Ragam Nutrisi Yang Terkandung Pada Udang

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Bagi masyarakat luas, udang merupakan salah satu makanan favorit yang dapat diolah dengan beragam racikan dan cita rasa yang tentunya menggugah selera. Tidak hanya rasanya yang enak, kandungan udang juga dinilai baik untuk nutrisi otak. Maka tidak heran jika banyak ditemui sajian udang yang ada di sepanjang jalan ketika malam hari.

Udang jadi salah satu makanan yang banyak digemari karena cara pengolahannya yang cukup beragam. Udang diketahui dapat diolah dengan cara digoreng dengan bumbu tertentu. Selain itu, mudah juga dapat dibakar, dikukus ataupun dijadikan topping salad atau bahkan makanan tambahan seperti pada bakwan, kerupuk udang serta terasi.

Meskipun ukurannya yang cenderung kecil, akan tetapi udang ini punya nutrisi dan kandungan gizi yang cukup melimpah, yang mana punya manfaat yang cukup penting bagi organ tubuh manusia. Nah, bila udang jadi salah satu makanan favorit pembaca, berikut akan dipaparkan kandungan gizi dan juga manfaat dari udang ini bagi tubuh manusia.

Mengenal Udang

Nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, S. Gz., menambahkan udang merupakan salah satu pilihan makanan yang memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat baik. Udang dapat menjadi pilihan protein yang lebih sehat untuk pengganti daging merah, kecuali bagi yang memiliki reaksi alergi pada protein udang. 

Satu porsi udang yang baik untuk sekali makan ialah sebanyak 35-40 gram atau 5-6 ukuran biasa atau 3-4 ukuran besar, mengingat udang memiliki kolesterol yang cukup tinggi.

Cara mengolah udang yang sehat dapat dilakukan dengan cara dikukus, ditumis, dan dipanggang. Hindari menggoreng atau membakar dalam suhu tinggi dan menggunakan lemak yang terlalu banyak.

Kandungan Gizi Udang

Udang merupakan hewan laut yang cenderung baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena terdapat kandungan udang yang memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga pemeliharaan tubuh supaya tetap sehat dan terjaga dari penyakit. Apa saja kandungan gizi tersebut? Berikut kandungan gizi per 100 gram berat udang yang dapat dimakan.

  • Kalori sebesar 91 kkal atau 4,23% dari nilai AKG
  • Karbohidrat sebesar 0,10 gram atau sekitar 0,03% dari nilai AKG
  • Protein sebesar 21 gram atau sekitar 35% dari nilai AKG
  • Kalium sebesar 222,40 mg atau sekitar 4,73% dari nilai AKG
  • Kalsium sebesar 136 mg atau sekitar 12,36% dari nilai AKG
  • Natrium sebesar 178 mg atau sekitar 11,87% dari nilai AKG
  • Tembaga sebesar 300 mcg atau sekitar 37,50% dari nilai AKG
  • Seng (Zinc) sebesar 1,30 mg atau sebesar 10% dari nilai AKG
  • Besi sebesar 8 mg atau sebesar 36,36% dari nilai AKG
  • Vitamin A sebesar 18 mcg atau sekitar 3% dari nilai AKG
  • Vitamin B3 sebesar 3,70 mcg atau sekitar 24,67% dari nilai AKG

Manfaat Konsumsi Udang

Makanan laut atau seafood dikenal memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya udang. Berikut beberapa manfaat dari konsumsi udang bagi tubuh.

  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang

Kalsium yang terkandung pada udang sangat efektif untuk memelihara kesehatan dari tulang dan gigi. Kalsium yang terkandung juga membantu meningkatkan produksi hormon dan efektif dalam membekukan darah pada luka.

  • Membentuk jaringan sel dalam tubuh

Protein yang terkandung dalam tubuh baik dalam proses membentuk jaringan sel yang ada dalam tubuh. Protein dalam udang juga baik bagi tubuh untuk menunjang produksi dari hormon serta enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bekerja.

  • Memelihara kesehatan jantung

Seperti halnya makanan laut lainnya, udang juga memiliki kandungan omega-3 dan juga omega-6 yang tinggi. Dimana kedua nutrisi tersebut memiliki peran yang penting dalam memelihara kesehatan jantung agar tetap terjaga dan bekerja optimal dalam tubuh.

Itulah penjelasan sekilas mengenai kandungan udang serta ragam manfaat yang diperoleh dari konsumsi udang. Konsumsi udang yang cukup dan tidak berlebih dapat memberikan manfaat dan memelihara fungsi organ dalam tubuh

Jaga selalu stamina setiap hari dengan kebutuhan suplemen yang diunduh aplikasi Ngovee pada Google Play Store maupun App Store. Ingat, kesehatan, ingat Ngovee.