Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Saat berpuasa, masalah yang paling sering kita alami adalah bau mulut. Beberapa dari kamu mungkin juga mengalami seperti gusi berdarah, atau bahkan nyeri pada gigi saat berpuasa. Tentunya ini sangat mengganggu ibada puasa kamu.

Yuk simak beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa yang telah tim Ngovee rangkum untuk kamu.

Minum Air Putih Yang Cukup

Ketika berpuasa, terkadang kita sering mengalami dehidrasi. Biasanya dehidrasi terjadi akibat kurangnya konsumsi air putih sebelum berpuasa atau setelah berbuka puasa, apa lagi ketika berpuasa kita tidak makan atau minum. Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis. Selain itu, menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan garam berlebih menjadi penting supaya kamu tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa.

Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

Terlalu banyak konsumsi makanan manis dapat merusak gigi dan sulit dibersihkan ketika sikat gigi. Timbulnya lubang pada gigi dapat menyebabkan bau dan membuat gigi merasa nyeri.

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan kalsium dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dari infeksi. Selain itu vitamin C juga dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Hindari Perilaku Merokok

Perilaku merokok dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya pada gigi dan mulut.. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit pada gigi dan mulut antara lain penyakit bau mulut, periodontal, perubahan warna gigi, dan peningkatan penimbunan plak gigi. Menurut CDC, merokok dapat meningkatkan risikomu untuk terkena penyakit gigi dan gusi. Selain itu dengan tidak merokok, membantu kamu untuk mencegah bau mulut saat puasa.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Membuat Masker Kain, Pelajari Disini!
10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
Penyakit Masuk Angin, Beneran Ada?
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Ala Dokter Gigi
7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
6 Cara Alami Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Sikat Gigi

Kebersihan gigi tentu sangat penting saat berpuasa. Selain ikut menjaga kebersihan mulut, kesehatan gigi juga diikuti dengan kebersihannya. Sikat gigi adalah salah satu yang dapat membantu kamu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sebaiknya saat puasa sikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari. Sikat gigi dapat dilakukan di waktu sebelum tidur dan setelah sahur agar ketika menjalankan puasa gigi bersih dari sisa-sisa makanan.

Jangan lupa untuk periksakan gigi dan mulut kamu secara berkala ke dokter gigi agar jika terdapat masalah dapat segera terdeteksi dan mendapat penanganan.

Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Jovee juga mau membagikan THR khusus untuk kamu. Dalam bentuk voucher discount 50rb untuk pembelian paket Basic & Premium. Serta discount 100rb untuk pembelian paket Recommended & Ultimate.

Kamu bisa pesan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Jovee yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Silahkan menggunakan kode THR50RB atau THR100RB. 

Berlaku 1 Mei – 15 Mei 2020

Referensi:

Journal of Natural Science, Biology, and Medicine

Centers for Disease Control and Prevention