Berat Badan Ideal: Cara Hitung  Menggunakan Kalkulator BMI
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda 

Berat badan ideal merupakan sebuah impian banyak orang agar bisa terlihat menawan dan menjalankan aktivitas dengan maksimal. Ketika seseorang memiliki tubuh ideal artinya ia memiliki massa tubuh dan tinggi badan yang ideal, maka hal ini menunjukkan kalau seseorang tersebut berhasil menjalankan pola hidup sehat. 

Hal inilah yang membuat banyak orang mencari cara menghitung berat badan yang ideal. Saat ini salah satu cara untuk mengukur berat badan yang ideal yaitu dengan menggunakan kalkulator BMI.

BMI itu artinya Body Mass Index yaitu sebuah perhitungan dengan kalkulasi dengan dasar pada berat badan dan tinggi badan. Perhitungan ini kemudian dijadikan sebagai pendeteksi derajat badan dengan menggolongkan badan ini kurus, ideal, gemuk dan obesitas. 

Menggunakan kalkulator BMI ini maka kamu bisa mengetahui cara menghitung berat yang ideal. Di dalam bahasa Indonesia BMI ini merupakan Indek Massa Tubuh atau lebih dikenal dengan IMT.

Perhitungan berat badan menggunakan IMT atau BMI ini memang sangat penting. Apabila kamu penasaran dan ingin mengetahui cara perhitungan berat badan yang ideal maka silahkan simak penjelasan dibawah ini. 

Rumus Menghitung Berat Badan Tubuh Yang Ideal 

Cara Menghitung BMI

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan)²

Kategori BMI

<18.5 Berat badan kurang

18.5-24.9 Berat badan normal

25-29.9 Berat badan berlebih

>30 Obesitas

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kalau BMI atau IMT ini menunjukkan angka 25 atau lebih besar maka hal ini menunjukkan kalau seseorang tersebut memiliki risiko kelebihan berat badan sehingga memiliki resiko tingginya penyakit osteoarthritis, jantung dan kanker. Justru sebaliknya ketika kalkulator BMI ini menunjukkan angka dibawah 18 maka hal ini juga memiliki risiko kesehatan kamu sedang tidak baik. 

Maka sangat disarankan ketika berat badan kamu melebihi 27 atau kurang dari 18 maka sebaiknya kamu berkunjung ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan program untuk mengatur pola berat badan yang ideal dan bisa hidup sehat. 

Cara menghitung berat badan yang ideal menggunakan BMI atau IMT, disarankan menggunakan standar pengukuran internasional. Perhitungan menggunakan BMI ini pada pria atau wanita harus sudah berusia diatas 20 tahun. Kalau pengukuran untuk anak diusia bawah 20 tahun ini berbeda. 

Pada dasarnya pada perhitungan BMI ini dikatakan normal ketika muncul angka 18,5 sampai dengan 25. Ketika kalkulator sudah menunjukkan angka 40 maka kondisi ini sudah sangat berbahaya. 

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ketika seseorang memiliki tubuh yang ideal maka dia bisa lebih mudah dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Hal ini sangat berbeda apabila seseorang tersebut memiliki tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus. 

Melihat kondisi ini maka kamu perlu menerapkan berbagai cara agar tubuh kamu bisa tetap ideal. Selain rutin mengukur berat badan kamu bisa menggunakan kalkulator BMI untuk mengetahui perkembangan berat badan kamu. 

Salah satu hal yang paling mudah kamu lakukan, cara menghitung berat badan yang ideal yaitu selalu menjaga pola makan yang sehat. Selain itu tetap mendapatkan asupan kalori yang cukup agar bisa menjalani berbagai aktivitas dengan maksimal. Apabila kamu termasuk orang yang malas berolahraga maka kamu harus mencoba untuk menyukai olahraga. 

Ketika kamu berolahraga maka tidak hanya memberikan efek baik berupa memiliki berat badan yang ideal. Selain itu membuat tubuh kamu lebih sehat dan bugar, kamu akan selalu semangat untuk melakukan segala sesuatu yang bermanfaat. 

Demikianlah beberapa cara menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan BMI atau IMT. Bagi kamu yang belum menjalankan pola hidup sehat maka silahkan mulai menjalankan pola hidup sehat. 

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu untuk selalu hidup sehat

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee. Tersedia di Playstore dan Appstore. 

Dengan Jovee kamu dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

Diedit oleh: Aileen Velishya