Mengenal Diet Sirtfood Untuk Turunkan Berat Badan
Dr. Fala Adinda

Memiliki bentuk badan ideal apalagi bagi seorang wanita merupakan hal yang diidam-idamkan. Tak pelak banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk menurunkan berat badan. Kini banyak sekali program diet yang beredar luas, salah satunya adalah diet sirtfood. Bahkan diantaranya menggunakan cara-cara ekstrim.

Namun, sayangnya tak diketahui aman tidaknya program diet tersebut. Terkadang jika kamu menerapkan diet yang salah, bukan berat badan ideal yang didapat melainkan penyakit yang muncul. 

Apa itu diet sirtfood? 

Diet sirtfood adalah cara diet yang akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan publik. Hal ini tidak terlepas dari berubah drastisnya penampilan penyanyi Adele. Penyanyi Internasional ini dulunya memiliki berat badan yang berlebih namun, akhir-akhir ini tampil dengan tubuh yang ramping. 

Diketahui Adele ternyata menerapkan diet sirtfood dan sukses menurunkan berat badannya hingga 45 kg. Diet sirtfood merupakan suatu diet yang dibuat oleh dua peneliti yakni Aidan Goggins dan Glenn Mattern. Dari penelitian yang telah dilakukan, para responden memberi pernyataan selain berat badan yang turun mereka juga merasa lebih berenergi, kualitas tidur meningkat hingga memiliki kulit yang jauh lebih sehat. 

Jika program diet lainnya mengharuskan untuk menjalani pola hidup sehat serta menjauhi coklat dan minuman beralkohol namun tidak dengan diet sirtfood. Diet sirtfood ini diketahui merupakan diet dengan konsumsi sirtuin yang tinggi. Sirtuin ini adalah sejenis protein yang memiliki fungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, sirtuin ini juga bermanfaat dalam hal pembakaran lemak, produksi energi tubuh, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sirtuin ini bisa kamu temui dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran. Lantas amankah diet sirtfood ini? 

Pada dasarnya diet sirtfood ini tidak melarang seseorang mengonsumsi makanan tertentu namun membatasinya. Diet sirtfood ini mengharuskan seseorang untuk melakukan dua fase. Fase pertama kamu diharuskan untuk membatasi kalori yang masuk maksimal 1000 kalori pada tiga hari pertama. 

Baru ketika memasuki hari keempat dan selanjutnya kamu boleh mengubahnya menjadi 1500 kalori. Memang diet ini tidak melarang seseorang untuk memakan makanan tertentu hanya saja mengharuskan untuk mengonsumsi teh hijau, beri, bubuk coklat, parsley, arugula, cabai, kopi, minyak zaitun, dan masih banyak lainnya sesuai dengan yang ada di buku diet sirtfood. 

Diet ini memang terlihat sangat mudah diterapkan dengan hasil yang menggiurkan. Terkait aman tidaknya diet sirtfood ini, dr. Inge Permadi yang dilansir dari portal berita terpercaya menyebutkan bahwa membatasi asupan kalori memang umum dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Namun, diet akan tetap aman selama masih membolehkan pelaku diet mengonsumsi nutrisi seimbang seperti roti, sayur, protein nabati, protein hewani dan lain sebagainya. Serta orang tersebut tidak memiliki riwayat pernah menderita penyakit kronis. Belum lagi, kamu juga diharuskan menjaga berat badan tetap ideal di kemudian hari dengan menerapkan pola hidup sehat. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Tren Diet Sehat Jaman Now. Seberapa Sehat & Aman Kah?
Makan Saat Stress? Kenali Bahaya Emotional Eating

Panduan melakukan diet sirtfood

Banyak orang yang kini tertarik untuk mengetahui bagaimana caranya menerapkan diet sirtfood ala Adele ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, diet ini pada dasarnya tidak melarang seseorang untuk menjauhi makanan tertentu hanya saja membatasi jumlah asupan kalori yang masuk dan mengharuskan mengonsumsi makanan tertentu. 

Cara menerapkan diet sirtfood ini pada tiga pertama berturut-turut kamu wajib untuk membatasi jumlah asupan kalori yang masuk maksimal 1000 kalori dan meminum jus sirtfood sebanyak 3 macam serta wajib untuk memakan makanan yang mengandung sirtuin. 

Pada hari keempat dan seterusnya kamu bisa menambah jumlah asupan kalori menjadi 1500 kalori dan tetap mengonsumsi jus sirtfood serta mengonsumsi makanan padat bergizi dua kali sehari. Ini dilakukan secara rutin dan konsisten.

Dalam waktu dua minggu seseorang boleh makan maksimal tiga kali sehari dengan tetap mengonsumsi jus sithfood dan memakan makanan yang kaya akan sirtuin. Berikut ini daftar makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi selama menjalani diet sirtfood:

  1. Apel
  2. Kedelai
  3. Lemon
  4. Seledri
  5. Bawang merah
  6. Minyak zaitun
  7. Blueberry
  8. Kunyit
  9. Coklat
  10. Caper
  11. Kangkung
  12. Kacang kenari
  13. Kale
  14. Stroberi
  15. Sayur kubis
  16. Kopi

Itulah beberapa makanan yang wajib serta direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalani diet sirtfood ini. Selain melakukan apa yang sudah dipaparkan di atas, diet kamu akan maksimal jika dibarengi dengan rutin berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari stres. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi beberapa suplemen yang direkomendasikan oleh Jovee. 

Jovee merupakan suatu aplikasi digital yang menyediakan beragam suplemen bermanfaat untuk kebutuhan kamu. Suplemen yang direkomendasikan mengacu pada kebutuhan kamu melalui pertanyaan yang kamu jawab melalui aplikasi. Di Jovee juga kamu bisa bebas berlangganan dengan harga tetap.

Selain itu kamu pun bebas berbelanja tanpa ada maksimal pembelanjaan. Hanya saja kamu diberi kesempatan untuk memilih satu paket dari 5 paket yang ada. Bagaimana tertarik untuk memilikinya? Pastikan kamu menginstal aplikasi Jovee melalui Playstore atau Appstore. 

Untuk informasi kesehatan lainnya, simak selengkapnya hanya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya