Jantung Lemah
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah

Ada banyak produk daging serta turunannya yang mengandung tinggi vitamin B ini. Dengan mengkonsumsi daging kambing, ikan-ikan terutama ikan jenis tuna, daging sapi, susu dan juga produk turunannya akan memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian. Telur juga bisa menjadi opsi sumber vitamin B yang murah meriah.

Asupan Suplemen Tambahan dari Jovee

Kini telah hadir Jovee yang menyediakan solusi bagi asupan multivitamin harian Anda. Ada berbagai suplemen yang ditawarkan di Jovee, salah satunya adalah suplemen dengan kandungan vitamin B12. Jovee memastikan seluruh produk suplemen yang mereka produksi dibuat oleh pabrik farmasi terbaik di tanah air sehingga kualitasnya terjamin. Dengan banyaknya fitur menarik seperti gratis ongkir dan juga harga yang lebih bersahabat membuat Jovee bisa menjadi solusi tuntas bagi kebutuhan suplemen Anda.

Referensi:

Vitamin B12 – Health Professional Fact Sheet

Vitamin B-12: Functions, deficiency, and sources

Vitamin B12 – Consumer