Mencegah Coronavirus: Jenis Masker Yang Dapat Kamu Pakai

Coronavirus yang pertama kali terjadi di Wuhan kini menjadi perhatian dunia karena jumlah penderitanya yang meningkat tajam. World Health Organization telah mendeklarasikan Coronavirus sebagai masalah kesehatan darurat level internasional kemarin malam. Hal ini menjadikan Coronavirus sebagai masalah kesehatan keenam yang dideklarasikan sebagai masalah darurat level internasional setelah flu burung (H1N1), polio, ebola, zika dan ebola di Kongo.

Melihat penyakit Coronavirus yang telah sampai ke negara terdekat kita seperti Singapura dan Malaysia, merupakan hal yang tepat jika kita melakukan beberapa antisipasi untuk mencegah Coronavirus, salah satunya adalah memakai masker.

Kebanyakan dari kita terkadang memindahkan masker ke dagu, yang menyebabkan perlindungan yang dibuat oleh masker menjadi rusak. Sehingga perlindungan yang dihasilkan pun menjadi tidak efektif.

Apa Itu Masker

Masker adalah produk yang didesain untuk menangkap partikel yang dapat mengkontaminasi kesehatan, termasuk yang membawa penyakit seperti virus.

Jenis Jenis Masker

Surgical Masker

Surgical mask adalah masker yang biasa digunakan oleh staf kesehatan seperti dokter, suster maupun apoteker. Surgical masker memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama adalah lapisan putih yang menyerap kelembaban dari nafas penggunanya. Lapisan kedua bekerja sebagai penyaring. Lapisan ketiga dan yang terakhir biasanya berwarna warni seperti biru, hijau, maupun pink. Kegunaannya adalah melindungi dari faktor eksternal.

N95 Masker

N95 mask adalah masker yang dapat menyaring 95% partikel mikro dan biasa digunakan di kondisi berasap, seperti ketika kebakaran hutan. Masker N95 dapat melindungi kamu dari virus, namun harganya lebih mahal dibanding masker surgical. Selain itu ketika kamu memakai masker N95, kamu akan lebih sulit bernafas dibanding biasanya.

Perbedaan Surgical Mask dan N95 Masker

Surgical mask sebenarnya tidak dapat memberikan perlindungan ekstra dari polusi lingkungan seperti polusi udara. Surgical masker dipakai untuk mencegah cairan tubuh (seperti saat batuk dan bersin) tersebar kemana-mana.

Sebaliknya masker N95 adalah masker yang dapat kamu pakai untuk perlindungan ekstra dari polusi udara dan serangan virus, karena N95 bersifat sebagai respirator. N95 didesain untuk menyaring partikel kecil seperti debu.

Namun perlu diingat bahwa masker N95 tidak cocok digunakan untuk anak-anak atau orang dengan masalah pernafasan dan paru-paru. Ukuran masker N95 terlalu besar bagi anak-anak. Dan penderita masalah pernapasan dapat mengalami kesulitan bernafas ketika memakai masker ini.

Jika kamu tidak yakin, konsultasikan dengan dokter untuk melihat apakah kamu lulus secara medis untuk menggunakan respirator alias masker N95 ini.

Cara Memakai Masker

Cara Memakai Surgical Masker Yang Benar

  1. Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum menyentuh masker
  2. Cek apakah masker dalam keadaan baik (tidak ada bolong atau kerusakan)
  3. Kenakan masker hingga menutupi hidung dan mulut. Pasangkan talinya melewati telinga
  4. Atur kawat yang ada di bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung

 – – – – – – Editorial Pick – – – – – –
10 Fakta dan Mitos Kesehatan Tentang Tertawa
Mengenal Bahaya Coronavirus, Gejala dan Pencegahannya
Seberapa Bahaya Obat Kuat untuk Kesehatan Pria?

Yang perlu kamu ketahui bagian atas masker adalah yang ada kawat. Bagian depan masker adalah yang berwarna (bisa hijau, biru atau pink), sedangkan bagian dalam yang dikenakan berwarna putih. Pada kenyataannya, masker hanya dapat digunakan satu sisi dengan sisi masker berwarna berada di depan. Bagian masker yang putih sebenarnya berfungsi untuk menyerap cairan. Sementara bagian tengah dan luar bersifat mencegah air (seperti keringat, darah atau ingus) untuk masuk ke dalam masker.

Cara Memakai N95 Masker Yang Benar

  1. Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum menyentuh masker
  2. Cek apakah masker dalam keadaan baik (tidak ada bolong atau kerusakan)
  3. Kenakan masker hingga menutupi hidung, dagu dan mulut. 
  4. Atur kawat yang ada di bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung
  5. Amankan dengan memasang tali masker melewati kepala dan rapikan hingga kamu merasa nyaman
  6. Uji apakah kamu sudah memasang masker dengan benar dengan cara mencoba menarik dan mengeluarkan napas. Ketika menarik napas, masker akan bergerak sedikit. Ketika mengeluarkan napas, seharusnya tidak ada udara yang keluar dari sisi masker.

Menggunakan masker dengan cara yang salah dapat mengurangi efektivitas kegunaan masker dan meningkatkan ketidaknyamanan pada penggunanya.

Cara Melepas Masker

Cari Melepas Masker Yang Benar

  1. Pastikan tangan kamu bersih sebelum menyentuh masker
  2. Hindari menyentuh bagian depan masker, hanya sentuh tali masker
  3. Tarik tali dan lepaskan masker dari wajah kamu. Buang masker yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah
  4. Cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer

Untuk memberikan perlindungan, baik surgical masker maupun N95 (respirator) harus digunakan secara benar dan secara konsisten. Ketika digunakan dengan baik, kedua masker tersebut dapat mencegah penyebaran virus.

Kebanyakan dari kita terkadang memindahkan masker ke dagu, yang menyebabkan perlindungan yang dibuat oleh masker menjadi rusak. Sehingga perlindungan yang dihasilkan pun menjadi tidak efektif.

Setelah membaca ini, kami harap kamu mengetahui mana masker yang kamu butuhkan dan bagaimana cara memakai masker dengan benar. 

Setiap pembelian Jovee Against Virus berhadiah 10 pcs surgical mask. Tersedia di Official Store Jovee di Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Ingin tahu suplemen dan vitamin apa yang sesuai gaya hidup kamu? Download Jovee di Playstore atau Appstore.

Simak informasi kesehatan lainnya hanya di Ngovee.

Ditulis oleh: Aileen Velishya