Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh : dr. Irma Lidia
Wanita yang sedang hamil bisa saja terkena penyakit ringan seperti demam, flu, dan batuk. Memang benar bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan mudah menggunakan obat-obatan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan obat-obatan bisa berdampak pada janin. Maka dari itu, jika terkena penyakit ringan disarankan mencoba obat alami.

Obat Batuk Alami Untuk Wanita Hamil

Ada beberapa obat batuk untuk ibu hamil yang alami :

Air Garam Hangat

Obat alami yang pertama adalah air garam hangat. Air garam merupakan antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri jahat di dalam tubuh manusia. Air garam aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Sehingga apabila ibu hamil sedang batuk, maka dia bisa mengkonsumsi air garam hangat untuk meredakan batuk.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia, menambahkan agar dapat menggunakan larutan air garam hangat untuk berkumur dan diamkan beberapa saat di pangkal tenggorokan. Cukup di-gargle, tidak perlu ditelan. 

Air Putih

Obat alami yang kedua adalah air putih. Minum air putih dalam jumlah yang banyak memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat dari banyak minum air putih adalah untuk detoksifikasi. Jadi, apabila ibu hamil sedang batuk maka disarankan untuk banyak minum air putih agar batuknya bisa sembuh secara perlahan.

Ramuan Air Lemon

Obat batuk untuk ibu hamil yang ketiga adalah ramuan air lemon. Lemon memiliki efek anti bakteri yang penting dalam menjaga kesehatan. Selain itu lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Lemon bisa diolah menjadi ramuan air lemon bersama dengan madu dan sedikit garam. Ramuan air lemon ini merupakan obat batuk alami yang cukup mujarab.

Bawang Putih

Obat alami yang keempat adalah bawang putih. Bawang putih memiliki senyawa alami yang mampu mengatasi infeksi bakteri pada ibu hamil. Zaman dahulu, ibu hamil mengkonsumsi bawang putih untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit ringan. Ibu hamil bisa mengkonsumsi bawang putih yang dicampur dengan madu dan juga sedikit cengkeh.

Madu

Obat alami terakhir adalah madu. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi madu asli, karena madu yang asli tidak diberi tambahan gula dalam jumlah banyak. Madu memiliki senyawa alami yang mampu mengatasi infeksi bakteri, infeksi virus, dan infeksi jamur. Ibu hamil bisa mengkonsumsi madu sebanyak satu sendok makan pada pagi, siang, dan malam untuk mengatasi batuk.

2 Keuntungan Menggunakan Obat Batuk Alami

Ada dua keuntungan menggunakan obat batuk alami :

Tidak Mengandung Bahan Kimia

Yang pertama adalah tidak mengandung bahan kimia. Obat batuk alami terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak memiliki kandungan senyawa berbahaya. Jadi, ibu hamil akan tetap aman jika mengkonsumsi obat batuk alami.

Memberikan Manfaat Lain Untuk Tubuh

Yang kedua adalah memberikan manfaat lain untuk tubuh. Obat batuk untuk ibu hamil yang alami terbuat dari bahan-bahan dengan beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Contohnya adalah ramuan air lemon. Selain untuk menyembuhkan batuk, kandungan vitamin C di dalam lemon juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari ibu hamil dan janin.

Kamu ingin tips menarik lain untuk menjaga kesehatan kamu? Dapatkan selengkapnya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee di Google Play Store maupun App Store agar kamu mendapatkan rekomendasi suplemen terbaik.