Benarkah Konsumsi Kacang Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kacang merupakan biji polong-polongan yang paling terpopuler di dunia. Kacang banyak digunakan untuk topping di dalam makanan ringan maupun pencuci mulut yang sehat. Banyak variasi makanan yang bisa diolah dengan kacang. Kacang bisa direbus, dipanggang, maupun dijadikan bumbu. 

Apakah Anda tahu bahwa kacang kaya akan kandungan baik untuk tubuh? Kacang kaya akan kandungan protein serta lemak. Mungkin sekilas Anda bertanya, apakah kacang bisa membantu Anda turunkan berat badan? 

Bagaimana Kacang Signifikan Membantu Penurunan Berat Badan 

Beragam cara kacang membantu Anda untuk turunkan berat badan. Terdapat penelitian observasional, yang mampu menunjukkan bahwa makan kacang disebut-sebut dapat turunkan berat badan. Tidak hanya itu, kacang juga telah dikaitkan dengan tingkat obesitas yang lebih rendah. 

Inilah hal mengenai kacang yang signifikan dengan penurunan berat badan, diantaranya sebagai berikut: 

Kacang Membuat Perut Kenyang 

Anda harus tahu, bahwa kacang ini tidak seperti makanan ringan lainnya yang tinggi karbohidrat sederhana. Kacang tanah kaya akan lemak, protein, dan serat-serat yang sehat. Hal ini akan berkaitan dengan pencernaan. Kacang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Bahkan, terdapat sebuah studi yang mampu menemukan fakta bahwa kacang tanah atau selai kacang yang didapatkan pada saat sarapan memberikan efek rasa kenyang dan kadar gula darah stabil. 

Anda perlu tahu, karbohidrat sederhana yang biasa dikonsumsi lebih cepat untuk diserap ke dalam aliran darah yang mampu menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat dan penurunan yang cepat. Hal inilah yang membuat Anda kelaparan setelah makan. 

Sebaliknya, kacang dicerna perlahan oleh tubuh dan tetap berada di perut Anda lebih lama. Inilah yang membantu Anda merasa kenyang dan puas, memungkinkan Anda untuk pergi lebih lama di antara waktu makan.

Jadi, Anda bisa mengkonsumsi kacang agar tidak mudah merasa lapar. 

Kacang Memiliki Lemak Sehat 

Kacang kaya akan protein dan lemak yang cukup tinggi. Lemak yang ada di dalam kacang adalah lemak sehat atau asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. 

Diet tinggi lemak tentu dikaitkan dengan penurunan peradangan, obesitas, serta kondisi kronis layaknya penyakit jantung ataupun diabetes. 

Apalagi, mengkonsumsi kacang juga dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan dengan jangka waktu yang cukup panjang lebih rendah. Banyak peneliti yang mengungkapkan teori, bahwa kandungan lemak tak jenuh tinggi di dalam kacang mampu meningkatkan kemampuan penggunaan lemak sebagai energi. 

Jadi, mulai sekarang bagi yang lagi program diet konsumsi kacang sebagai salah satu sarapan Anda.

Asupan Kalori Kacang Rendah 

Meskipun kacang tinggi kalori, tubuh Anda mungkin tidak bisa menyerap semua kalori. Ketika Anda mengkonsumsi kacang, maka gigi tidak bisa memecah menjadi ukuran yang sangat kecil untuk disalurkan ke pencernaan hingga penuh. 

Kemungkinan penyerapan kalori lebih sedikit, untuk sisanya akan dikeluarkan menjadi tinja. Dalam penelitian, terdapat 63 pria yang memakan kacang, selai kacang, minyak kacang, dan tepung kacang. Setelah melakukan perbandingan tinja, maka pria yang memakan kacang mempunyai jumlah lemak yang jauh tinggi di tinja. Hal ini menunjukkan penyerapan kalori lebih rendah. 

Walaupun begitu, Anda juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kacang. Anda harus tahu bahwa kebanyakan makan kacang bisa menyebabkan kelebihan kalori serta menghambat program diet Anda saat ini. 

Maka dari itu, Anda bisa memperhatikan porsi mengkonsumsi kacang. Anda bisa menggunakan porsi 1-2 genggam kacang di setiap porsi makanan, agar tidak berlebihan kalori. 

Jadi, kacang mampu membantu mengatur berat badan lebih baik, karena kacang kaya akan serat, protein, dan lemak yang mampu membuat Anda kenyang dan mencegah memakan makanan berlebihan. 

Kacang Sebagai Sumber Kesehatan 

Ketika mengkonsumsi kacang, Anda harus tahu bahwa jangan memakan kacang yang memiliki rasa. Mengapa? Karena makanan yang mempunyai rasa sudah mengalami pemrosesan, layaknya kacang yang memiliki rasa manis di dalamnya sudah terdapat lapisan gula serta kalori tambahan. 

Maka dari itu, konsumsilah kacang murni tanpa proses tambahan. Anda bisa mendapatkan serat serta antioksidan, ketika mengkonsumsi kacang bersamaan dengan kulit. Dengan mengkonsumsi kulitnya, Anda juga akan mendapat serat ekstra yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. 

Maka dari itu, Anda bisa mengolah kacang untuk dijadikan camilan sehat. Anda bisa membuat kacang rebus atau panggang untuk membantu program diet. Pastikan untuk memilih kacang yang bebas dari garam serta perasa tambahan, pastikan juga ukuran porsi Anda.

Kandungan di dalam kacang mulai dari serat, protein, dan lemak sehat akan membantu Anda untuk manajemen berat badan yang membuat Anda kenyang lebih lama. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Diet Sirtfood, Amankah?
Tren Diet Sehat Jaman Now. Seberapa Sehat & Aman Kah?
Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Tren Diet Sehat Jaman Now. Seberapa Sehat & Aman Kah?
Makan Saat Stress? Kenali Bahaya Emotional Eating
Ganti Gula dengan 7 Pemanis Alami Ini!
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?

Kacang adalah alternatif yang sangat baik untuk makanan ringan berkalori tinggi dan olahan lainnya untuk membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. walau kacang memang memiliki kalori yang rendah dan mengandung zat gizi yang baik, tetap saja asupan makanan lainnya perlu dijaga. Penurunan berat badan dapat terjadi tidak hanya pemilihan bahan makanan, namun adanya pengurangan jumlah kalori yang dimakan secara rutin dan berkala. Tetap utamakan jenis makanan lainnya yang beragam dengan jumlah yang tetap dikontrol. Penurunan berat badan yang disarankan ialah 0.5-1 kilo dalam 1 minggu.

Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee berpendapat, “Selain kacang, kalau Anda mau menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi asupan dan mengonsumsi jenis makanan lainnya secara berkala dan bertahap.” Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.