Catat Nih Daftar Makanan untuk Melawan Kanker Hati

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Agar bisa bertahan hidup, tentu saja manusia memerlukan asupan minuman dan makanan. Namun, terdapat faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan seperti hati. Hati memiliki peran yang sangat vital untuk tubuh. Apalagi kalau buka menyaring racun yang dapat masuk ke dalam tubuh. salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati adalah kanker hati. 

Kanker hati menjadi salah satu penyakit yang begitu mengerikan. Hal ini disebabkan karena penyakit ini menyerang organ yang penting seperti hati. Kanker hati terbagi dalam 2 tipe yaitu tipe primer serta tipe sekunder. Untuk tipe primer, penyakit ini pertumbuhan selnya berada dalam organ hati, namun untuk jenis sekunder, jenis ini awalnya tumbuh pada organ lain namun semakin lama berkembang hingga ke organ hati.

Tak hanya membuat kerusakan pada hati, kanker hati dapat membuat fungsi hati menjadi mati total. Padahal, hati mempunyai fungsi yang begitu penting pada tubuh manusia. Hati bertugas sebagai penyaring racun di dalam tubuh. Bukan hanya itu, hati berguna untuk memproses protein serta lemak dalam tubuh. Melihat fungsinya yang begitu penting tentu akan sangat berbahaya bila mengalami kerusakan.

Cara Diet Sehat Bagi Penderita Kanker Hati

Berikut rencana diet sehat yang dapat Anda ikuti, spesial dari tim Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya:

1. Protein 

Protein memiliki peran yang penting untuk pengembangan serta rekonstruksi sel dalam tubuh. Saat memilih protein, usahakan memilih sumber yang memiliki kualitas tinggi. Hindari mengkonsumsi daging berlemak seperti domba, daging sapi dan babi. Anda bisa memilih protein yang berasal dari kacang-kacangan dan unggas. Sekiranya, protein yang dikonsumsi sebesar 1-1,25 gr/kilogram berat badan.

2. Lemak Non-Trans

Anda dapat mengkonsumsi lemak, namun hindari mengkonsumsi lemak trans. Selain itu, Anda juga dapat menambah asupan omega-3 yang begitu bermanfaat bagi tubuh. Pilih makanan yang kaya kandungan omega-3 serta lemak tak jenuh. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi seperti buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan, biji rami tanah, biji chia, serta wheat germ. Sekiranya lemak yang dikonsumsi sebanyak 20-25% dari total kalori yang dikonsumsi sehari.

3. Konsumsi buah dan sayur

Hati berguna untuk mendetoksifikasi tubuh. Bagi penderita kanker hati, bahan kimia serta racun menjadi tidak mudah dihilangkan. Buah serta sayur yang memiliki kandungan fitonutrien bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, selain itu buah dan sayur yang memiliki kandungan antioksidan berperan menciptakan jalur anti-inflamasi. Hal ini juga dapat mengurangi penumpukan cairan karena tingginya kalium dalam buah dan sayur. Natrium harus dikonsumsi rendah agar tidak terjadi pembengkakan karena cairan (asites dan edema).

4. Konsumsi biji-bijian

Biji utuh yang memiliki kandungan serat dapat membantu tubuh untuk membangun sistem kekebalan yang kuat sehingga bisa melawan kanker hati selama serta sesudah pengobatan. Saat berbelanja kebutuhan makanan, usahakan memilih sereal gandum, pasta gandum dan beras merah, tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba berbagai macam jenis biji-bijian. Namun, jangan terlalu banyak karena akan memberikan efek kembung.

Makanan untuk Melawan Kanker Hati

Kanker hati bisa diobati dengan menggunakan terapi dan pengobatan. Tak hanya itu, pengobatan kanker hati ini juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut beberapa makanan yang disarankan:

1. Makanan organik

Makanan yang baik untuk penderita kanker hati adalah makanan organik. Makanan organik bebas dari bahan kimia, seperti mengkonsumsi buah dan sayur sehat alami. 

2. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan selain itu bumbu ini juga tidak pernah kosong dari dapur. Tak hanya dapat melezatkan masakan, bawang putih juga memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan manusia, bawang putih bahkan bisa melawan dan mencegah sel kanker.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Daftar Makanan yang Dibenci Sel Kanker
Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker
Daftar Makanan Untuk Penderita Kanker Paru
Daftar 5 Makanan Sehat Pencegah Kanker
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari

3. Brokoli, Wortel, dan Sayuran Kaya Vitamin A

Brokoli memiliki kandungan enzim glucoraphanin yang dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker di hati. Makanan lain yang dianjurkan bagi penderita kanker hati ialah wortel. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang bisa menjadi antioksidan sehingga begitu bagus untuk semakin meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Tomat

Tomat adalah makanan yang sehat untuk penderita kanker hati. Bahkan, penelitian mengungkapkan bila kandungan antioksidan yang berada di dalam tomat berada pada likopen. Senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari serangan sel kanker. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan kanker. Selain itu buah tomat juga penuh kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh akan terlindungi dari serangan penyakit mengerikan.

5. Blueberry

Tak hanya tomat, blueberry juga memiliki kandungan antioksidan, buah blueberry juga mengandung antosianin yakni antioksidan alami yang akan membantu membunuh sel kanker yang ada di tubuh manusia. Banyak penelitian yang mengungkapkan bila blueberry begitu baik bagi kesehatan tubuh.

Penderita kanker hati memang harus menjaga dengan baik asupan makanan yang dikonsumsi, sehingga organ hati tidak bekerja terlalu keras. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store