Sering Mengalami Mimpi Basah? Normal atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Pernahkah kamu bangun tidur dengan kondisi celana basah? Kalau bukan mengompol, kemungkinan besar kamu mengalami mimpi basah. Nah, mimpi basah biasanya juga dibarengi dengan mimpi-mimpi erotis yang memberikan kenikmatan seksual. Lalu apa penyebab mimpi basah?

Mimpi basah adalah ejakulasi yang terjadi ketika seseorang sedang tertidur. Ketika tidur, area seksual akan sangat sensitif karena darah mengalir lebih deras ke area seksual saat sedang tertidur. Ketika mengalami mimpi erotis, sangat mungkin terjadi ejakulasi tanpa stimulasi manual.

Mimpi basah biasanya dialami pertama kali saat menginjak usia remaja. Hal ini dikarenakan tubuh seorang remaja sedang mengalami perubahan hormon besar-besaran. Perubahan hormon ini membuat penis berkembang dan dibarengi juga dengan tumbuhnya rambut di area genital.

Meskipun begitu, mimpi basah juga bisa dialami oleh orang dewasa khususnya yang belum menikah dan tidak aktif secara seksual. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seringnya intensitas mimpi basah berkaitan erat dengan tingkat testosteron pada pria.

Penyebab Mimpi Basah

Mimpi basah kerap kali dialami oleh remaja yang sudah memasuki usia matang secara seksual tetapi tidak melakukan aktivitas seksual termasuk masturbasi. Penyebab mimpi basah pada pria dewasa umumnya terjadi karena jarang melakukan masturbasi dan tidak aktif secara seksual juga sering mengalami mimpi basah.

Hal ini mengindikasikan bahwa mimpi basah sangat erat kaitannya dengan ejakulasi. Jika seorang pria jarang berejakulasi atau mengeluarkan sperma, maka tubuh secara alami akan mengeluarkan sperma tersebut dengan mekanisme mimpi basah.

penyebab mimpi basah
Mimpi basah kerap kali dialami oleh remaja yang sudah memasuki usia matang. Lalu apakah hal yang menjadi penyebab mimpi basah?

Intensitas mimpi basah setiap orang sangat bervariasi. Hal tersebut tergantung dari seberapa tinggi tingkat testosteron, seberapa sering intensitas masturbasi atau aktivitas seksual yang dilakukan. Penelitian menyebutkan bahwa 70 persen pria berusia 21 – 25 tahun yang belum menikah pernah mengalami mimpi basah.

Apakah Perempuan Bisa Mengalami Mimpi Basah?

Mimpi basah tidak hanya terjadi pada pria. Perempuan juga dapat mengalami mimpi basah meskipun tidak betul-betul basah seperti pria. Biasanya, pria akan menyadari kalau mereka mengalami mimpi basah karena saat terbangun celananya betul-betul basah hasil dari ejakulasi yang mengeluarkan air mani.

Sedangkan perempuan tidak selalu mengalami ejakulasi saat merasakan orgasme. Hal inilah yang menyebabkan mimpi basah pada perempuan tidak benar-benar basah. Tetapi, sebuah penelitian membuktikan bahwa mayoritas perempuan mengalami mimpi basah pertamanya sebelum usia 21 tahun.

Tidak seperti pria yang perlu stimulasi untuk mengeluarkan sel reproduksi atau sperma. Perempuan yang sehat akan mengeluarkan sel telur secara rutin, yaitu satu bulan sekali. Sel telur pada perempuan akan keluar dari ovarium menuju uterus untuk menunggu dibuahi. Jika tidak dibuahi, maka akan terjadilah menstruasi yang meluruhkan dinding rahim berbarengan dengan sel telur yang sudah keluar dari ovarium.

Mengalami Mimpi Basah adalah Normal

Mimpi basah merupakan peristiwa normal baik pada pria maupun perempuan. Pada pria yang tidak aktif secara seksual dan jarang melakukan masturbasi, mimpi basah justru bisa menjadi indikasi kalau seorang pria sehat secara seksual.

Bagi perempuan, mimpi basah seringkali diidentikkan dengan keinginan yang tinggi untuk melakukan aktivitas seksual. Meskipun tabu, tetapi keinginan perempuan secara seksual adalah normal dan indikasi bahwa kandungan hormon di dalam tubuhnya dalam keadaan baik.

Jika kamu khawatir karena terlalu banyak mengalami mimpi basah, pertimbangkan untuk melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur seperti membaca buku. Kurangi melihat sesuatu yang bisa memancing gairah seksual.

Kalau kamu merasa intensitas mimpi basahmu sudah cukup mengganggu karena terlalu sering, mungkin kamu bisa menghubungi dokter atau psikolog agar bisa dibantu secara profesional untuk menemukan masalah yang kamu alami.

Tidak Pernah Mengalami Mimpi Basah

Ada beberapa orang yang tidak mengalami mimpi basah sama sekali. Hal ini bisa jadi dikarenakan ia sudah melakukan masturbasi saat mengalami kematangan seksual.

Mimpi basah tidak bisa dijadikan indikasi seseorang normal atau tidur. Jika kamu melakukan masturbasi dan masih bisa ejakulasi yang mengeluarkan air mani, maka bisa diambil kesimpulan bahwa kamu normal.

Mitos-mitos Seputar Mimpi Basah

Banyak sekali mitos seputar mimpi basah yang dipercaya oleh orang-orang. Berikut ini tim Ngovee akan merangkum mitos-mitos yang tidak benar secara ilmiah:

1.       Mimpi basah mengurangi jumlah sperma pada pria

Tidak. Sperma diproduksi setiap hari oleh pria normal. Tidak mungkin jumlah sperma berkurang hanya karena mengalami mimpi basah. Penyebab sperma berkurang biasanya adalah genetik, usia dan kurangnya kadar hormon.

2.       Mimpi basah hanya terjadi saat pubertas

Ini juga adalah sebuah mitos yang tidak punya landasan fakta ilmiah. Mimpi basah bisa dialami oleh semua orang dari segala usia. Hanya saja memang yang lebih sering mengalami mimpi basah adalah remaja pubertas yang belum aktif secara seksual.

3.       Mimpi basah adalah indikator kelemahan dalam bercinta

Sama sekali tidak benar. Kuat atau tidaknya seseorang dalam bercinta ditentukan oleh banyak faktor. Dan mimpi basah bukan satu di antaranya.

4.       Mimpi basah membuat penis jadi kecil

Beberapa orang percaya bahwa mimpi basah mengurangi ukuran penis seseorang. Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk ini. Tidak ada penyakit, kondisi, atau kejadian alam yang akan menyebabkan organ reproduksi pria menyusut.

5.       Mimpi basah selalu berhubungan dengan mimpi erotis

Oke, memang sering kali mimpi basah adalah mimpi-mimpi erotis yang membuat orangnya merasa sedang dalam aktivitas seksual. Tetapi, tidak selalu. Mungkin saja orang mengalami mimpi basah tanpa mimpi erotis.

6.       Mimpi basah pertanda seseorang sedang berhubungan dengan makhluk halus

Secara ilmiah, mimpi basah adalah peristiwa alami karena ada peningkatan hormon seksual dan aliran darah yang lebih lancar di area genital ketika sedang tertidur. Bagaimanapun, makhluk halus tidak terbukti secara ilmiah dapat mempengaruhi manusia.

Nah, itulah beberapa info yang bisa dikumpulkan oleh tim Ngovee seputar apa itu mimpi basah dan penyebab mimpi basah. Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan di sini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Ditulis oleh: Fadel Yafie 

Referensi:

Medical News Today, Everything you need to know about wet dreams.

Healthline, Can Women Have Wet Dreams, Too? And Other Questions Answered.

Verywell Health, What Wet Dreams During Sleep Mean to Sexual Health.