Mata Sembab Setelah Menangis? Atasi dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Terlalu lama menangis maka hal ini dapat berdampak pada tampilan mata yang sembab. Mata sembab seringkali terjadi apabila diri seseorang terlalu lama menangis. Sebagian orang tentunya akan merasa malu ketika harus ketahuan menangis melalui matanya yang sembab. Oleh karena itu Anda perlu melakukan cara supaya mata sembab tidak terlihat. Bagaimana cara mengatasi mata sembab?

Secara umum, ketika diri seseorang menangis maka cairan akan berkumpul pada bagian jaringan yang ada di sekitar kelopak mata maupun bagian mata. Jika menangis terlalu lama maka hal ini bisa menimbulkan mata sembab. Apabila sekiranya Anda tidak ingin memiliki mata sembab ketika setelah menangis maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

Dengan menangis maka perasaan sedih dapat diminimalisir dan tentu diri seseorang sudah bisa melakukan ekspresi mukanya supaya tidak menangis lagi. Jika sekiranya Anda sudah selesai menangis dan mendapati mata sembab, maka lakukan beberapa cara berikut supaya bisa mengatasi mata yang sembab, di antaranya:

  1. Mengompres Menggunakan Air Dingin

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin. Silahkan kompres mata mulai dari sudut bagian dalam mata dan tekan sedikit ke bawah kulit sampai mencapai bagian sudut mata paling luar. Anda bisa mengaplikasikannya dengan pijatan selama 5 menit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali supaya mata yang sembab bisa segera teratasi.

Selain mata sembab, biasanya bagian putih mata juga akan memberikan perubahan warna menjadi kemerahan. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan obat tetes mata generik. Dengan obat tetes yang Anda gunakan tersebut maka sangat ampuh dalam menghilangkan kemerahan pada mata.

  1. Kompres Menggunakan Teh Celup

Teh celup tidak hanya bisa digunakan untuk menyempitkan bagian pembuluh darah saja. Akan tetapi juga dapat mengurangi bengkak ataupun mata sembab yang disebabkan akibat terlalu lama menangis. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencelupkan 2 kantong teh dalam air es 10 menit. Kemudian tekan ke bawah kulit mata hingga sudut mata paling luar, silahkan lakukan pijatan ringan selama 5 menit. Supaya hasilnya optimal dan cepat menghilangkan sembab Anda dapat mengulangi prosedur seperti ini beberapa kali.

  1. Kompres Menggunakan Irisan Kentang Atau Timun

Cara klasik yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan irisan kentang ataupun irisan timun yang masih segar, kemudian menempelkannya di atas mata. Anda bisa melakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit lamanya. Sensasi dingin pada kentang dan timun bisa Anda rasakan dan hal ini dapat mengencangkan bagian pembuluh darah.

Timun memiliki kandungan berupa antioksidan yang kuat. Sementara untuk kentang memiliki kandungan berupa enzim pencerah kulit. Apabila keduanya diaplikasikan maka dapat mengempiskan bagian kantung mata dan bisa mengecilkan mata yang sembab.

  1. Gunakan Concealer

Penggunaan konsiler bisa dilakukan untuk bisa menyembunyikan warna kemerahan yang tersisa pada bagian wajah maupun pada area mata paling bawah. Anda dapat membalurkan nya secara merata sebelum membubuhkan menggunakan bedak tabur maupun bedak padat supaya dapat mengunci konsiler. 

  1. Kompres Menggunakan Sendok Dingin

Silahkan mengompres menggunakan sendok dingin jika sekiranya mata sembab Anda akibat menangis belum juga reda. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meletakkan sendok ke dalam kulkas sebentar atau bisa juga dengan mencelupkan sendok ke dalam air es setelah itu barulah Anda mengompresnya kebagian kelopak mata.

Pada waktu yang bersamaan, Anda dapat melakukan pemijatan lembut pada bagian batang hidung selama beberapa menit saja dan pastikan posisi mata Anda tertutup. Hal ini tidak hanya mengurangi pembengkakan pada area mata yang lembab saja. akan tetapi juga bisa mengurangi adanya tekanan sinus.

Alasan Mengapa Air Mata Sembab Setelah Menangis

Ilustrasi: Orang Menangis

Semua orang tentunya akan memiliki mata sembab setelah menangis. Akan tetapi untuk air mata yang dikeluarkan setiap masing-masing orang tentunya berbeda. Sementara ada tiga air mata yang bisa Anda ketahui seperti air mata refleks, air mata basal, dan air mata emosional. Untuk masing-masing dari air mata mempunyai kandungan kimia berbeda. Hal ini dikarenakan fungsinya juga berbeda.

Ada beberapa alasan yang menimbulkan mata sembab setelah menangis. Salah satunya yaitu air mata yang dikeluarkan adalah air mata emosional. Untuk air mata basalt tersebut diproduksi untuk bisa melumasi bagian mata sampai terlindungi, sehingga membuat kondisi mata sehat. Dalam kondisi seperti inilah yang lebih memungkinkan pada bagian kelopak mata bisa bergerak secara halus, sehingga mengalami gesekan rendah.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Ketika kita menangis, kita membuat banyak air mata. Air mata emosional membuat air mata lebih tidak asin dan membanjiri sistem drainase. Hal ini  menyebabkan air mata tumpah dari mata dan hidung. Saat tubuh bekerja untuk menyerap kembali cairan, sebagian air tertahan di jaringan di bawah mata, membuat area tersebut bengkak.”

Menangis tentunya hampir dialami oleh semua orang. Sebab itu wajar saja apabila sering kali menimbulkan mata sembab. Untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara di atas bisa Anda ikuti meskipun pada dasarnya air mata yang sembab bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika Anda ingin menghilangkan dalam waktu yang cepat, beberapa cara di atas bisa Anda coba.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee