Temukan 7 Manfaat Berlari Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Melakukan jogging atau berlari secara rutin mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik itu dari kesehatan jantung, suasana hati yang lebih bahagia, bahkan sampai dengan kesehatan mental. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda secara rutin melakukan olahraga berlari. Untuk itu bagi Anda yang ingin menemukan jenis olahraga terbaik maka berlari adalah pilihannya.

Anda memang selalu dianjurkan untuk melakukan olahraga berlari karena selain mudah dilakukan berlari juga menjadi pilihan terbaik karena menyimpan banyak manfaat. Meskipun hampir semua olahraga mampu memberikan banyak kelebihan, namun setidaknya olahraga lari menjadi pilihan yang paling tepat untuk dilakukan secara rutin.

Manfaat Berlari Bagi Kesehatan Tubuh 

Kebanyakan dari orang akan merasa malas untuk melakukan olahraga karena beberapa faktor salah satunya yaitu kesibukan yang dimilikinya. Namun jika sekiranya Anda menginginkan tubuh yang sehat dan bugar tentunya harus menghilangkan rasa malas tersebut. Jika sekiranya Anda merasa malas maka lihatlah beberapa manfaat berlari bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini, dirangkum oleh Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya:

1. Dapat Menciptakan Suasana Bahagia

Suasana bahagia dalam hati dapat tercipta bagi diri seseorang yang secara rutin melakukan olahraga. Bagi diri seseorang yang seringkali merasa stres akibat rutinitas yang dilakukannya atau sedang mengalami banyak masalah, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga sebagai solusinya. Jika dibandingkan melakukan aktivitas lain. Saat sedang stres maka Anda disarankan untuk melakukan olahraga saja.

Salah satu alasannya yaitu pada saat tubuh berlari maka akan merangsang untuk meningkatkan produksi pada hormon endocannabinoid pada jumlah yang jauh lebih besar. Sementara untuk hormon tersebut bertugas supaya membuat hati dan perasaan merasa lebih senang. Untuk efek yang didapatkan pun juga sama ketika tubuh melakukan respon rangsangan ke dalam tubuh.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berat badan dapat diturunkan dengan mudah melalui olahraga lari yang dilakukan. Selain itu tubuh juga akan merasakan kebugaran dan sehat karena lemak dapat terbakar dengan cepat. Pada saat berlari, lemak-lemak yang ada di dalam tubuh memang dapat dihilangkan. Terlebih lagi setelah Anda melakukan sesi lari. Namun perlu diketahui bahwa olahraga lari tidak akan memberikan manfaat secepat kilat, sehingga harus dilakukan secara rutin.

3. Dapat Menajamkan Otak

Seiring bertambahnya usia, maka akan mengalami penurunan pada bagian fungsi kognitif otak. Oleh karena itu semakin bertambahnya usia maka diri seseorang akan sulit untuk mengingat sesuatu. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka bisa saja menjadikan diri seseorang kehilangan ingatan. Supaya hal ini tidak terjadi maka Anda bisa menjadikan olahraga lari sebagai direkomendasi.

Melakukan perlawanan pada gangguan kognitif yang berhubungan dengan usia memang menjadi manfaat yang sangat bagus. Oleh karena itu Anda yang tidak ingin mempunyai pikiran pikun terutama saat sudah berusia, maka jangan pernah malas untuk melakukan olahraga lari.

4. Mempunyai Kondisi Jasmani yang Sehat

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari melakukan olahraga secara rutin yaitu Anda akan mempunyai kondisi jasmani yang sehat. Semua orang tentunya menginginkan kondisi jasmani yang sehat supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit. Misalnya saja penyakit jantung, penyakit stroke, ataupun penyakit yang lainnya. Olahraga lari dapat dijadikan sebagai bagian pada perencanaan pengobatan pada penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, maupun yang lainnya. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin maka secara menyeluruh kesehatan tubuh dapat ditingkatkan dengan mudah.

5. Dapat Mengecilkan Betis

Bagi Anda yang mempunyai betis besar dan berencana ingin menurunkan betis tersebut tidak perlu khawatir bagaimana cara yang bisa dilakukan. Manfaat berlari yang Anda bisa dapatkan adalah mengecilkan betis dengan mudah. Anda bisa menyaksikan sendiri bahwa para pelari marathon pada biasanya mempunyai bentuk kaki yang kencang dan langsing.

Selain melakukan lari jarak jauh, ternyata berlari dengan jarak yang santai dan jarak yang dekat pun maka secara efektif mampu mengecilkan betis dibandingkan dengan berlari pada jarak yang jauh dengan langkah yang tepat.

6. Terhindarkan dari Penyakit Kardiovaskuler

Melakukan olahraga secara rutin seperti berlari ternyata mampu menghindarkan diri seseorang dari penyakit kardiovaskuler. Apabila olahraga terus-menerus dilakukan tentunya mampu membantu hidup diri seseorang supaya dapat bertahan hidup lebih lama lagi atau lebih panjang umur. Bagi seseorang yang lebih gemar berolahraga maka akan berisiko kecil terhadap serangan penyakit kardiovaskuler.

7. Fungsi Organ Tubuh Semakin Meningkat

Olahraga berlari ternyata tidak hanya meningkatkan kekuatan jantung saja. Akan tetapi fungsi organ tubuh pun juga semakin meningkat. Manfaat berlari lainnya adalah mengenai jumlah kapiler dan sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh. Selain itu jantung juga akan mulai terbiasa terpompa pada jumlah darah yang lebih besar. Untuk persiklusnya pada saat aliran darah meningkat maka untuk konsumsi oksigen juga mengalami peningkatan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Lari Di Usia Pertumbuhan, Bisa Menambah Tinggi Badan?
6 Tips Mudah untuk Mengatasi Nyeri Otot Selepas Berolahraga
Lakukan Cara Ini Agar Olahraga Memakai Treadmill Lebih Efektif
Hindari 6 Kesalahan Saat Olahraga Lari

Itulah manfaat berlari bagi kesehatan tubuh. Mulailah membiasakan diri untuk melakukan olahraga lari secara rutin supaya bisa memberikan efek positif tidak hanya pada organ tubuh saja. Akan tetapi juga sangat efektif bagi kesehatan sendi sendi dan tulang pada tubuh. Olahraga lari tidak hanya bagus untuk kalangan anak muda saja. akan tetapi untuk para usia lanjut pun juga sangat disarankan untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store