Perhatikan! Makanan Yang Menyebabkan Kista

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Salah satu penyakit yang kerap kali menyerang wanita ialah kista ovarium. Penyakit ini merupakan penyakit yang muncul karena adanya kantong yang tumbuh dengan berisikan cairan pada area indung telur wanita atau ovarium. Penyakit ini kerap menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar wanita zaman sekarang.

Tak heran makanan penyebab kista haruslah dihindari, untuk mencegah timbulnya kista dalam ovarium. Kista yang tumbuh dan membesar dapat berakibat pada rasa sakit dan dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit lainnya yang lebih berbahaya bagi kesehatan.

Makanan Yang Menyebabkan Kista

Kista dapat tumbuh karena konsumsi makanan tertentu yang memicu timbulnya penyakit kista tersebut. Nah, berikut beberapa makanan penyebab kista yang perlu diketahui, supaya nantinya dapat dikurangi atau dihindari. Apa saja jenis makanan tersebut?

· Daging merah

Penelitian yang dilakukan oleh ahli menjelaskan bahwa terdapat pengaruh konsumsi makanan berupa daging sapi pada pertumbuhan kista dalam tubuh. Konsumsi daging sapi menjadi salah satu pemicu yang membuat kista tumbuh di area ovarium, sehingga dengan mengurangi dan menghindarinya dapat menjadi alternatif untuk mencegah timbulnya kista.

· Roti tawar

Makanan lain yang dapat memicu timbulnya kista ialah roti tawar. Hal ini karena kandungan karbohidrat olahan yang telah diproses secara tertentu yang mana menyebabkan timbulnya resistensi insulin pada tubuh. Resistensi itu tadi menyebabkan adanya peningkatan pada hormon testosteron dalam tubuh wanita. Namun, belum ada penelitian lebih mendalam tentang hal ini

· Makanan junk food

Walau kini banyak tersedia makanan cepat saji, namun tidak semuanya aman, karena terdapat banyak junk food seperti kentang goreng, sosis maupun bakso yang mana memiliki kandungan lemak tinggi sehingga dapat memicu inflamasi pada jaringan tubuh. Hal tersebut juga memacu hormon menjadi lebih tinggi yang mana tidak baik bagi penderita kista.

· Kentang goreng atau french fries

Hampir sama seperti di atas, kini banyak dijumpai makanan kentang goreng atau french fries yang mudah disajikan. Padahal dengan konsumsi kentang berlebih rupanya mampu memicu resistensi insulin dalam tubuh, sehingga kurang baik bagi penderita kista.

· Makanan maupun minuman yang memiliki kandungan gula tinggi

Bagi penggemar makanan minuman manis, saat ini harus lebih hati-hati, karena kadar gula yang terdapat dalam makanan maupun minuman manis tersebut dapat mengakibatkan kadar gula darah pada tubuh menjadi meningkat. Tentunya hal tersebut berpengaruh pada tidak seimbangnya kadar hormon yang menyebabkan terjadinya kista ovarium pada wanita.

Makanan Baik Untuk Penderita Kista

Bagi pengidap penyakit kista, terdapat beberapa makanan yang kiranya dapat dikonsumsi secara rutin untuk mencegah kista mengalami pembengkakan yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Apa saja makanan yang baik untuk penderita kista tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

· Bawang putih

Sebagai salah satu rempah-rempah dan juga bumbu dapur. Bawang putih diyakini memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi penderita kista. Pasalnya anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu penyembuhan bagi penderita kista dengan konsumsi yang rutin.

· Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat banyak. Tentunya hal tersebut sangat baik bagi dikonsumsi penderita kista. Daging salmon sendiri punya kategori indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu dalam peningkatan hormon androgen yang terdapat pada wanita.

Hormon tersebut dapat membantu dalam proses penyembuhan dengan mengurangi rasa sakit serta membantu dalam proses pencegahan penyakit kista yang diderita perempuan.

Demikian tadi informasi sekilas mengenai makanan penyebab kista dan juga makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita kista. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan suplemen dengan mengunduh aplikasi Ngovee pada Google Play Store maupun App Store. Ingat, kesehatan ingat Ngovee.