Minum Jus Setiap Hari, Apa Manfaatnya?
Falla Adinda, dr

Minum jus kini menjadi salah satu gaya hidup sehat yang banyak dijalani oleh orang-orang terutama di perkotaan. Banyak alasan yang membuat orang sangat suka mengkonsumsi jus. Salah satu alasannya tentu jus sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Meski begitu, ternyata mengkonsumsi jus juga tidak boleh sembarangan agar mendapatkan manfaat optimal. Berikut ulasan lengkapnya:

Manfaat Minum Jus Rutin

Mengkonsumsi jus buah dan sayur asli sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, banyak ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi jus secara rutin karena memiliki manfaat yang luas seperti di bawah ini:

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat sangat baik terutama terhadap saluran pencernaan seseorang. Konsumsi buah dan sayur ini akan membantu untuk membersihkan usus, ginjal hingga perut dari kotoran dan juga racun.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Jus buah segar yang kaya akan vitamin dan juga mineral sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh secara cepat. Alhasil, energi dan juga stamina tubuh pun akan meningkat berkat keberadaan nutrisi yang penuh dari jus buah dan juga sayuran tersebut. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Orang yang sedang menjalani diet banyak yang disarankan untuk mengkonsumsi jus buah dan sayur sebagai pengganti makanan utama ataupun pendampingnya. Pasalnya jus yang dibuat dari buah dan sayur sangat tinggi akan kandungan serat yang baik untuk mengenyangkan tubuh dan menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin dan juga mineral dari jus sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit seseorang. Alhasil, kulit pun akan lebih lembab, terhidrasi dengan baik dan juga menurunkan risiko penuaan dini pada seseorang.

5. Menormalkan Tekanan Darah

Konsumsi jus secara teratur sangat baik untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi jus tersebut juga sangat baik untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap normal dan baik.

6. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa buah-buahan sangat kaya akan kandungan zat antioksidan yang dapat mencegah tubuh dari paparan radikal bebas berbahaya. Alhasil, konsumsi jus yang dibuat dari buah-buahan ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan menguatkannya. Anda juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah mengandung vitamin C agar tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh meningkat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Magnesium untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
MSM Untuk Arthritis dan Kesehatan Tulang
7 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Beberapa Jus yang Baik untuk Dikonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari jus, berikut adalah resep jus terbaik yang bisa dilakukan:

  • Jus Apel, Seledri dan Bayam

Sekilas mungkin campuran jus ini terasa aneh. Namun pada kenyataannya jus ini sangat baik untuk kesehatan. Cara membuatnya cukup campurkan apel hijau, 1 ½ cangkir daun bayam, dan juga jeruk peras.

  • Jus Tomat dan Mangga

Cara membuat jus mangga dan tomat hanya dengan mencampurkan satu buah tomat segar dan juga mangga yang sudah dikupas. Campur keduanya dan diblender hingga halus. 

  • Jus Wortel dan Strawberry

Buah wortel kaya akan vitamin A seperti strawberry sangat kaya akan vitamin C. Keduanya akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh baik itu daya tahan tubuh maupun kesehatan kulit. Untuk membuat jus ini caranya cukup mencampurkan 2 wortel ukuran besar dengan enam potong strawberry segar. Selanjutnya campurkan dengan yoghurt plain tanpa gula. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Minum Jus

Banyak pakar ahli kesehatan yang lebih menyarankan kepada Anda untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar ketimbang jus. Meski begitu, bukan berarti mengkonsumsi jus tidak disarankan sama sekali. Mengkonsumsi jus memiliki manfaat yang besar bagi tubuh terutama jika jus buah tersebut dibuat sendiri dan tidak diberikan tambahan bahan pemanis dan sebagainya.

Sebenarnya jika jus yang Anda buat sendiri hanya terdiri buah ataupun sayuran murni, maka tidak masalah untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Yang harus sangat Anda perhatikan adalah ketika jus tersebut merupakan jus kemasan ataupun sudah ditambahkan dengan pemanis maupun bahan yang lain. 

Apabila jus yang Anda konsumsi adalah jus kemasan ataupun jus dengan penambahan pemanis, maka telitilah jumlah glukosa yang Anda konsumsi dari jus tersebut. Hindari mengkonsumsinya terlalu banyak mengingat kadar glukosa tinggi dalam darah tidaklah baik. 

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi minuman mengandung vitamin dan mineral yang tinggi setiap hari, maka konsumsi suplemen tentu akan membantu Anda. Di aplikasi Jovee, Anda akan mendapatkan rekomendasi suplemen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jovee juga akan memberikan saran gaya hidup terbaik untuk Anda agar tetap sehat dan bugar.

Cara untuk mendapatkan saran dari ahlinya ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Jovee melalui Google Playstore atau Appstore dan menginstalnya di smartphone. Selanjutnya Anda hanya perlu mengisi beberapa data penting terkait gaya hidup Anda dan kondisi terkini dari tubuh Anda. Jovee kemudian akan menyarankan suplemen penting yang dapat Anda beli secara langsung. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Daftarkan email anda di Ngovee.