Mengenal Jenis Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Batu ginjal merupakan penyakit yang sangat menyakitkan. Anda semua tentu tidak ingin mengalami batu ginjal ini. Maka dari itu, kita harus melakukan berbagai pencegahan batu ginjal. Salah satunya yaitu dengan menghindari berbagai macam makanan penyebab batu ginjal.

Biasanya laki-laki berisiko lebih besar mengalami penyakit batu ginjal dibandingkan dengan perempuan. Hal ini bisa terjadi akibat dari pola kebiasaan yang cenderung suka menahan pipis. Lalu bisa juga karena kurang memperhatikan keteraturan pola makan sehat untuk organ ginjal.

Beberapa Golongan Makanan Yang Menyebabkan Batu Ginjal

Terdapat beberapa jenis golongan makanan yang harus dihindari jika kita tidak ingin merasakan batu ginjal. Berikut ini beberapa di antaranya.

Makanan dengan kandungan oksalat

Salah satu golongan makanan yang menjadi penyebab penyakit batu ginjal yaitu adalah makanan dengan banyak kandungan oksalat/ asam organik. Sebenarnya tubuh kita bisa menghasilkan oksalat.

Hal ini membuat kita yang mengonsumsi makanan banyak oksalat, bisa meningkatkan batasan kadar oksalat di dalam tubuh. Dari hal tersebut, maka bisa menimbulkan batu oksalat kalsium di saluran kencing. Bagi yang beresiko kena batu ginjal, maka mulai sekarang harus mengurangi asupan makanan yang terdapat banyak oksalat.

Contohnya seperti kopi, cokelat, bir, kacang-kacangan, susu kedelai, jeruk, talas, gandum, soda, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, teh hitam, dan tahu. Beberapa makanan penyebab batu ginjal tersebut lebih baik dihindari.

Makanan dengan kandungan natrium

Bukan hanya makanan yang oksalatnya tinggi saja yang bisa menimbulkan batu ginjal, jenis makanan lainnya yaitu yang terkandung natrium atau makanan asin. Saat kandungan natrium di dalam tubuh semakin tinggi, hal tersebut memaksa ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium di dalam urine.

Kelebihan kalsium di dalam urine mengakibatkan kalsium bisa bergabung dengan oksalat dan fosfor. Hal ini bisa merangsang pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi harian asupan natrium lebih baik dalam batasan 2.300 mg. Makanan yang dimaksud yaitu bisa seperti fast food, makanan kaleng, ikan asin, keripik dan kerupuk.

ยท         Makanan dengan protein hewani

Banyak asupan protein hewani juga tidak boleh. Ternyata, makanan-makanan dengan protein hewani yang tinggi memiliki purin yang bisa sebagai asam urat di dalam urine. Memang asam sitrat bisa membantu untuk menghentikan proses membentuk batu ginjal, tetapi protein hewani bisa menimbulkan pengeluaran kalsium.

Lalu bisa juga menghemat pembuangan kandungan asam sitrat dalam urine. Sehingga urine yang terdapat kalsium dan asam urat tinggi serta ditambah asam sitrat lebih rendah, bisa menimbulkan penyakit batu ginjal. Maka karena hal itu, sebaiknya Anda mulai membatasi asupan makanan yang terdapat protein hewani dalam jumlah banyak.

Contohnya seperti daging sapi, daging kambing, steak, daging babi, daging kalkun, ikan, telur, susu skim, kerang, ati ayam, daging ayam, dan sejenisnya. Beberapa jenis makanan tersebut lebih baik kita usahakan menghindarinya terutama bagi mereka yang lebih beresiko mengalami batu ginjal.

Imbangi asupan makanan tersebut jika memang ingin disantap dengan lebih banyak air putih, sayuran dan buah. Selain dari berbagai macam makanan penyebab batu ginjal, tentunya ada ragam faktor lain seperti riwayat keluarga dan sebagainya.

Bergabunglah dan mulai hidup lebih sehat sekarang. Unduh saja aplikasi Ngovee dengan melalui layanan Google Play Store maupun App Store. Dengan Ngovee tersebut, Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Kamu bisa mendapatkan vitamin terbaik hanya dari Ngovee.