Konsumsi 10 Makanan Minuman Sehat Pereda Stres Ini

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Stress adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang, untuk menyelesaikan permasalahan ini tentunya sangat mudah dan jangan dibiarkan begitu saja. Jangan sampai Anda terkena stress kronis yang memiliki dampak serius di dalam kesehatan fisik serta psikologi. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa stres kronis mampu meningkatkan risiko penyakit jantung serta depresi. 

Hal yang sangat menarik di sini adalah ada makanan serta minuman yang bisa mengurangi kondisi stres. Bahkan, makanan dan minuman ini cocok untuk Anda yang menjalankan diet. 

Makanan dan Minuman Pereda Stres

Apakah Anda tahu, banyak sekali makanan dan minuman yang bisa meredakan tingkatan stres, bahkan terdapat beberapa makanan serta minuman untuk meredakan stress yang bagus juga untuk program diet. Inilah makanan dan minuman yang mampu menjadi pereda stres, diantaranya sebagai berikut: 

Bubuk Matcha 

Anda tahu bahwa bubuk teh hijau ini populer di dunia kesehatan disebabkan oleh kandungan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat penghilang stres yang kuat.

Bahkan, Anda perlu tahu bahwa matcha merupakan sumber asam amino terbaik daripada teh-teh lain. Terdapat penelitian, yang menunjukkan bahwa bubuk matcha ampuh untuk mengurangi stress karena kandungan L-theanine tinggi dibandingkan dengan kafein di dalamnya. 

Telur 

Setiap orang pastinya suka dengan telur bukan? Telur sering dianggap sebagai multivitamin alami karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh. 

Telur yang Anda makan sehari-hari mengandung vitamin, mineral, asam amino, serta antioksidan yang mampu mengurangi rasa stres. Tidak hanya itu, telur kaya akan kolin, nutrisi yang ditemukan dalam jumlah besar. Kolin telah terbukti memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres dan meningkatkan suasana hati. 

Alpukat

Buah alpukat juga memiliki fungsi yang baik untuk menurunkan tingkat stres dalam tubuh kita. Alpukat memiliki kadar vitamin dan magnesium serta asam omega 3 yang baik untuk tubuh. Asam omega 3 berfungsi dalam kesehatan otak dan mereda stres. Selain itu magnesium juga memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan saraf dan menjaga mood dan hormon dalam tubuh.

Kerang 

Segala jenis kerang memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi, layaknya taurin. Taurin yang ada pada kerang akan meningkatkan suasana hati. Taurin dan asam amino lainnya diperlukan untuk menghasilkan neurotransmitter layaknya hormon dopamin, yang penting untuk mengatur respons stres. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan. 

Kerang mengandung bahan vitamin B12, zinc, tembaga, dan selenium, yang semua kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan tentu akan mengurangi stress. 

Biji Bunga Matahari 

Biji bunga matahari merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan yang cukup kuat dan sangat penting untuk kesehatan mental.

Anda tahu dengan mengkonsumsi biji bunga matahari akan dikaitkan dengan perubahan suasana hati dan depresi. Biji bunga matahari juga kaya nutrisi penurun stres lainnya, termasuk magnesium, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga. 

Teh Chamomile 

Chamomile salah satu ramuan obat yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai pereda stres alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti membantu seseorang yang sulit untuk tidur dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi. 

Blueberry 

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah blueberry? Semua orang pastinya sudah tahu dengan buah kecil seperti blueberry. Banyak manfaat di dalam buah blueberry untuk kesehatan, termasuk untuk meningkatkan kondisi mood hati.

Bahkan blueberry kaya akan kandungan antioksidan flavonoid yang mampu membantu untuk mengurangi tingkat stress dan kerusakan sel akibat stres. Bahkan, dengan mengkonsumsi blueberry Anda akan mendapatkan anti-depresi dan juga meningkatkan suasana hati. 

Brokoli dan Sayur Berdaun Hijau

Brokoli merupakan makanan yang wajib untuk Anda konsumsi, karena terkenal akan manfaatnya di dalam dunia kesehatan. Dengan mengkonsumsi brokoli, mengurangi potensi risiko kanker, jantung, dan kesehatan mental. 

Di dalam brokoli dan sayuran berdaun hijau lainnya, terdapat kandungan magnesium, vitamin C, dan folat yang mampu menangani permasalahan depresi. Tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan kandungan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat neuroprotektif dan dapat menawarkan efek penenang dan antidepresan dalam brokoli. Jumlah magnesium yang baik dalam sayur berdaun hijau juga dapat mereda tingkat stres.

Ikan

Pastikan bahwa Anda mengkonsumsi ikan, layaknya ikan mackerel, herring, salmon, dan sarden yang kaya akan lemak omega-3 serta vitamin D. Kandungan yang ada di dalam ikan mampu mengurangi tingkat stress dan juga mampu meningkatkan suasana hati. 

Kandungan Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi mampu membantu tubuh Anda dalam mengatasi stres. Fakta yang perlu untuk Anda ketahui, asupan omega-3 yang rendah bisa dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Wah, Banyak Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur
Benarkah Konsumsi Kacang Turunkan Berat Badan?
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?
Daftar Makanan yang Dibenci Sel Kanker
Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan sulfur yang bisa meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan yang ada di dalam bawang putih mampu mengurangi tingkat stres. Anda bisa menggunakan bawang putih dalam mengelola menu sajian di rumah. 

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.