Mengulas Bagian Anatomi Jantung Dengan Fungsinya

Ditinjau oleh : dr. Irma Lidia
Jantung sebagai salah satu organ penting dalam tubuh berfungsi untuk memompa darah ke dalam tubuh. Jika anatomi jantung atau pembuluh darah bermasalah, maka dapat menyebabkan penyakit membahayakan dan bisa menimbulkan gejala. Jika kasusnya parah, maka jantung bisa kehilangan fungsinya dan dapat memicu kematian. 

Sebagai gambaran, ukuran jantung lebih besar sedikit dibandingkan kepalan tangan. Lebih tepatnya sekitar 200 sampai 425 gram. Organ jantung ini sendiri terletak antara organ paru-paru di bagian tengah dada, dan di belakang sedikit ke arah kiri dari tulang dada.

Beberapa Bagian Pada Jantung Yang Memiliki Fungsi Berbeda-Beda

Jantung memiliki bagian-bagian tertentu yang masing-masing berperan penting. Berikut ini akan dijelaskan beberapa bagian jantung tersebut.

Katup

Terdapat empat buah katup yang berfungsi untuk menjaga darah mengalir menuju satu arah. Ada yang namanya katup trikuspid, yang fungsinya mengatur darah mengalir antara bilik kanan dan serambi kanan. Ada juga katup pulmonal, yang mengatur aliran yang asalnya bilik kanan menuju arteri pulmonalis dan membawa darah menuju paru-paru untuk tujuan mengambil oksigen.

Ada beberapa macam katup lainnya pada jantung. Bagi beberapa orang, bisa saja katup jantung ini tidak berfungsi dengan semestinya. Hal tersebut bisa menyebabkan penyakit pada bagian katup jantung tersebut. 

Atrium atau Serambi

Bagian serambi ini atau atrium ialah anatomi jantung bagian atas dengan terdiri serambi kiri dan serambi kanan. Serambi kanan mempunyai fungsi menerima darah yang kotor dari dalam tubuh dan dibawa dengan pembuluh darah.

Sementara serambi kiri fungsinya menerima darah yang bersih dari organ paru-paru. Serambi ini memiliki dinding lebih tipis serta tidak berotot, dikarenakan tugasnya serambi hanya ruangan untuk penerima darah saja. Serambi ada di bagian sisi kiri atas dan kanan atas jantung.

Ventrikel atau Bilik

Bilik ini mirip seperti serambi, ventrikel/ bilik ialah bagian jantung di area bawah yang juga terdiri atas bagian kiri dan kanan. Bilik kanannya berfungsi memompa darah yang kotor yang asalnya dari jantung menuju paru-paru. Bilik kiri akan memompa darah yang bersih menuju seluruh tubuh dari jantung.

Ada perbedaannya antara bilik dengan serambi yaitu dinding bilik lebih tebal serta berotot dibandingkan dinding serambi karena memang bekerja keras memompa darah. Ventrikel atau bilik ini ada pada sisi kiri dan kanan bawah jantung.

Perikardium

Organ jantung ini berada di dalam rongga yang berisikan cairan. Cairan tersebut yang dinamakan rongga perikardial. Dinding serta lapisan pada rongga perikardial tersebut disebut dengan nama perikardium. Kalau kita lihat pada gambar jantung, maka perikardium ada di tengah.

Bagian jantung yaitu Perikardium tersebut merupakan membran serosa. Membran tersebut bisa menghasilkan cairan untuk melumasi organ yang dinamakan cairan serous. Fungsi tersebut terus berjalan selama jantung masih berdenyut serta fungsi lain yaitu mencegah gesekan menyakitkan antara organ sekitar dengan jantung.

Perikardium juga berfungsi menyangga atau menahan jantung tetap berada di posisinya. Kalau tidak menjaga jantung tetap sehat, perikardium bisa saja meradang dan kondisi tersebut dikenal dengan perikarditis. Selain anatomi jantung perikardium, ada juga otot jantung yang merupakan gabungan antara otot polos dan otot lurik.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menyarankan, untuk mengonsumsi makanan yang sehat, menjaga berat badan ideal, berhenti merokok dan jauhi perokok pasif. Hal-hal ini merupakan upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung tetap sehat. Jangan lupa juga untuk kendalikan kolesterol, tekanan darah, batasi alkohol, dan kelola stres dengan baik. 

Bergabunglah dan mulai hidup sehat sekarang dengan Ngovee, Anda bisa melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Ngovee.