Sudah Tahu Cara Membersihkan Kacamata Yang Benar?

Sebagai salah satu benda yang banyak digunakan oleh manusia, kacamata tidak jarang terpapar debu, kotoran bahkan bakteri yang mana menempel pada saat beraktivitas. Maka, membersihkan kacamata harus dilakukan, supaya menjaga mata tetap bersih. Lantas, bagaimana cara membersihkan kacamata dengan benar?

Banyak orang yang masih belum sepenuhnya mengerti cara yang benar dalam membersihkan kacamata. Karena ketidaktahuan akan cara membersihkan kacamata, justru malah membuat kacamata menjadi blur atau semakin kotor. Oleh karena itu, berikut dijelaskan cara yang benar dalam membersihkan kacamata.

Cara Membersihkan Kacamata

Dalam membersihkan kacamata, ada baiknya perlu memperhatikan bagian tertentu yang sensitif dengan sentuhan, seperti halnya lensa pada kacamata. Karena umumnya, lensa kacamata mudah sekali untuk tergores, sehingga mengakibatkan kacamata tidak dapat berfungsi dengan normal sebagaimana sebelumnya.

Nah, berikut dijelaskan cara membersihkan kacamata dengan benar yang aman dilakukan secara mandiri di rumah. Langsung saja simak informasinya di bawah ini:

· Mencuci tangan sebelum membersihkan kacamata

Sebelum membersihkan kacamata, maka pastikan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan Anda pada air yang mengalir dengan sabun terlebih dahulu. Sehingga pada saat memegang area penting seperti lensa, maka debu yang menempel pada tangan tidak ikut tertempel pada lensa yang mengakibatkan lensa menjadi buram atau tergores.

· Basahi lensa menggunakan air yang mengalir

Cara terbaik dalam membersihkan lensa kacamata yakni dengan menempatkannya di bawah keran dengan air yang mengalir. Usahakan air yang mengalir tidak dalam kondisi deras, sehingga pembilasan dapat dilakukan secara optimal. Bila perlu, gunakan air hangat atau tidak terlalu panas guna memudahkan debu pada lensa hilang bersamaan dengan air yang mengalir.

· Menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kacamata

Gunakan cairan khusus untuk membersihkan kacamata dengan cara menyemprotkannya pada lensa kacamata. Semprotkan dan usap secara merata pada lensa. Bisa juga menggunakan sabun cuci piring dengan jumlah yang sedikit, lalu usap secara merata pada bagian lensa dan bagian lain di kacamata seperti sudut frame, nose pad dan bantalan telinga.

· Bilas menggunakan air yang mengalir

Setelah diusap sabun cuci piring atau cairan pembersih kacamata secara merata, maka mulailah untuk membilas kacamata dengan perlahan dan pastikan untuk menghilangkan kotoran maupun noda yang sekiranya masih menempel. Bilas secara merata setiap bagian kacamata guna mendapatkan hasil yang optimal.

· Mengeringkan kacamata

Sebagai langkah terakhir, kacamata mulai dikeringkan menggunakan kain yang benar-benar bersih, lembut dan juga belum digunakan sebelumnya. Hal ini sangat penting guna menjaga lensa kacamata terkena goresan akibat adanya benda keras yang menempel. Pastikan juga bersih, sehingga debu dan kotoran tidak menempel pada lensa kacamata.

Tips Menjaga Kacamata Supaya Tetap Bersih

Penting juga bagi pengguna kacamata untuk selalu menjaga kacamata agar senantiasa bersih dan terhindar dari debu. Caranya dengan rajin-rajin mengusap lensa dengan baik menggunakan kain halus dan lembut seperti microfiber, baik sebelum maupun sesudah kacamata digunakan.

Lain daripada itu, penting juga untuk selalu menyimpan kacamata di tempat yang benar, seperti pada box kacamata dengan diselimuti oleh kain microfiber guna melindungi dari debu maupun kotoran yang menempel. Pastikan juga untuk meletakkan lensa dengan menghadap atas untuk menjaga keadaan lensa supaya tetap baik.

Sekian tadi informasi tentang cara membersihkan kacamata serta tips menjaga kacamata tetap bersih.

ketahui info kesehatan menarik lainnya di Ngovee. Unduh juga aplikasi Ngovee pada Google Play Store maupun App Store. Guna mendapatkan pilihan vitamin terbaik.