8 Cara Mengatasi Stress Yang Ampuh, Apa Saja?

Rasa stres memang seringkali menghantui hampir semua orang. Merasakan stres yang berkepanjangan ternyata sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan tubuh. Kondisi seseorang yang sedang mengalami stres akan memberikan kesempatan bagi penyakit untuk bermunculan.

Jika sekiranya Anda tidak ingin ada penyakit masuk ke dalam tubuh, maka Anda harus mengatasi rasa stres dengan sebaik mungkin. Bagaimana cara mengatasi stress?

Stress adalah serangkaian tekanan emosional maupun psikis yang terjadi akibat kejadian atau pemikiran yang membuat Anda frustasi, marah atau gugup. Stress adalah reaksi tubuh pada tantangan atau permintaan.

Ketika seseorang mengalami stres maka bagian hormon kortisol dan juga adrenalinnya semakin meningkat di dalam tubuh. Sehingga seringkali memicu adanya kemunculan penyakit jantung, depresi, bahkan sampai adanya gangguan pencernaan. Ternyata rasa stres yang dialami secara berkepanjangan bisa berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Oleh karena itu orang yang mudah stres akan lebih mudah terjangkit penyakit.

Cara Mengatasi Stress

Menghilangkan rasa stres pada dasarnya sangat mudah dilakukan asalkan diri seseorang mempunyai niat yang kuat untuk bisa menghilangkan rasa stres tersebut. Sementara stres dapat dimunculkan dari beberapa faktor.

Baik itu adanya beban pekerjaan yang cukup berat, masalah perekonomian, masalah percintaan, ataupun yang lainnya. Untuk setiap orang tentunya mempunyai cara yang berbeda dalam mengatasi rasa stres.

Ilustrasi: Orang Yang Mengalami Stres

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi stres, diantaranya:

  1. Lakukan Kegiatan yang Anda Sukai

Pada saat pikiran sedang kacau maka jangan hanya rebahan di kasur saja. Hal ini tidak akan menghilangkan rasa stres Anda, justru akan perasaan yang berkecambuk.

Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan sesuai yang Anda sukai. Menghilangkan rasa stres pun juga bisa dilakukan ketika melakukan aktivitas sesuai hobi. Misalnya saja dengan berolahraga atau menonton televisi.

  1. Tetaplah Aktif Beraktivitas

Jangan pernah mengurung diri pada tempat yang sepi ketika sedang merasakan stres. Hal ini dapat menimbulkan perasaan semakin tidak karuan. Cara yang bisa dilakukan yaitu buatlah tubuh supaya tetap aktif beraktivitas. Cara ini bisa meringankan rasa  stres yang sedang dialami, karena Anda tidak hanya terfokus pada satu hal yang  menimbulkan rasa stres tersebut muncul.

  1. Dengarkan Musik Slow

Alunan musik slow tidak hanya enak didengarkan, ternyata kehadiran musik slow mampu membuat perasaan lebih tenang dan mampu menghilangkan stres. Terlebih lagi musik  yang memiliki nada lembut, ternyata mampu menjadikan hormon kortisol beserta tekanan darah mengalami penurunan. Dengan hal ini maka seseorang yang sedang stres disarankan untuk mendengarkan musik slow.

  1. Melakukan Meditasi

Meditasi sangat tepat untuk dijadikan solusi bagi Anda yang sedang dilanda banyak masalah. Meditasi bisa membuat pikiran lebih fokus terhadap hal-hal yang terjadi maupun tujuan awal. Teknik meditasi yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik meditasi mindful.

Melalui kegiatan meditasi inilah maka diri Anda bisa memfokuskan pada setiap hal yang sedang dirasakan. Ditambah lagi dengan meditasi mantra yang akan memusatkan pikiran seseorang melalui pengulangan kata secara berulang-ulang.

  1. Melakukan Olahraga

Saat pikiran sedang stres kebanyakan orang akan menghabiskan waktunya untuk tidur atau hanya untuk rebahan saja. Namun ternyata Anda tidak disarankan untuk melakukan hal ini karena justru akan memperburuk suasana hati. Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga sesuai hobi. 

Secara tidak langsung melakukan olahraga ternyata mampu menghilangkan stres karena dengan berolahraga produksi hormon stres kortisol yang terdapat pada tubuh dapat menurun.

Melakukan olahraga ketika stres juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan mood pada diri seseorang. Pada saat seseorang mengalami stres tentunya akan mengalami kesulitan tidur. Untuk mengatasi hal ini maka olahraga menjadi solusi yang tepat.

  1. Tuliskan Perasaan Anda

Salah satu cara mengatasi stress yang bisa dicoba adalah menulis. Tidak ada salahnya jika Anda tulis apa yang Anda rasakan ke dalam bentuk tulisan. Cara ini sangat tepat bagi Anda yang sekiranya tidak mempercayai orang atau tidak mempunyai teman yang dapat dipercaya.

Dengan menuliskan perasaan ke dalam buku diary tersebut maka akan membuat perasaan lebih lega dan sedikit mengurangi rasa stres.

  1. Berbelanja

Kebanyakan dari wanita mempunyai hobi berbelanja. Ternyata berbelanja sangat ampuh untuk menghilangkan rasa stres yang sering kali melanda. Ternyata tips pergi berbelanja ketika sedang stres dapat menjadi solusi supaya diri seseorang dapat menghilangkan pikirannya yang sedang kacau.

Pergilah ke tempat belanja seperti pergi ke mal atau, pusat perbelanjaan untuk menghilangkan rasa stres sekaligus untuk membeli barang yang Anda sukai.

  1. Pergi Ke Tempat Karaoke

Sebagian orang akan memilih berteriak sekencang mungkin untuk bisa meluapkan rasa stres yang sedang dialaminya. Dengan pergi ke tempat karaoke maka Anda tidak hanya bisa melatih vokal saja. Akan tetapi juga bisa bernyanyi sekeras mungkin supaya pikiran yang mengganjal dapat dilepaskan. Dengan hal ini maka pikiran akan menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa cara mengatasi stress. Setiap orang akan mempunyai cara mengatasi stress yang berbeda dalam menghadapi setiap masalahnya. Ada yang tetap bersemangat meskipun sedang dilanda banyak masalah.

Namun ada juga diri seseorang yang yang menghabiskan banyak waktunya untuk diam ketika sedang menghadapi masalah. Apapun jenis masalah yang membuat pikiran Anda stres, tetaplah menyayangi diri sendiri dengan cara mengikuti beberapa tips di atas.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan disini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee