Tips Menghilangkan Ketombe dengan Mudah

Beberapa dampak buruk dari ketombe adalah dapat mengganggu aktivitas, dan tingkat percaya diri Anda. Meski tidak berdampak secara signifikan bagi kesehatan tubuh Anda, namun tetap akan membuat Anda merasa terganggu jika ketombe terus berjatuhan saat Anda berada di tempat umum. Padahal, terdapat beberapa cara menghilangkan ketombe dengan mudah hanya dari rumah.

Meski begitu, banyak dari penderita ketombe yang tak kunjung sembuh yang mengakalinya dengan menggunakan baju putih saat keluar rumah agar warna menjadi ketombe tidak terlalu nampak terlihat. Meski hal tersebut tidak dapat mengatasi permasalahan inti dari ketombe, namun setidaknya dapat membuat penderita ketombe menjadi lebih percaya diri dibandingkan mereka memakai baju berwarna hitam.

Apa saja penyebab ketombe?

Untuk menghilangkan ketombe, maka Anda harus mengenali penyebab dari munculnya ketombe itu sendiri. Salah satu penyebab ketombe adalah karena adanya jamur malassezia yang dapat membuat kerusakan pada kulit kepala. Selain itu, terdapat beberapa penyebab ketombe, seperti:

  • Tidak menggosok bersih kepala saat mandi
  • Stres, atau penyakit mental lainnya
  • Tidak menggunakan shampo secara teratur
  • Memiliki riwayat penyakit parkinson

Jika Anda sudah menemukan penyebab ketombe yang muncul di kepala Anda, Anda dapat mengikuti pengobatan dan perawatan untuk menghilangkan ketombe dari rumah secara sederhana.

Cara ampuh atasi ketombe hanya dari rumah

cara-menghilangkan-ketombe

Menurut salah satu sumber yang dapat dipercaya, terdapat 50% orang di dunia yang memiliki masalah ketombe.

Terdapat banyak produk yang dijual untuk mengobati dan merawat kulit kepala agar terhindar dari ketombe. Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ketombe dari rumah.

1. Tea tree oil

Sejak zaman dahulu, minyak dari pohon teh dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit kulit, mulai dari jerawat, psoriasis, hingga ketombe. Hal tersebut diperkuat oleh penelitian yang menyebutkan bahwa tea tree oil memiliki sifat antimikroba, dan anti inflamasi sehingga dapat membantu menghilangkan ketombe.

Hal yang harus dicatat adalah tea tree oil dapat menyebabkan iritasi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, Anda diharapkan untuk mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa untuk mengatasi masalah iritasi tersebut.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan hidrasi kulit sehingga dapat mengatasi kulit kering yang dapat memperparah ketombe. 

Pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 34 orang. Minyak kelapa menunjukkan efek yang sama baiknya dengan minyak mineral dalam membantu memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat mengatasi eksim yang mana dapat menjadi penyebab dari ketombe.

Namun, belum ada peneitian resmi yang menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat mengatasi masalah ketombe. Satu hal yang pasti adalah minyak kelapa dapat digunakan untuk mengatasi penyakit dermatitis atopik. Bahkan, minyak kelapa dapat meredakan gejala hingga 68 persen yang mana jauh lebih tinggi dibanding minyak mineral yang hanya 38 persen.

3. Cuka sari apel

Selain dapat digunakan untuk menurunkan berat badan saat diet, cuka sari apel juga sering digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Cuka sari apel dipercaya untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit yang dapat berdampak pada teratasinya masalah ketombe.

Meski begitu, belum ada penelitian resmi yang dapat membuktikan khasiat dari cuka sari apel untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya dengan campurkan beberapa sendok cuka sari apel ke dalam wadah berisi minyak esensial, lalu semprotkan Anda dapat semprotkan langsung campuran tersebut ke rambut (baca juga Mengulik Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan).

4. Soda kue

Bahan lainnya yang dipercaya bisa mengatasi ketombe dan dapat Anda temukan di rumah adalah soda kue. Soda kue dipercaya dapat bertindak sebagai eksfolian yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga meredakan gatal-gatal.

Sebuah studi menyebutkan bahwa soda kue dapat membantu mengatasi beberapa jenis jamur penyebab masalah kulit. Hasil dari studi tersebut menyebutkan bahwa soda kue dapat menghambat pertumbuhan jamur hingga 79 persen setelah seminggu.

Agar dapat merasakan hasil terbaik untuk perawatan ketombe, Anda dapat oleskan soda kue secara merata ke kepala, lalu pijat halus kepala Anda. Setelah itu, diamkan selama satu hingga dua menit, lalu Anda dapat keramas seperti biasa.

6. Kuning telur

Kuning telur dapat mengatasi ketombe karena kandungan biotin yang ada di dalamnya. Selain itu, kuning telur juga dapat berperan sebagai kondisioner bagi rambut sehingga bisa membuat rambut lebih sehat.

Caranya adalah dengan meratakan kuning telur pada rambut yang kering, lalu Anda dapat menutup rambut dengan kantong plastik dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo sampai bau kuning telur yang menempel pada rambut sudah hilang. Namun, belum banyak bukti ilmiah yang mendukung penggunaan kuning telur untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Lakukan hal ini maksimal tiga kali seminggu untuk dapat hasil terbaik.

Jika cara-cara di atas belum berhasil, masih terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah ketombe, seperti menggunakan bawang putih, teh hijau, aspirin, atau dengan meredakan stres.

Ingin tahu berita seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Sumber:

Rachael Link, MS, RD. 2018. 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally. Diakses pada 2020

Ashish Roy. 2018. 15 Home Remedies to Cure Dandruff Naturally. Diakses pada 2020