Wah, Banyak Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Kurang tidur merupakan sebuah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Dan hal ini sebenarnya dapat mengganggu kesehatan baik secara fisik maupun mental. Sebuah penelitian mengatakan 1 dari 3 orang di Amerika mengalami kurang tidur. Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka berusaha untuk mencari solusi sederhana yang dapat mengatasi masalah tersebut.  

Inilah beberapa manfaat minum susu sebelum tidur

Meminum segelas susu sebelum tidur merupakan suatu hal yang seringkali dilakukan dan biasanya menjadi kebiasaan turun temurun dalam sebuah keluarga. Dengan meminum segelas susu dapat memberikan beberapa manfaat seperti efek relaksasi, menghilangkan rasa cemas, dan dapat juga membantu seseorang menjadi tidur lebih nyenyak. 

Berikut ini akan diulas mengenai beberapa manfaat minum susu secara rutin sebelum tidur. 

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi susu atau keju sebelum tidur dapat membantu sesorang tidur lebih nyenyak. Hal tersebut terjadi karena adanya reaksi senyawa kimia tertentu yang ada pada susu dan juga adanya efek psikologis yang muncul akibat rutinitas tidur yang menenangkan, bisa juga dari gabungan keduanya. 

Membantu Membangun Pola Tidur yang Sehat 

Beberapa kandungan yang ada pada susu, yaitu triptofan dan juga melatonin terbukti efektif dapat membantu seseorang untuk mengatasi masalah tidur. Tryptophan merupakan asam amino yang banyak dijumpai diberbagai makanan yang mengandung zat protein. Senyawa tritofan sendiri memiliki peranan penting dalam produksi neurotransmitter atau yang lebih dikenal dengan sebutan serotonin. Kandungan seronotonin terbukti dapat meningkatkan suasana hati, selain itu dapat juga memberikan efek relaksasi, dan memiliki fungsi sebagai prekusor dalam hal produksi melatonin.

Melatonin atau yang dikenal dengan hormon tidur terdapat pada otak. Hormon ini berfungsi membantu tubuh dalam memasuki siklus tidur. Baik triptofan maupun melatonin memiliki peran penting dalam megatasi gangguan tidur pada seseorang. Karena dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung senyawa tersebut dapat membantu membangun pola tidur yang sehat dan mengurangi rasa cemas yang biasanya muncul saat tidur. Dengan itu, meminum segelas susu sebelum tidur berarti membantu mengatasi masalah pola tidur tidak teratur. 

Efek Psikologis

Beberapa ahli menyatakan bahwa peran susu sebagai salah satu solusi dalam mengatasi gangguan tidur sama sekali tidak ada hubungannya dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Melainkan adanya efek psikologis yang timbul dari aktivitas meminum susu secara rutin sebelum tiduryang terkesan menenangkan. 

Bahkan teori lain mengatakan dengan meminum segelas susu yang hangat sebelum tidur secara tidak langsung dapat membuat seseorang mengingat kembali kenangan masa lampau, saat mengkonsumsi susu sebelum tidur di masa kanak-kanak. Ingatan-ingatan tersebutlah yang kemudian menimbulkan perasaan yang menenangkan. Dan hal tersebut secara tidak langsung mengisyaratkan pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur. Dengan begitu tidur akan menjadi lebih mudah dan juga tenang. 

Susu Hangat atau Susu Dingin Sebelum Tidur

Beberapa orang mengatakan untuk dapat membantu seseorang tidur dianjurkan untuk mengkonsumsi susu yang hangat daripada yang dingin, walaupun hal tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah apa perbedaan dan apa manfaat dari kedua metode tersebut. 

Sebagian besar penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi efek minum susu sebelum tidur terhadap kualitas tidur dan sampai sekarang ini belum ada penelitian yang membahas mengenai efek suhu pada susu yang diminum. Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa dengan meminum minuman yang hangat, baik itu susu, teh, atau lain sebagainya pada waktu malam hari atau pada kondisi stres dipercaya dapat mengurangi rasa cemas dan juga dapat menimbulkan efek relaksasi pada tubuh seseorang. Minuman yang hangat dapat memberikan efek tenang pada sistem saraf dan secara efektif dapat membantu seseorang lebih cepat tertidur daripada minuman yang dingin. 

Minum Susu Sebelum Tidur Berpengaruh Terhadap Berat Badan?

Seringkali orang-orang merasa khawatir jika berat badannya bertambah saat mengkonsumsi susu sebelum tidur. Padahal hal yang dapat berkontribusi besar dalam kenaikan badan seseorang adalah konsumsi makanan ringan secara berlebih. 

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kedua hal tersebut memiliki keterkaitan. Yang jelas menjaga pola tidur yang sehat menjadi poin yang paling utama. Karena pola tidur yang buruk dapat mengakibatkan peningkatan keinginan makan sepanjang hari. Hal tersebut berpontensi membuat berat badan akan makin bertambah. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Benarkah Konsumsi Kacang Turunkan Berat Badan?
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?
Daftar Makanan yang Dibenci Sel Kanker
Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa manfaat minum susu secara rutin sebelum tidur. Kurang tidur menjadi permasalahan umum yang sering dialami oleh banyak orang. Minumlah susu hangat sebelum tidur dan itu akan menjadi hal yang paling efektif untuk membuatmu tertidur nyenyak. Semoga bermanfaat. 

Penuhi kebutuhan vitamin harian mu dengan mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan personal mu. Ingin tahu mengenai informasi kesehatan lainnya? Daftarkan email mu ke Ngovee sekarang juga.