Untuk Para Ibu Hamil! Berikut Makanan Yang Menyebabkan Air Ketuban Banyak

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Kondisi air ketuban dalam jumlah berlebihan atau yang dikenal dengan polihidramnion adalah keadaan dimana wanita yang sedang hamil mengalami penumpukan air ketuban dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini umumnya dianggap sebagai hal yang biasa, namun sebaiknya ibu hamil tetap melakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari keadaan yang lebih buruk seperti komplikasi.

Penyebab Terjadinya Polihidramnion

Ada beberapa penyebab terjadinya polihidramnion :

1. Makanan

Penyebab yang pertama adalah makanan. Sebuah penelitian dalam bidang kesehatan mengemukakan bahwa ada beberapa makanan penyebab air ketuban banyak. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan di dalam makanan yang mampu mempengaruhi jumlah air ketuban wanita yang sedang hamil.

2. Komplikasi Pada Janin

Penyebab yang kedua adalah komplikasi yang terjadi pada bayi di dalam kandungan. Komplikasi ini disebut hydrops fetalis, dimana bayi di dalam kandungan mengalami penumpukan cairan di beberapa bagian tubuhnya sehingga membuat air ketuban yang ada di sekitar bayi menjadi terlalu banyak. Kondisi ini memang sangat jarang terjadi, namun kamu tetap harus mewaspadainya.

3. Diabetes Gestasional

Penyebab yang ketiga adalah diabetes gestasional. Diabetes gestasional menyebabkan bayi di dalam kandungan mendapatkan asupan gula lebih banyak daripada kondisi normal. Akibatnya bayi akan mengeluarkan lebih banyak urine sehingga jumlah air ketuban menjadi terlalu banyak.

4. Permasalahan Pada Genetik

Penyebab yang keempat adalah permasalahan pada genetik bayi. Akibat permasalahan genetik, bayi menjadi tidak bisa mengeluarkan cairan-cairan yang seharusnya dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Hal ini tentunya menyebabkan air ketuban di sekitar bayi menjadi terlalu banyak.

Itulah beberapa penyebab terjadinya polihidramnion. Jadi, sebaiknya apabila wanita sedang hamil harus selalu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk menghindari kondisi yang buruk. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan terjadinya polihidramnion.

Makanan dan Minuman Penyebab Polihidramnion

Ada beberapa minuman dan makanan penyebab air ketuban banyak :

  • Minuman Bersoda

Yang pertama adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki kandungan gula tinggi yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami penyakit diabetes. Diabetes bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan mendapatkan asupan gula yang terlalu banyak sehingga nantinya bayi akan mengeluarkan urine lebih banyak daripada kondisi normal sehingga menyebabkan polihidramnion.

  • Buah Dalam Kaleng

Yang kedua adalah buah dalam kaleng. Buah dalam kaleng memiliki rasa yang nikmat, namun kandungan gulanya sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami penyakit diabetes. Diabetes ini bisa menyebabkan air ketuban menjadi terlalu banyak.

  • Es Krim

Yang ketiga adalah es krim. Es krim terbuat dari bahan dasar susu yang ditambahkan gula dalam jumlah banyak. Ini menandakan bahwa es krim memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan Diabetes. Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan ibu hamil mengalami polihidramnion.

  • Gorengan

Yang keempat adalah gorengan. Gorengan mengandung banyak lemak jenuh dan juga kurang higienis. Gorengan bisa membawa mikroorganisme ke dalam tubuh ibu hamil sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi bisa menyebabkan ibu hamil mengalami polihidramnion.

  • Buah Tanpa Dicuci

Makanan penyebab air ketuban banyak yang kelima adalah buah yang tidak dicuci dan dikupas dengan benar. Buah bisa saja membawa mikroorganisme yang mampu menyebabkan infeksi pada ibu hamil. Infeksi adalah salah satu penyebab terjadinya polihidramnion.

Ingin mendapatkan tips lain untuk gaya hidup sehat? Dapatkan semuanya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee dan dapatkan rekomendasi kebutuhan suplemen harianmu. Di Ngovee kamu akan memperoleh vitamin terbaik.