Membaca Buku, Apa Bisa Menurunkan Kadar Stres?
Falla Adinda, dr

Membaca buku adalah kegemaran yang disukai oleh banyak orang. Namun, sejak kehadiran smartphone dan teknologi gadget lainnya, membaca buku menjadi aktivitas yang jarang ditemui. Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan mudah melalui fitur browsing internet yang tersedia. Padahal, tahukah Anda jika membaca buku tidak hanya sekedar sebagai jendela dunia, menambah wawasan, dan kesenangan belaka, melainkan berkaitan erat dengan kesehatan? 

Mengutip dari berbagai sumber, rupanya rutin membaca buku memang membuat seseorang tidak hanya lebih pintar, tapi juga lebih bahagia dan panjang umur. Lalu, benarkah membaca buku benar-benar mampu menurunkan kadar stress? Yuk simak ulasan selengkapnya dari tim Ngovee dibawah ini!

Mengurangi Stress

Membaca buku mampu memberikan efek menyenangkan seperti halnya beryoga. Berdasarkan penuturan seorang peneliti Inggris di University of Sussex, membaca selama enam menit sehari lebih ampuh menurunkan stress, ketimbang jalan-jalan atau nongkrong di kedai kopi. Kecuali, jika Anda nongkrong di kedai kopi sambil membaca buku, maka manfaatnya akan lebih berlipat.

Lalu, jenis buku apakah yang efektif untuk atasi stress? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli otak dan syaraf, membaca novel mampu memperpanjang fokus anak dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir tenang dan jernih. 

Hal ini disebabkan, cerita novel memiliki bagian-bagian tertentu mulai dari cerita awal, tengah, dan akhir. Jadi, secara tidak langsung pola dalam cerita novel membuat otak Anda berpikir lebih terstruktur, menghubungkan sebab-akibat, konsekuensi, hingga signifikansi.

Perlu dicatat, tidak sembarang novel mampu meredakan stress. Jadi, pilihlah jenis bacaan novel yang memiliki isi ringan. Jangan sampai memilih novel dengan bacaan yang berat atau pemahaman yang lebih besar. Hal ini karena bacaan tersebut hanya akan menambah otak untuk berpikir lebih keras hingga akhirnya memperparah stress Anda. 

Novel bergambar bisa jadi solusi pilihan supaya Anda tidak bosan ketika membaca tulisan saja, mengingat novel berisi tulisan-tulisan yang panjang. Menariknya, membaca novel ini tidak hanya meringankan gejala stress saja, namun banyak manfaat lain dapat Anda peroleh.

Manfaat membaca buku novel lain diantaranya, memiliki stimulan mental untuk memperlambat suatu penyakit, mengubah fungsi kerja otak yang menghubungkan pikiran dan tindakan, mengurangi kebosanan saat waktu senggang, menambah pengetahuan baru, memperluas kosakata atau perbendaharaan kata, meningkatkan memori otak, meningkatkan konsentrasi, mengontrol emosi diri, hingga memindahkan khayalan dalam dunia nyata.

Stress memang membuat seseorang merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Sebab, stress menyebabkan seseorang menjadi letih, lemah, dan lesu terhadap segala sesuatu. Tentu saja, hal ini berdampak pada produktivitas  Anda. Namun, dengan membaca novel ringan, kini Anda sudah mampu mengelola stress supaya reda dan teratasi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Awas! Kenali Bahaya Terlalu Sering Duduk!
Mengenal Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan
8 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental
Mengenal Sunscreen dan Kegunaannya
Bahaya Minuman Kemasan dan Makanan Kemasan Bagi Kesehatan
6 Cara Mencegah Dehidrasi Pada Kulit

Timing yang Pas untuk Membaca Buku dan Atasi Stress

Tidak ada orang yang mengira bahwa rutinitas membaca buku ini mampu mengatasi stress. Bahkan, hasil penelitian pun menyatakan bahwa membaca buku selama enam menit sehari bisa meredakan stress. Namun, kapankah timing yang tepat untuk membaca buku dan mengatasi stress? 

Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli di Sussex University menyatakan bahwa membaca buku di malam hari sebelum tidur, mampu mengurangi kadar stress seseorang hingga 68% lho. Sebab, ketika membaca, pikiran seseorang akan diajak masuk ke dalam imajinasi penulis. Pada saat itulah, secara bersamaan stress dan rasa khawatir seseorang meredam.

Tidak hanya itu saja. Membaca buku sebelum tidur justru menjadi jawaban bagi para penderita insomnia biar lebih mudah terlelap di malam hari. Hal sebaliknya terjadi jika Anda memilih bermain gadget di malam hari karena membuat seseorang terjaga hingga dini hari. Jadi, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Selain meredakan stress, penyakit insomnia Anda juga akan sembuh berkat membaca buku di malam hari ini.

Nah, berdasarkan ulasan di atas, sudah jelas jika membaca buku tidak hanya sekedar mengobati stress, namun mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Yang pasti, jangan sampai membaca dalam posisi tiduran atau terlalu dekat, supaya tidak membuat mata Anda sakit atau menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

Satu lagi, penuhi kebutuhan zat gizi tubuh supaya metabolisme berjalan lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen yang tepat dengan kebutuhan tubuh. Masalahnya, bagaimana mengetahui jenis suplemen yang diperlukan oleh tubuh? Mudah saja. Jovee hadir untuk memberikan rekomendasi suplemen yang tepat. Segera instal aplikasi ini dan berikan waktu Jovee mengetahui jati diri Anda lebih lanjut.

Setelah mengisi berbagai pertanyaan yang relevan, maka Jovee akan memberikan hasil diagnosisnya. Misalnya, Anda memilih permasalahan kesehatan dengan kualitas tidur dan pikiran, rekomendasi suplemen yang mungkin diberikan adalah B complex + magnesium,  vitamin D, dan Omega + Vitamin E. Ketiga suplemen ini akan siap mengatasi masalah stress, brain, sleep, wellness, eye, bones, heart, brain, dan joints Anda. Tenang saja, satu paket suplemen ini bisa Anda peroleh melalui Jovee.

Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store

Diedit oleh: Aileen Velishya