Ini Makanan Yang Menyebabkan Kandungan Lemah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Ada berbagai macam penyebab kandungan sang ibu menjadi lemah termasuk dari berbagai makanan penyebab kandungan lemah. Hal ini memang berbahaya bagi mereka ibu yang sedang hamil. Kandungan yang lemah menjadi penyebab mengalami keguguran.

Kandungan lemah ini bisa membuat janin meninggal di dalam kandungan atau pun keguguran berulang. Tetapi hal yang menyebabkan kandungan lemah juga dapat dari makanan.

Hindari Beberapa Makanan Berikut Agar Kandungan Tetap Sehat

Berikut akan diulas apa saja daftar makanan yang bisa menjadi penyebab kandungan ibu menjadi lemah terutama saat sedang hamil muda.

Jahe merah

Salah satunya ialah jahe merah yang merupakan salah jenis obat alami atau herbal yang sering digunakan dan bahkan sangat ampuh untuk mengobati ragam penyakit. Tetapi ternyata jahe yang jenis jahe merah berbahaya bagi ibu karena dapat meningkatkan risiko muncul kontraksi.

Jahe tersebut dapat membuat tubuh kita panas dengan meningkat cepat dan juga membuat si ibu menjadi lemah. Meski jahe juga memang diperlukan saat sedang flu atau jenis keluhan yang lain, lebih baik batasi supaya tidak merasakan efek samping tersebut. Kamu bisa mencoba alternatif obat alami lain selain jahe merah.

Pare

Beberapa ibu mungkin suka dengan pare, memang terdapat berbagai macam manfaat dari konsumsi pare ini bagi mereka ibu hamil. Bisa juga pare baik untuk janin di dalam kandungan. Jadi, pare ini mengandung nutrisi magnesium, seng, kalium, dan vitamin B. Namun, perlu kita ketahui kalau pare ini ternyata terkandung bahan kimia yang alami sebagai makanan penyebab kandungan lemah.

Bahan kimia tersebut yang bisa memicu kontraksi serta membuat gula darah meningkat. Sehingga pare yang bisa menyebabkan gestational diabetes. Kandungan visin di dalam pare dapat juga menyebabkan pendarahan yang berat akibat dari sel-sel darah yang pecah dalam tubuh. Sehingga akan lebih baik kamu konsumsi sayur lain selain pare.

Nanas

Perlu dipahami kalau semua makanan yang bisa memicu panas sebaiknya tak dikonsumsi ibu hamil. Salah satu makanan yang menjadi pemicu panas yaitu buah nanas. Konsumsi buah nanas bisa saja membuat kontraksi di rahim makin meningkat sehingga bisa mengalami keguguran. Selain buah nanas, ada beberapa makanan yang memicu panas lainnya. Sering bahaya dari buah nanas ini tidak disadari. Tim Nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, menambahkan bahwa nanas memiliki enzim bromelain yang meningkatkan kontraksi uterus atau rahim yang dapat menyebabkan risiko keguguran.

Kue tidak matang sempurna

Dari semua kue yang bahan dasarnya tepung sebaiknya tidak dikonsumsi juga untuk ibu hamil. Karena adonan di dalam kue awalnya mengandung telur mentah. Maka kemungkinan adonan kue tersebut yang dimasak masih belum matang bisa menyebabkan bakteri salmonela muncul dari telur. Dari infeksi bakteri tersebut bisa melemahkan kandungan dan bisa membuat janin ibu keguguran.

Lidah buaya

Lidah buaya sering kali dijadikan jus yang lebih baik juga dihindari termasuk nata coco yang dibuat dengan lidah buaya. Lidah buaya memang lebih dikenal obat untuk berbagai keluhan bagi ibu hamil. Tetapi lidah buaya bisa mendorong kontraksi rahim yang dapat meningkatkan resiko terjadi keguguran dan juga kelahiran prematur.

Asupan lidah buaya juga dapat menyebabkan efek yang lain seperti kondisi gula darah bisa turun cepat. Sehingga bisa dibilang termasuk makanan penyebab kandungan lemah.

“Beberapa makanan memang sebaiknya dihindari ketika Anda sedang hamil. Makanan mentah seperti sushi, telur setengah matang, dan lainnya tidak disarankan karena dapat berisiko terjadinya infeksi dari bakteri dan cacing yang masih ada karena suhu makanan yang tidak matang. Pastikan makanan matang di atas suhu masaknya, seperti pastikan suhu bagian dalam daging di atas 70 derajat Celcius.” tambah Nutrisionis Jovee, Kelvin Halim. 

Kalau Anda penasaran dengan tips kesehatan lainnya? Simak informasi selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee dengan melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin dengan berkualitas terbaik hanya dari Ngovee.