Olahraga Setelah Makan Apakah Boleh?

Ditinjau oleh : dr. Amanda Ismoetia
Sudah banyak orang yang merasakan sakit perut ketika berolahraga, bahkan hingga sampai muntah. Pemicunya bisa berbagai macam hal, namun ada salah satu faktornya yaitu tak ada jeda waktu cukup antara olahraga dan makan. Jika kamu tidak mengatur waktu olahraga setelah makan, maka bisa membuat badan tidak enak.

Panduan Mengatur Waktu Paling Tepat Olahraga Sesuai Makan

Kamu bisa saja menghindari sensasi yang tidak mengenakan dengan mengatur jeda waktu makan dengan olahragamu. Dengan begitu, tidak ada alasan enggan berolahraga karena seusai makan. Tetapi perlu tahu juga panduan lebih tepatnya untuk mengatur waktu antara kegiatan olahraga dengan waktu makan.

· Jeda waktu paling aman adalah 3 jam

Lebih baik kamu memberi jeda waktu 3 jam atau setidaknya 2 jam setelah makan sebelum kamu mulai berolahraga. Tetapi lebih lama akan lebih baik jika porsi makanmu besar. Menata waktu seperti ini bisa berpengaruh besar kepada hasil olahragamu. Hal tersebut karena makan yang terlalu banyak serta dekat waktunya dengan kegiatan olahraga, bisa merusak tujuan olahraga yang kamu lakukan.

Kapan saja waktu olahragamu baik saat pagi atau sore hari, kamu perlu memberi jeda. Sementara waktu yang dibutuhkan yaitu setidaknya 2 hingga 3 jam seusai kamu makan. Alasannya, ketika melakukan kegiatan fisik yang berat dengan makanan yang memenuhi perutmu, maka akan membuat kita merasa lebih lesu. Selain itu, cenderung juga olahraga setelah makan bisa menyebabkan kita sering sakit perut.

· Makan makanan ringan sebelum berolahraga

Makanan ringan yang dimaksud di sini lebih baik yang sehat agar bisa menyehatkan tubuh kamu. Jika jeda waktu terakhir makan dengan waktu berolahraga dirasa cukup jauh, maka kamu disarankan menyantap makanan yang ringan saja. Konsumsi makanan ringan tersebut  bisa sejam sebelum kamu berolahraga. Hal ini diperlukan untuk bisa mengisi tenagamu.

Kamu bisa pilih makanan ringan yang sehat dan terdiri dari karbohidrat dan juga sedikit protein. Lebih baik makanan ringan tersebut tidak lebih dari 200 kalori. Contohnya konsumsi beberapa biskuit oat saja, kurma, protein bar, atau almond. Dengan begitu, kamu memiliki tenaga lebih untuk melakukan kegiatan fisik.

· Jangan lupa sarapan ketika ingin olahraga pagi hari

Bahkan ketika ingin olahraga saat pagi hari juga perut kamu tidak boleh kosong. Kamu bisa mengkonsumsi menu sarapan ringan yang sehat sebagai bahan bakar terbaik. Bahkan tepat usai bangun pagi. Mungkin hal satu ini awalnya terkesan merupakan kebiasaan yang sulit untuk bisa mengisi perut langsung ketika baru bangun.

Tetapi kebiasaan ini sangatlah penting agar bisa memberi tubuh kamu bahan bakar untuk berolahraga. Agar lebih mudah, kamu bisa saja makan roti dengan selai, greek yogurt bisa dipadukan dengan tambahan granola. Bisa juga konsumsi beberapa potong buah-buahan, atau smoothie dari buah seperti smoothie pisang.

Tetapi kebiasaan ini sangatlah penting agar bisa memberi tubuh kamu bahan bakar untuk berolahraga. Agar lebih mudah, kamu bisa saja makan roti dengan selai, greek yogurt bisa dipadukan dengan tambahan granola. Bisa juga konsumsi beberapa potong buah-buahan, atau smoothie dari buah seperti smoothie pisang.

Tim dokter Jovee, dr. Amanda Ismoetia menambahkan, kebiasaan bergerak berlebihan atau langsung tidur sesaat setelah makan dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan yang serius, contohnya adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) penyakit asam lambung yang disebabkan karena lemahnya katup bagian atas lambung. GERD dapat terjadi akibat gaya hidup yang buruk, contohnya adalah berbaring sesaat setelah makan dan aktivitas berlebihan setelah makan. Maketap duduklah setelah makan berikan jeda tubuh mencerna makanan minimal 20 menit, sebelum benar-benar kembali beraktivitas.

Dengan beberapa bahasan di atas, kamu sudah bisa tahu waktu yang paling tepat untuk olahraga di sela waktu makan. Jangan sampai mengalami sensasi yang tidak nyaman saat berolahraga. Jika benar mengatur waktu olahraga setelah makan, maka kamu bisa mendapatkan tubuh sehat.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan yang lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi produk suplemen. Dapatkan pilihan suplemen vitamin terbaik hanya dari Ngovee. Sekian saja dan semoga bisa bermanfaat.