Mengenal Manfaat Eucalyptus Oil dan Minyak Kayu Putih
Dr. Fala Adinda

Minyak Eucalyptus sering kali disamakan dengan minyak kayu putih karena keduanya biasanya dipakai untuk menghangatkan tubuh. Minyak ini banyak digunakan terutama ketika cuaca sedang dingin karena kehangatan yang diberikannya sangat pas dan tidak terlalu panas seperti salep atau krim panas lainnya.

Apa beda minyak kayu putih dan minyak Eucalyptus? Perbedaan utamanya ada pada bahan dasarnya. Minyak kayu putih dikenal dengan cajuput oil, yang dihasilkan dari penyulingan daun dan ranting kayu putih atau disebut dengan nama ilmiahnya, yaitu Melaleuca leucadendra.

Minyak kayu putih berwarna kuning dengan aroma yang kuat. Biasanya dibuat dengan cara di ekstrak melalui penyulingan dengan uap. Bahan kimia sineol yang terkandung dalam minyak kayu putih akan memberikan sensasi hangat pada kulit Anda.

Lalu, apa itu eucalyptus? Ia merupakan tanaman yang dapat diekstrak menjadi minyak eucalyptus. Bagian daun dan batang tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak eucalyptus. Sebelum minyaknya diambil, dauneucalyptus dikeringkan, dihancurkan, dan baru disaring sampai minyaknya keluar. Minyak eucalyptus biasanya harus dicairkan sebelum digunakan.

Meskipun memiliki perbedaan pada bahan dasar, dua minyak ini punya manfaat yang mirip, yaitu meringankan keluhan penyakit-penyakit seperti bronchitis, asma, gingivitis, kembung dan lainnya. Menarik bukan?

Sekilas keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun, minyak kayu putih biasanya lebih banyak digunakan untuk mengatasi masalah kurang enak badan, seperti rasa sakti kepala, mengatasi gejala pilek, meringankan sendi dan otot, serta meredakan sakit gigi. 

Minyak eucalyptus dan minyak kayu putih memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh
Minyak eucalyptus dan minyak kayu putih memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh

Sedangkan minyak eucalyptus, bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi atau multifungsi karena mengandung disinfektan alami yang cukup tinggi. Hampir semua dari bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, mulai dari meredakan gejala flu dan juga melegakan masalah pernafasan. Selain itu, minyak ini juga bisa mengatasi gatal-gatal akibat digigit serangga, meringankan asma, mengurangi sendi, dan juga membantu meredakan sakit kepala

Yuk simak beberapa manfaat minyak eucalyptus dan minyak kayu putih bagi kesehatan:

Berbagai Manfaat untuk Kesehatan dari Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus adalah minyak yang berasal dari pohon Eucalyptus dan berasal dari daratan Australia. Meski begitu, kini pohon Eucalyptus dapat dengan mudah ditemukan di berbagai belahan dunia. Menjadi salah satu metode pengobatan alternatif yang popular, minyak pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai pereda rasa nyeri dari suatu penyakit. Minyak Eucalyptus sendiri didapat dari daunnya yang berbentuk oval. 

Meredakan Batuk

minyak kayu putih-meredakan batuk

Batuk dapat muncul dari beberapa hal, salah satunya adalah alergi, infeksi virus ataupun kondisi lainnya pada tubuh. Salah satu manfaat dari minyak Eucalyptus yang sudah lama digunakan oleh masyarakat adalah untuk meredakan gangguan batuk. Caranya dengan menghirup minyak Eucalyptus sebagai dekongestan alami. Dengan menghirup uap minyak Eucalyptus akan membantu untuk melegakan tenggorokan. Kamu juga bisa mengusapkan minyak tersebut di tubuh agar batuk, pilek lebih lega.


Minyak Eucalyptus bisa mengurangi nyeri pada persendian

woman runner hold Knee Pain

Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalyptus. Tak hanya sebagai penghangat, minyak kayu putih memiliki kemampuan sebagai pereda nyeri pada sendi. Obat-obatan ini umumnya dijual dalam bentuk krim ataupun salep.

Membantu meringankan kondisi sinusitis dan asma

Selain untuk mengatasi keluhan berupa batuk dan pilek, minyak Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pernapasan seperti asma dan juga sinusitis. Minyak Eucalyptus tidak hanya memiliki manfaat untuk mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan, namun minyak ini juga dapat membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Dengan menggunakan minyak Eucalyptus sehingga dahak pun mengencer, maka dahak yang encer ini dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah. Selain kemampuannya untuk mengencerkan dahak, minyak ini pun memiliki kemampuan untuk menekan gejala dari asma.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Jenis Kontrasepsi, Manakah yang Lebih Aman?
Kecanduan Gadget dan Sosial Media Terhadap Kesehatan
Tren Diet Sehat Jaman Now. Seberapa Sehat & Aman Kah?


Minyak Eucalyptus untuk meringankan keluhan sakit kepala

Ketika mengalami sakit, banyak orang yang mengoleskan minyak Eucalyptus pada daerah dahi hingga ke leher untuk meredakan rasa sakit. Secara umum, memang minyak Eucalyptus tidak mampu untuk menyembuhkan sakit pada kepala.

Namun, minyak Eucalyptus memiliki kemampuan untuk menenangkan kepala yang sakit karena dapat menghangatkan. Walau begitu, kamu tetap harus berhati-hati saat pemakaian agar tidak masuk ke daerah mata.


Mengatasi bau pada mulut

Tahukah kamu bahwa minyak Eucalyptus juga mengandung antibakteri? Minyak Eucalyptus dengan kandungan antibakteri dapat mengatasi bau pada mulut yang ditimbulkan oleh kuman. Dengan adanya antibakteri ini maka kerusakan pada gusi serta terbentuknya plak juga dapat dikurangi. 

Kamu bisa mengecek kandungan pada obat kumur maupun pasta gigi apakah mengandung ekstrak Eucalyptus. Selain dari obat kumur maupun pasta gigi, kini juga sudah ada permen karet dengan ekstrak Eucalyptus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 


Menjauhkan serangga

Gangguan serangga seperti nyamuk dapat mendatangkan berbagai macam keluhan penyakit pada tubuh. Untuk menghindari gigitan serangga, salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan begitu kamu dapat terhindar dari penyakit yang mereka bawa seperti malaria dan demam berdarah.

Menggunakan semprotan pengusir nyamuk mungkin efektif, namun mengandung bahan kimia yang terlalu kuat. Kini ada beberapa merek minyak botanical pengusir serangga yang dibuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Anti Inflamasi

Minyak Eucalyptus memiliki kemampuan anti inflamasi yang dapat meredakan gejala dari herpes. Caranya cukup mengaplikasikan minyak Eucalyptus untuk mengurangi sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Daun dan bunga eucalyptus yang menjadi bahan dasar pembuatan minyak eucalyptus

Itulah beberapa manfaat dari minyak Eucalyptus dan minyak kayu putih yang sering digunakan masyarakat sehari-harinya. Kendati khasiat minyak eucalyptus dan minyak kayu putih untuk kesehatan cukup beragam, namun Anda tetap perlu berhati-hati menggunakan minyak ini.

Produk kayu putih dan eucalyptus umumnya aman digunakan di kulit selama minyak diencerkan. Apabila digunakan serampangan, efek samping minyak kayu putih bisa mengiritasi kulit. Hindari penggunakan yang terlalu dekat dengan area mata. Demi keamanan, sebelum menggunakan minyak kayu putih baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Anda juga perlu melakukan tes alergi di bagian tubuh seperti lengan bagian dalam. Jika tidak ada reaksi dalam 24 jam, minyak kayu putih aman digunakan. Selain iritasi, efek samping minyak eucalyptus dan kayu putih lainnya yakni diare, mual, muntah, pusing, lemas, dan sakit perut.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Cek selengkapnya di Ngovee. Bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan suplemen dan vitamin, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store.

Diedit oleh: Aileen Velishya