Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Beberapa dari kita tentu sangat suka menyentuh bagian wajah. Entah karena gatal atau memang terjadi secara tidak sadar. Padahal bisa saja di permukaan tangan kita terdapat kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Sebagai contoh seperti coronavirus yang dapat menular melalui droplet. Droplet yang menempel pada beberapa benda dan mungkin kita menyentuhnya dengan tangan dapat menular jika tangan kita menyentuh wajah. Virus yang ada pada tangan dapat menempel pada permukaan kulit wajah dan masuk melalui hidung atau mulut.

Lalu bagaimana agar tangan tidak sering menyentuh wajah? Simak beberapa tips berikut ini agar tangan tidak sering menyentuh wajah yang telah Tim Ngovee rangkum untuk kamu.

Tips Mencegah Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah

Hitung Berapa Kali Kamu Menyentuh Wajah dalam Sehari

Menurut sebuah penelitian yang meneliti mahasiswa kedokteran di University of New South Wales, rata-rata menyentuh wajahnya sebanyak 23 kali dalam satu jam. Kebiasaan ini tenty tidak bisa sepenuhnya dianggap baik. Terlalu sering menyentuh wajah dapat menularkan berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit. Dengan menghitung berapa kali kamu menyentuh wajah dalam sehari, mungkin dapat meningkatkan kesadaran bahwa kamu terlalu sering menyentuh wajah dan ingat akan risiko yang dapat ditimbulkan dari terlalu sering menyentuh wajah.

Alihkan ke Perilaku Lain Tiap Ingin Menyentuh Wajah

Ketika kamu sadar akan menyentuh wajah, alihkan ke perilaku lain yang dapat membuat kamu merasa lebih baik. Seperti melakukan hal lain yang dapat membuat kamu merasa lebih baik. Jika kebiasaan menyentuh wajah tidak diubah, mungkin kamu tidak akan pernah bisa berhenti untuk menyentuh wajah, sehingga dapat meningkatkan risiko mu untuk terkena berbagai macam penyakit.

Cara yang Lebih Baik untuk Menyentuh Wajah

Jika kamu terus-terusan merasa tidak nyaman dengan wajahmu sehingga merasa perlu untuk menyentuhnya, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  • Gunakan tisu bersih untuk menyentuh wajah
  • Cuci tangan terlebih dahulu ketika sadar akan menyentuh wajah
  • Perhatikan benda-benda yang telah kamu sentuh dengan tangan sebelum kamu menyentuh wajah
  • Selalu ingat bahwa kamu memiliki risiko untuk terkena penyakit akibat virus atau bakteri yang ada di tangan

Itulah beberapa tips agar kamu tidak sering menyentuh wajah. Namun masih ada beberapa penyakit yang dapat menular akibat terlalu sering menyentuh wajah terutama penyakit pada sistem pernapasan seperti coronavirus, influenza, dan TBC.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan
Mau Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari? Lakukan 8 Tips Berikut Ini
Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya
Coba Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Ini
Manfaat Tisu Magic untuk Keharmonisan Rumah Tangga
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store.

Referensi:

Face touching: a frequent habit that has implications for hand hygiene.