Penetrasi Bebas Rasa Sakit Saat Malam Pertama

Ditinjau oleh : dr. Irma Lidia
Setelah menikah, hal yang paling mendebarkan adalah saat malam pertama. Banyak pasangan muda yang merasa gugup hingga takut untuk melewati malam pertama sebagai suami istri. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang hubungan seks tanpa rasa sakit. Sebelum itu, penting untuk mengetahui apa itu penetrasi saat berhubungan seksual.

Apakah Penetrasi Itu?

Dalam bahasa sederhana, penetrasi adalah memasukkan alat kelamin laki-laki (penis) ke dalam alat kelamin wanita (vagina). Penetrasi dilakukan selama hubungan seksual berlangsung hingga terjadi ejakulasi. Sedangkan dalam bahan edukasi, penetrasi adalah proses memasukkan sel-sel sperma ke dalam rahim wanita agar terjadi pembuahan pada sel telur.

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Malam Pertama

Banyak wanita terlalu khawatir untuk menghadapi malam pertama yang “katanya” menyakitkan. Padahal pengalaman malam pertama bagi setiap wanita dapat berbeda, ada wanita yang memiliki selaput dara dan ada yang tidak memiliki selaput dara. Rasa sakit dapat disebabkan oleh sobeknya selaput dara saat malam pertama.

Namun rasa sakit juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pemanasan sehingga vagina tidak terlubrikasi secara alami, atau kecemasan berlebih sehingga otot vagina menjadi lebih tegang. Oleh sebab itu, beberapa cara berikut ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi rasa sakit saat malam pertama:

1. Santai dan Hilangkan Kecemasan

Rasa cemas dan rasa takut sering kali sulit dihindari dan diabaikan, padahal perasaan santai dan nyaman sangat penting saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kali. Rasa cemas dapat meningkatkan resiko kejang otot hingga kram pada vagina, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit saat terjadi penetrasi.

Anda dapat mengurangi kecemasan dengan menyetel musik santai. Anda juga dapat menggunakan minyak aroma terapi agar pikiran Anda menjadi lebih rileks saat menghadapi malam pertama.

2. Komunikasikan dengan Pasangan

Jangan ragu untuk berkomunikasi seputar malam pertama dengan pasangan atau calon suami. Anda dan pasangan harus saling mencoba untuk mengerti satu sama lain. Hal ini sangatlah penting agar kepuasan dapat tercapai untuk kedua belah pihak. Selalu utarakan apa yang sedang Anda rasakan dan Anda pikirkan kepada pasangan.

3. Lakukan Foreplay lebih lama

Sama halnya dengan apa itu penetrasi? Apa itu Foreplay juga penting untuk diketahui. Foreplay adalah pemanasan yang dilakukan sebelum penetrasi. Foreplay biasanya berupa ciuman, pelukan, atau kata-kata rayuan yang dilakukan bersama pasangan sebelum menuju ke babak selanjutnya yaitu penetrasi.

Banyak orang yang menganggap remeh soal foreplay, padahal pemanasan adalah bagian penting agar pasangan menjadi lebih rileks dan memiliki hasrat yang sama untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Usahakan untuk melakukan foreplay dengan durasi yang lebih lama agar dapat mengurangi rasa sakit ketika melakukan penetrasi.

4. Tidak Terburu-buru

Cara untuk mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual adalah dengan tidak terburu-buru. Anda dan pasangan harus menikmati proses secara perlahan. Hal ini akan membuat pasangan menjadi lebih santai dan nyaman. Perasaan nyaman membuat kondisi vagina tidak tegang dan mudah untuk melakukan penetrasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

5. Gunakan Pelumas

Kondisi vagina setiap wanita berbeda-beda, beberapa wanita tidak memiliki cairan lubrikasi alami dalam jumlah banyak. Sehingga kadang membuat penetrasi terasa menyakitkan, Anda dapat menggantinya dengan pelumas. Apa itu penetrasi sudah Anda ketahui, maka Anda dapat menghadapi malam pertama dengan lebih rileks untuk mengurangi rasa sakit.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, agar para pasangan melakukan seks dengan aman. Setelah melakukan hubungan, bersihkan area genital (bukan bagian dalam vagina) dan buang air kecil dengan tujuan mengosongkan kandung kemih. Dengan demikian, dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi saluran kemih. 

Ingin tahu informasi selengkapnya? Unduh aplikasi Ngovee melalui Playstore maupun Appstore. Dapatkan beragam informasi terbaru dan terlengkap di Ngovee.