Seberapa Sering Idealnya Berhubungan Intim Dalam Seminggu?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia 

Berhubungan intim merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh sepasang suami istri. Tak hanya sebagai kegiatan reproduksi setelah melangsungkan perkawinan, berhubungan intim juga punya banyak manfaat bagi fisik dan psikis pasangan. Lantas, hubungan intim sebaiknya seminggu berapa kali sehari dilakukan?

Pertanyaan tadi umum terdengar di antara pasangan yang baru saja menikah ataupun yang telah lama menikah. Seperti yang diketahui, intensitas dalam bercinta dapat memengaruhi kebahagiaan dalam berumah tangga, sehingga melakukan dalam intensitas yang tepat dapat memberikan dampak yang baik bagi jalannya suatu rumah tangga.

Namun, sering kali terdapat banyak faktor yang menyebabkan kegiatan bercinta tidak dapat dilakukan dengan rutin sesuai waktunya. Terkadang faktor seperti kepadatan jadwal pekerjaan, kemudian kondisi tubuh dan stamina setelah lelah beraktivitas harian, serta keadaan lingkungan menjadi halangan dalam melakukan kegiatan bercinta dengan rutin.

Oleh karena itu, akan dijelaskan lebih lanjut perihal intensitas dari idealnya berhubungan intim yang dilakukan selama seminggu? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Intensitas Berhubungan Intim

Menurut pendapat dari seorang psikolog bernama Dr. Phil McGraw dari University of North Texas, menjelaskan bahwa tidak ada jumlah pasti dalam menentukan intensitas berhubungan intim. Namun, perlu adanya pembicaraan pribadi terkait hal tersebut kepada pasangan untuk menentukan waktu yang tepat di tengah kesibukan yang sering kali menyita waktu.

Adapun pendapat lain dari Boldsky menjelaskan bahwa kegiatan seks dengan pasangan yang dilakukan berdasarkan usia dapat dikategorikan intensitasnya sebagai berikut:

·         Rentang usia 18-29 tahun

Pada usia lazimnya menikah ini, frekuensi berhubungan intim dalam seminggu sebaiknya dilakukan kurang lebih sebanyak 2-3 kali, yang mana secara rata-rata sekitar 112 kali dalam setahunnya.

·         Rentang usia 30-39 tahun

Pada rentang usia 30-39 tahun tak jarang dijumpai perubahan pada rumah tangga yang membuat kegiatan bercinta tidak lagi bergairah seperti di awal. Namun, guna menjaga keharmonisan rumah tangga, hubungan badan sebaiknya dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggunya.

·         Rentang usia 40-49 tahun

Pada usia matang antara 40-49 tahun, pasangan biasanya sudah mengurangi frekuensi dalam kegiatan seksnya. Baik dikarenakan kondisi lingkungan maupun pekerjaan. Sebaiknya, hubungan badan dilakukan 1 kali dalam seminggu.

·         Rentang usia 50-75 tahun ke atas

Seiring dengan semakin menuanya umur, sering kali diimbangi dengan gairah bercinta yang semakin menurun. Namun, kondisi yang banyak luang memberikan kesempatan pasangan suami istri untuk saling bercinta pada rentang usia senja ini. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan hubungan intim setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Maka, hubungan intim seminggu sebaiknya berapa kali sehari dapat dilakukan sesuai dengan pembicaraan yang intim dengan pasangan ataupun dengan menerapkan setiap rutinnya sesuai dengan umur pasangan. Dengan menjaga frekuensi bercinta secara ideal, maka dapat membantu menjaga keharmonisan dalam rumah tangga dengan baik.

Manfaat Bercinta Secara Rutin

Nah, selain menjaga keharmonisan, apa saja manfaat lain dari bercinta dengan pasangan secara rutin, berikut informasinya:

·         Mengurangi tingkat stres

Pada saat bercinta, tubuh mengeluarkan hormon kebahagiaan yang berupa endorphin dan dopamine yang mana membantu dalam mengurangi tingkat stres yang dirasakan.

·         Memudahkan untuk beristirahat

Banyak dijumpai ketika selesai berhubungan, pasangan akan mudah untuk tertidur. Hal tersebut dikarenakan adanya hormon prolaktin yang membuat tubuh mudah mengantuk sehingga istirahat menjadi lebih mudah.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan bahwa berapa kali bercinta memang tergantung dari kesepakatan masing-masing pasangan. Cobalah untuk saling terbuka tentang kebutuhan dan harapan masing-masing pasangan untuk mendapat titik tengah.

Itulah informasi mengenai hubungan intim sebaiknya seminggu berapa kali sehari yang telah dijelaskan berdasarkan usia pasangan, semoga dapat bermanfaat.

Ingin tahu lebih lagi seputar manfaat kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Ngovee. Download juga aplikasi Jovee untuk mendapatkan vitamin dan suplemen personal, hanya di Play Store dan App Store. Temukan vitamin terbaik dan terlengkap, dari A sampai Z(inc), di Jovee.