Vitamin Ibu Hamil: Asam Folat, Perlu?
Falla Adinda, dr

Latest posts by Falla Adinda, dr (see all)

Saat kamu mendengar tentang vitamin ibu hamil, hal yang pertama kamu pikirkan mungkin adalah asam folat. Tahukah kamu bahwa asam folat adalah vitamin B kompleks? Nyatanya asam folat adalah vitamin yang perlu dikonsumsi oleh wanita yang ingin hamil setiap hari.

Jadi asam folat bukan hanya bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui, tapi wanita yang ingin hamil juga.

Yuk simak beberapa fakta mengenai asam folat.

Apa itu Asam Folat?

Asam folat merupakan zat multifungsi berupa vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat sangat diperlukan dalam perkembangan tubuh karena bermanfaat dalam memproduksi DNA dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Asam folat penting untuk memelihara kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan orang yang mengalami defisiensi folat.

Manfaat Asam Folat 

Semua orang membutuhkan asam folat, tapi asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita yang ingin hamil, sedang hamil dan sedang menyusui.

Asam folat yang dikenal sebagai vitamin ibu hamil ini, berperan dalam pertumbuhan sel dan jaringan, pembentukan sel darah merah serta pembentukan DNA dan protein. 

Asam folat juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit seperti anemia, penyakit jantung.

Di samping itu, asam folat juga berfungsi sebagai koenzim dalam sintesis asam nukleat serta membantu metabolisme asam amino dalam tubuh. 

Seberapa Penting Asam Folat Sebagai Vitamin Ibu Hamil Dan Menyusui

Wanita yang sedang hamil atau ingin hamil dianjurkan mengonsumsi suplemen asam folat untuk mencegah keguguran dan resiko bayi terlahir cacat.

Jika kamu memiliki asam folat dengan jumlah yang cukup sebelum hamil, maka kamu dapat membantu mencegah cacat pada otak (anencephaly) maupun tulang punggung bayi (spina bifida) nantinya. Selain itu, asam folat juga membantu dalam pembentukan saluran saraf pada bayi.

Defisiensi asam folat dapat menyebabkan kecacatan ketika lahir, salah satunya adalah spina bifida. Suatu keadaan dimana tulang punggung janin tidak tertutup ketika masa berkembang. Asam folat dapat menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

Untuk ibu hamil, jumlah yang dianjurkan berbeda dengan kadar rekomendasi harian pada umumnya, yaitu sebesar 600 – 800mcg. Namun, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui jumlah pasti yang harus kamu konsumsi.

Suplemen ini bisa dimulai paling tidak sebulan sebelum hamil. Artinya jika kamu berencana untuk hamil, maka kamu boleh mulai mengonsumsi suplemen ini.

Seberapa Banyak Asam Folat Yang Kamu Harus Konsumsi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), rekomendasi asam folat yang harus dikonsumsi wanita adalah sebanyak 400mg. Ketika kamu atau pasangan sudah memutuskan untuk hamil, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen asam folat untuk menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

Karena cacat pada otak dan tulang punggung bayi, terjadi pada minggu-minggu pertama kehamilan, yang kadang tidak diketahui oleh si ibu.

Wanita yang tidak hamil juga dianjurkan mengonsumsi asam folat setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari asam folat, yaitu untuk pembentukan sel.

Berikut adalah kadar rekomendasi konsumsi asam folat yang dirangkum dari webmd:

CategoryFolate (Folic Acid) Recommended Dietary Allowance (RDA) For children under 1, only an adequate intake (AI) is available
0-6 months65 micrograms/dayAdequate Intake (AI)
7-12 months80 micrograms/dayAdequate Intake (AI)
1-3 years150 micrograms/day
4-8 years200 micrograms/day
9-13 years300 micrograms/day
14 years and up400 micrograms/day
Pregnant women600 micrograms/day
Breastfeedingwomen500 micrograms/day

Kesimpulannya, semua orang membutuhkan asam folat. Terutama wanita hamil dan menyusui.

Dimana kamu dapat menemukan Asam Folat?

Asam folat dapat kamu temukan di makanan seperti kacang-kacangan, sayuran seperti brokoli, bayam, dan asparagus. Buah-buahan seperti alpukat, jeruk, pisang dan pepaya juga mengandung folat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Cepat Hamil Hanya Dalam 1 Bulan
Cara Menghitung Usia Kehamilan
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil

Jovee, solusi sehatmu

Kamu mungkin berpikir kamu bisa memenuhi kadar asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengonsumsi makanan setiap hari. Namun terkadang, gaya hidup yang sibuk membuat kamu kesulitan untuk menentukan pola makan yang seimbang dan memenuhi segala nutrisi yang kamu butuhkan setiap hari.

Bahkan dengan perencanaan yang matang, terkadang mungkin kamu tidak bisa mendapatkan nutrisi dari pola makanmu saja. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi suplemen dan vitamin setiap hari. Terutama asam folat bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Tuntutan jaman yang terus berubah membuat wanita semakin sibuk, tidak hanya mengurus rumah tangga saja namun juga karir. Dan yang terpenting menjaga kesehatan selama melakukan semua itu. Kamu mungkin harus bekerja, merawat rumah, berolahraga, memiliki pola makan sehat dan tidur cukup. 

Salah satu cara memastikan kamu mengonsumsi asam folat sesuai dengan kadar yang direkomendasikan adalah dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Kamu hanya membutuhkan beberapa detik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin harianmu dengan Jovee.

Penggunaan suplemen asam folat bagi penderita penyakit ginjal atau cuci darah harus dibawah pengawasan dokter. Konsultasikan dengan dokter dan selalu konsumsi suplemen sesuai dosis yang dianjurkan.

Supaya perkembangan si buah hati di kandungan semakin optimal, dukung dengan nutrisi lebih dari asam folat. Jovee punya paket khusus vitamin ibu hamil yang pastinya aman dan berlisensi. Download aplikasi Jovee di Playstore dan Appstore sekarang.

Official store Jovee juga tersedia di Blibli, Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Untuk mengetahui informasi kesehatan lebih lanjut, cek Ngovee setiap hari.

Ditulis oleh: Aileen Velishya