Ganti Gula dengan 7 Pemanis Alami Ini!

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Pemakaian gula saat ini begitu mengkhawatirkan. Mengapa? Karena, hal ini berkaitan erat dengan penyakit yang serius, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Terdapat banyak cara untuk mengurangi resiko yang dapat disebabkan oleh konsumsi gula berlebihan. Salah satunya adalah dengan mengganti gula dengan pemanis alami.

Hal fatal yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang adalah banyak menggunakan gula dalam kehidupan sehari-hari tanpa menyadarinya. Anda masih bisa mengkonsumsi makanan manis, tanpa harus menambahkan gula di dalamnya. Atau Anda juga bisa menggunakan pemanis alami sebagai pengganti gula. Apakah Anda penasaran? Anda akan mendapatkan jawabannya di sini. 

Mengapa Mengkonsumsi Gula Berlebih Berdampak Buruk? 

Bukti menunjukkan bahwa seseorang yang mengikuti diet tinggi gula tambahan, lebih cenderung meningkatkan risiko terkena obesitas.

Kok bisa? Perlu untuk Anda ketahui, gula dapat mengganggu hormon dalam tubuh Anda yang mengatur rasa lapar dan kenyang, yang menyebabkan peningkatan asupan kalori dan penambahan berat badan. 

Tidak hanya itu, asupan gula yang berlebih di dalam tubuh mampu merusak metabolisme, yang bisa mengakibatkan meningkatnya kadar insulin serta penyimpanan lemak 

Konsumsi gula yang tinggi dikaitkan juga dengan kesehatan pada mulut yang sangat buruk serta penyakit mematikan, seperti jantung, diabetes, maupun kanker. 

Selain menyebabkan permasalahan pada kesehatan, gula mampu membuat Anda ketagihan. Ini menyebabkan dopamin dilepaskan di otak, respons yang sama diaktifkan oleh obat-obatan yang membuat kecanduan. Hal ini membuat Anda memakan gula berlebihan terutama untuk individu yang mengalami masa stress.  Sehingga Anda perlu mempertimbangkan untuk mencari pengganti gula dengan pemanis alami.

Apa Kelebihan Pemanis Alami?

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, pemanis alami memiliki kelebihan tersendiri. Pemanis alami dapat menjadi pilihan pengganti gula pasir dan sejenisnya dikarenakan indeks glikemiknya yang lebih rendah dari gula pasir. Indeks glikemik merupakan kemampuan makanan dicerna tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Semakin tinggi kadar indeks glikemiknya, semakin cepat makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah. Walau memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, tetap pemanis alami juga perlu dikontrol asupannya, dengan mengonsumsi sebanyak 4 sendok makan atau 50 gram dalam 1 harinya sesuai anjuran.

Pemanis Alami yang Lebih Baik Dibandingkan Gula 

Anda harus tahu, bahwa ada makanan manis yang bisa dikonsumsi tanpa gula. Inilah makanan manis yang bisa dikonsumsi, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Madu 

Madu adalah cairan dengan tekstur kental berwarna keemasan yang diproduksi dari lebah madu. Di dalam madu terdapat vitamin dan mineral, serta banyak antioksidan bermanfaat. 

Asam fenolik dan flavonoid dalam madu bertanggung jawab atas aktivitas antioksidannya, yang dapat membantu mencegah diabetes, peradangan, penyakit jantung, dan kanker. Pada intinya, madu masih berupa gula dan tidak sepenuhnya berbahaya untuk tubuh. 

  1. Coconut Sugar 

Coconut sugar merupakan pemanis yang diekstraksi dari nila kelapa. Di dalam coconut sugar, terdapat zat besi, seng, kalsium, kalium, dan antioksidan. 

Coconut sugar mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada gula, sebagian besar karena kandungan inulin di dalamnya. Insulin adalah jenis serat larut yang telah terbukti memperlambat pencernaan, meningkatkan kepenuhan, dan memberi makan bakteri sehat di usus Anda. 

  1. Monk Fruit Sweetener 

Monk fruit sweetener di ekstrak dari buah siraitia grosvenorii, yang berasal dari Thailand Utara dan China Selatan. Alternatif pemanis alami ini mengandung 0 kalori dan 100-250 kali lebih manis dibandingkan dengan gula. 

Monk fruit sweetener mengandung fruktosa serta glukosa, tetapi rasa manis di dalamnya monk fruit sweetener didapat dari antioksidan bernama mogrosides.

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan monk fruit sweetener, berpengaruh minimal pada asupan kalori harian Anda, kadar glukosa darah, dan kadar insulin, dibandingkan dengan minuman manis sukrosa. 

  1. Xylitol 

Xylitol adalah gula alkohol dengan rasa manis yang mirip dengan gula. Dibuat dari jagung ataupun kayu birch yang ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Xylitol memiliki kandungan 2,4 kalori per gram, yang mana 40% sedikit dibandingkan dengan gula biasa.

Apa yang membuat xylitol menjadi alternatif untuk Anda? Karena kandungan fruktosa yang rendah, hal ini bertanggung jawab atas sebagian besar efek berbahaya gula. 

  1. Stevia 

Stevia adalah pemanis alami yang diekstrak dari daun Stevia rebaudiana yang berasal dari Amerika Selatan. 

Pemanis nabati ini diekstraksi dari salah satu dari dua senyawa, stevioside dan rebaudioside A. yang mana masing-masing di dalamnya terdapat 0 kalori dan memiliki rasa manis 350 kali lebih dari gula. 

Daun Stevia rebaudiana dikemas dengan nutrisi dan phytochemical, sehingga pemanis ini dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Senyawa manis dalam stevia, telah terbukti menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kadar insulin. Jadi, aman untuk digunakan Anda.

  1. Erythritol 

Sama dengan xylitol, erythol merupakan gula alkohol yang sangat manis untuk dikonsumsi dengan kandungan kalori yang sedikit. Kandungan kalori di dalamnya hanya 0,24 kalori per gram, erythritol mengandung 6% dari kalori gula biasa.

Rasanya juga hampir persis seperti gula, membuat Anda mudah move on untuk berpindah dari gula biasa. Erythritol tidak meningkatkan kadar gula darah, insulin, kolesterol, atau trigliserida, jadi aman untuk Anda konsumsi saat ini. 

  1. Yacon Syrup 

Yacon syrup merupakan pemanis yang diekstrak dari tumbuhan Smallanthus sonchifolius berasal dari Amerika Selatan. Rasanya manis, warnanya gelap, dan memiliki konsistensi yang tebal mirip dengan molase. 

Kandungan tinggi fructooligosaccharides dalam yacon syrup menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan hal itu dapat mengurangi indeks glikemik, berat badan, dan risiko kanker usus besar. Jadi, Anda bisa konsumsi pemanis alami yang satu ini. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?
Daftar Makanan yang Dibenci Sel Kanker
Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari

Anda bisa mencoba 7 macam pemanis alami sebagai pengganti gula, agar hidup menjadi lebih sehat. 

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.