7 Cara Mudah Berkonsistensi Pada Diri Sendiri

Sebelum berkonsistensi terhadap orang lain, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan setidaknya Anda harus mengetahui bagaimana cara yang harus dilakukan ketika harus berkonsisten pada diri sendiri. Kebanyakan dari orang akan kurang menyadari betapa berharganya dirinya dalam hidup ini. Bagaimana cara berkonsistensi?

Dengan berkonsistensi terhadap diri sendiri ternyata mampu memberikan dampak yang positif. Terutama dari segi pola pikir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir bagaimana cara bersahabat pada diri sendiri dengan mudah dan tentunya tetap konsisten pada prinsip hidup yang yang Anda miliki.

Cara Berkonsistensi Pada Diri Sendiri

Supaya lebih mudah untuk bisa berkonsistensi, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda terapkan dengan niat yang tulus, diantaranya seperti berikut ini:

  1. Mulailah dari Hal-Hal yang Baik

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, Anda harus memulai beberapa hal yang baik terlebih dahulu termasuk bersikap baik kepada orang lain. Misalnya saja apabila mempunyai kesalahan, maka jangan pernah segan untuk mengatakan maaf. Pastikan bahwa Anda tetap mempertahankan sikap baik terhadap orang-orang yang ada disekitar. Tujuannya yaitu supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Bersikap baik terhadap orang lain, Anda pun juga perlu bersikap baik terhadap diri sendiri meskipun hal ini seringkali diabaikan. Namun cobalah untuk menyadari betapa berharganya diri Anda. Dengan hal ini maka apapun yang dicapai harus menghargai diri sendiri. Melalui cara inilah kebaikan yang dilakukan tentunya tidak akan terbuang percuma.

  1. Jangan Pernah Malu Mengakui Kesalahan

Orang yang baik adalah orang yang mau mengakui kesalahannya. Untuk itu apabila Anda ingin menjadi orang yang baik dan berkonsistensi terhadap diri sendiri, maka jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan. Katakan maaf kepada orang yang sekiranya tersakiti kemudian Anda dapat berniat untuk memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan tersebut.

Kebiasaan baik yang perlu dicontoh pada diri seseorang yaitu keberanian untuk mengakui kesalahan. Hal ini tidak semua orang bisa melakukannya karena rasa gengsi yang lebih besar dibandingkan keberanian untuk mengakui kesalahan. Meminta maaf bukan berarti kalah. Namun hal ini wujud dan bukti bahwa Anda adalah orang yang baik.

  1. Terapkan Prinsip Hidup

Seseorang yang hidup di dunia tentunya akan mempunyai prinsip. Tanpa memiliki prinsip kehidupan tidak akan berjalan dengan baik. Anda harus menerapkan prinsip dalam hidup supaya benar-benar bisa menikmati hidup dengan sebaik mungkin. Misalnya saja dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, prinsip hidup untuk tetap menjadi orang baik ataupun prinsip yang lainnya.

  1. Jangan Memiliki Rasa Balas Dendam

Mempunyai rasa dendam justru akan membuat perasaan kacau dan seringkali membuat diri Anda akan jauh dari kata baik. Meskipun ada banyak orang yang sekiranya tidak bersikap baik kepada Anda. Sebaiknya jangan melakukan hal yang sama. Tetaplah bersikap baik kepada orang yang tidak baik kepada Anda karena orang yang baik tentunya tidak akan mengharapkan timbal balik dari sikap orang lain.

  1. Hargai Diri Sendiri

Ingat bahwa Anda harus menghargai diri sendiri sebelum menghargai orang lain. Seperti yang ada di atas bahwa Anda adalah orang yang sangat berharga bagi diri sendiri. Sehingga berikan penghargaan supaya mempunyai kebanggaan tersendiri mengenai kelebihan yang dimiliki. Meskipun masih banyak kekurangan yang dimiliki, namun setidaknya berbanggalah karena orang lain belum tentu bisa seperti Anda. Begitu juga dengan sebaliknya.

  1. Manjakan Diri Anda

Berkonsistensi pada diri sendiri tidak terus menerus mengedepankan kepentingan orang lain. Akan tetapi memanjakan diri juga sangat penting dilakukan. Cara ini menjadi wujud supaya merasa lebih bersemangat untuk tetap menjalani kehidupan yang penuh dengan rintangan. Cara yang bisa dilakukan untuk memanjakan diri yaitu dengan melakukan hobi, memberikan hadiah pada diri Anda pada saat mencapai sesuatu hal yang sudah ditargetkan.

  1. Fokus Pada Dampak yang didapatkan

Pada saat Anda mulai merasa menyerah karena banyaknya cobaan yang harus dihadapi, tetaplah berfokus pada dampak yang akan Anda dapatkan nantinya. Berkonsistensi pada diri sendiri mampu memberikan dampak yang positif. Salah satunya yaitu membuat kehidupan menjadi lebih bermakna.

Ilustrasi: Positive thinking

Menjadi orang baik memang bukanlah perkara yang mudah dilakukan, karena banyaknya cobaan yang harus dihadapi. Terkadang hasil yang diberikan pun juga tidak sepenuhnya berjalan dengan baik. Namun setidaknya Anda selalu berusaha agar bisa berkonsistensi pada diri sendiri supaya tahan terhadap ujian dan godaan yang seringkali datang silih berganti. Meskipun terkadang Anda akan merasa menyerah.

Baca juga: Mengenal Seputar Self Conscious, Sama Dengan Cemas?

Cermin dari perilaku konsistensi pada diri seseorang memang dapat terlihat dari segi tutur bahasa, cara berpikir, konkret dalam bertindak, bersikap korektif, dan juga teguh dalam berprinsip. Dalam hal ini berarti bahwa seseorang tersebut harus mengetahui mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk kedepannya. Itulah cara berkonsistensi pada diri sendiri.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee