Seberapa Bahaya Obat Kuat untuk Kesehatan Pria?
Dr. Fala Adinda

Obat kuat biasanya menjadi pilihan bagi para pria untuk mendapat stamina lebih di ranjang. Produk ini seringkali digunakan oleh mereka yang ingin bercinta dengan pasangan lebih lama. Namun tahukah kamu, beberapa jenis obat kuat yang biasa ditemui di toko pinggir jalan sejatinya hanya bisa dikonsumsi menggunakan resep dokter?

Oleh karena itu, bagi kamu yang akan membeli obat kuat sebaiknya berhati-hati terlebih dahulu. Jika konsumsinya dilakukan secara sembarangan tanpa menggunakan resep dari dokter, maka hal ini dapat memicu munculnya berbagai bahaya yang tentunya tidak diinginkan.


Apa Saja Bahaya Obat Kuat Bagi Kesehatan Pria?

Obat kuat memang bermanfaat untuk membantu para pria yang agar memiliki tenaga lebih saat bercinta. Namun tetap saja, penggunaan dengan dosis yang salah hingga berlebih akan sangat berbahaya. Berikut adalah beberapa dampak bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan obat kuat bagi pria:

Memicu Munculnya Berbagai Efek Samping Ringan

Penggunaan obat-obatan tentu tidak akan terlepas dari efek samping. Begitu juga halnya dengan obat kuat. Penggunaan obat kuat secara rutin ternyata mampu menimbulkan beberapa efek samping. Beberapa efek samping dari obat kuat antara lain:

  • Perubahan penglihatan
  • Sakit kepala
  • Sakit punggung
  • Hidung tersumbat

Beberapa jenis efek samping ini memang hanya terjadi kepada beberapa orang saja. Walaupun begitu penggunaan obat kuat dengan dosis yang salah tentu sangat tidak dianjurkan. Para pria yang memiliki penyakit jantung juga harus menghindari penggunaan obat ini karena efek samping yang dihasilkannya akan menjadi lebih parah.

Munculnya Ereksi Berkepanjangan

Penggunaan obat kuat secara terus menerus juga dapat memicu ereksi berkepanjangan. Secara umum ereksi yang sehat membutuhkan tiga aspek antara lain aliran darah yang sehat, adanya gairah seksual (libido) dan juga sistem saraf yang sehat.

Jika arus darah yang mengalir ke daerah penis tidak lancar akibat pembuluh darahnya yang sempit, maka hal ini dapat menjadi penyebab utama disfungsi ereksi. Konsumsi obat kuat secara sembarangan untuk mengatasi permasalahan ini justru akan menambah efek samping yang berbahaya yaitu priapismus.

Priapismus sendiri merupakan suatu kejadian dimana ereksi berlangsung terlalu lama bahkan hingga lebih dari empat jam. Ereksi ini juga muncul dengan sendirinya tanpa dipicu oleh gairah sama sekali.


Nyeri pada Bagian Tubuh dan Otot

Penggunaan obat kuat berkepanjangan juga dapat memicu nyeri dan sakit otot pada tubuh. Beberapa penelitian melaporkan bahwa nyeri paling spesifik seringkali terjadi pada daerah punggung. Menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas memang sangat membantu, namun untuk mencegah berbagai penyakit lain, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter ahli.


Lalu Bagaimana Cara Mencegahnya?

Obat kuat memang sangat efektif dalam memberikan kekuatan stamina dan menambah gairah bercinta. Sayangnya penggunaan secara terus menerus justru memberikan dampak buruk. Untuk mencegah munculnya berbagai bahaya dari penggunaan obat kuat ini, maka ada berbagai solusi alternatif yang bisa dilakukan. Apa saja itu?

Lakukan Latihan Fisik Secara Rutin

Melakukan latihan fisik secara rutin terbukti mampu meningkatkan stamina pria dalam bercinta. Beberapa aktivitas fisik ringan seperti jogging, berenang, yoga, dan bersepeda juga mampu menurunkan disfungsi ereksi hingga 41%. Oleh karena itu untuk meningkatkan stamina ketika berhubungan seksual, maka jangan lupa untuk berolahraga secara rutin.


Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan merokok ternyata dapat mengganggu aliran darah pada tubuh sehingga terjadi disfungsi ereksi karena aliran darah ke penis tersumbat. Daripada menggunakan obat kuat, maka berkonsultasi langsung dengan dokter adalah langkah yang terbaik.


Jaga Berat Badan Ideal

Pria dengan berat badan berlebih dan lingkar pinggang yang besar memiliki risiko disfungsi ereksi yang lebih tinggi. Oleh karena itu untuk menghindari konsumsi obat kuat, maka kamu harus menjaga tubuh agar tidak mengalami disfungsi ereksi.

Kelebihan lemak yang disebabkan oleh berat badan yang berlebih mampu mengganggu kerja hormon seks di dalam tubuh sehingga penis akan sulit berereksi ketika bercinta.


Jika kamu mengalami masalah disfungsi ereksi, maka jangan terburu-buru untuk meminum obat kuat. Melihat efek samping yang dihadirkannya sangat merugikan, maka sangat penting untuk mengetahui asal penyebab penyakitnya terlebih dahulu. Menjaga kesehatan merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan seksual.

Obat kuat yang dijual di pasaran dan dikonsumsi tanpa resep dokter memang sangat merugikan. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan suplemen atau multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan dosis dan rekomendasi yang sesuai saat ini tidak sulit lagi. 

Di aplikasi Jovee semuanya bisa dilakukan dengan mudah karena rekomendasi suplemen akan disesuaikan dengan pola makan, riwayat penyakit, dan juga gaya hidup yang kamu miliki.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Cek selengkapnya hanya di Ngovee.

Mulai hidup sehat dengan mengunduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store 

Diedit oleh: Aileen Velishya