Mau Wajah Bebas Jerawat? Hindari Makanan Penyebab Munculnya

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Jerawat adalah sel-sel yang tumbuh secara tidak normal pada area otak manusia. Secara garis besar jerawat dibedakan menjadi dua kategori yaitu tumor yang jinak dan tumor yang ganas. Jerawat merupakan penyakit yang cukup serius, karena penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan yang sangat fatal pada otak manusia.

Penyebab Terjadinya Jerawat

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat :

Makanan

Penyebab yang pertama adalah makanan. Sebuah studi dalam bidang kesehatan berhasil menemukan beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat. Ada beberapa makanan yang mampu memicu produksi minyak berlebih pada kulit manusia. Kondisi ini tentunya bisa merangsang timbulnya jerawat pada wajah.

Kandungan Iodine

Penyebab yang kedua adalah iodine. Iodine adalah kandungan yang umumnya ditemukan pada multivitamin, makanan laut, dan beberapa jenis sayuran. Kandungan Iodine sudah terbukti bisa merangsang timbulnya jerawat pada wajah. Maka dari itu mulai sekarang kamu harus lebih mengontrol diri dalam mengkonsumsi makanan atau multivitamin yang mengandung iodine.

Perubahan Hormon Pada Wanita

Penyebab yang ketiga adalah perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Perubahan hormon di dalam tubuh wanita merupakan proses yang alami. Ketika wanita sedang PMS, perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Untuk meminimalisir, kamu bisa mengkonsumsi makanan dengan vitamin A, B3, dan C.

Air Tidak Bersih

Penyebab yang keempat adalah air yang tidak bersih. Air yang tidak bersih sudah terbukti bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Kotoran-kotoran yang terdapat pada air bisa menyebabkan iritasi pada wajah sehingga menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Itulah beberapa penyebab terjadinya jerawat. Jadi, sekarang seharusnya kamu mulai menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

Ada beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat :

Gorengan

Yang pertama adalah gorengan. Gorengan pasti mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lemak jenuh ternyata bisa menyebabkan peradangan. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Makanan Berprotein Tinggi

Yang kedua adalah makanan dengan kandungan protein tinggi. Kandungan protein tinggi dalam makanan bisa merangsang sel-sel kulit untuk memperbanyak diri dalam waktu yang lebih cepat. Kondisi ini menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Makanan Dengan Omega-3 Tinggi

Fresh fish. piece of raw salmon fish fillet, spices on a black stone surface, Delicious fish meat. top view. Healthy food.

Yang ketiga adalah makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam makanan bisa menyebabkan peradangan pada tubuh manusia. Hal ini tentunya bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Fast Food

Yang keempat adalah fast food. Kebanyakan dari kita pasti cukup sering mengkonsumsi fast food seperti hamburger, fried chicken, hotdog, dan lain sebagainya. Ternyata sebuah studi membuktikan bahwa fastfood mampu mempengaruhi hormon di dalam tubuh manusia, sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Makanan Dengan Kandungan Gula Tinggi

Makanan penyebab timbulnya jerawat yang kelima adalah makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi dikategorikan sebagai makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Inilah yang bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah jadi sebisa mungkin batasi konsumsi makanan tersebut untuk menghindari jerawat.

“Jerawat dapat disebabkan dari pola makan dan higiene. Biasanya selain dengan konsumsi tinggi lemak, asupan rendah vitamin dan mineral memang berpengaruh dalam kondisi kesehatan kulit. Vitamin dan mineral berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel kulit, di mana bila tidak terpenuhi dari buah dan sayur dalam jumlah sesuai 4-5 porsi sehari, tubuh tentu kekurangan antioksidan kan kemampuan menjaga dan mereparasi sel sel tubuh termasuk kulit.” tambah Kelvin Halim, nutrisionis Jovee.

Kamu tertarik dengan informasi kesehatan yang lain? Dapatkan semuanya hanya di Ngovee. Download aplikasi Ngovee di Google Play Store atau App Store. Kamu akan memperoleh vitamin terbaik hanya di Ngovee. Hanya di Ngovee ini kamu akan mendapatkan layanan informasi kesehatan yang terbaik.