Kenali Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Sering kali terjadinya perubahan pada tubuh ibu yang tengah hamil dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil. Biasanya seorang ibu yang tengah hamil akan membutuhkan darah segar yang lebih dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut kerap berimplikasi pada terjadinya anemia pada ibu hamil.

Anemia yang terjadi pada ibu hamil umumnya dikarenakan kebutuhan darah yang seharusnya tidak tercukupi dengan baik. Oleh karenanya, gejala anemia dapat dengan mudah menyerang ibu hamil. Tentunya anemia tersebut dapat berbahaya pada diri ibu hamil dan terlebih pada bayi yang tengah berada dalam kandungannya.

Jenis dan Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia pada ibu hamil dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yakni:

1.     Anemia defisiensi dari vitamin B12

Kekurangan asupan vitamin B12 dapat mempengaruhi produksi sel darah merah yang ada dalam tubuh. Hal tersebut memicu timbulnya gejala anemia yang dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami kekurangan pasokan darah.

2.     Anemia defisiensi asam folat

Asam folat berperan dalam proses pembentukan protein dalam tubuh. Selain itu, asam folat juga menjaga dari terjadinya gangguan dalam pencernaan. Kekurangan asam folat akan berimplikasi pada kekurangan darah yang dialami oleh ibu hamil

3.     Anemia defisiensi zat besi

Seperti yang telah diketahui, bahwa zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah dalam tubuh. Oleh karenanya, kekurangan zat besi tentunya menyebabkan gejala anemia yang dirasakan oleh ibu hamil.

Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Pada saat ibu hamil mengalami anemia ,terdapat beberapa gejala yang umum timbul dan dapat diidentifikasi sebagai awal dari terjadinya anemia dalam tubuh ibu hamil. Apa saja gejala dari anemia tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  • Napas yang terasa sesak
  • Pusing
  • Tubuh merasa mudah letih, lemah dan lesu secara berkelanjutan
  • Detak jantung yang tidak berirama
  • Terjadi perubahan pada warna kulit maupun bibir yang mana cenderung memucat
  • Cenderung sulit untuk berkonsentrasi

Bila anemia pada ibu hamil sudah dirasa semakin parah, akan dijumpai rasa sakit yang terjadi di sekitar daerah dada dan juga sakit kepala. Tak jarang juga timbul beberapa gejala lain seperti rambut yang mudah rontok dan telinga yang cukup sering berdenging tiba-tiba.

Cara Mengatasi Kekurangan Darah Pada Tubuh

Anemia bila dibiarkan akan dapat membahayakan kesehatan tubuh dari ibu hamil dan juga janin. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa cara untuk mengatasi penyakit kekurangan darah atau anemia, khususnya pada ibu hamil. Cara mengatasinya antara lain:

1.     Konsumsi makanan bernutrisi

Bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan sel darah dalam tubuh, perlu banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi. Khususnya makanan yang mengandung asam folat dan juga zat besi.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan kaya folat antara lain buah-buahan seperti alpukat, jeruk, serta gandum. Adapun zat besi banyak diperoleh dari sayuran hijau, kacang polong, makanan sari laut seperti kerang, cumi, serta susu yang telah mengalami proses pasteurisasi.

2.     Konsumsi suplemen

Langkah mengatasi anemia dapat dilakukan dengan rutin konsumsi suplemen penambah zat besi, asam folat dan juga vitamin B12. Adapun dosis konsumsi dari suplemen tersebut disesuaikan dengan keterangan lebih lanjut dari dokter. Konsumsi yang rutin dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat dan vitamin B12 untuk produksi sel darah merah.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Normalnya, kadar hemoglobin ibu hamil pada trimester pertama dan kedua lebih dari 11g g/dL. Namun, pada trimester ketiga biasanya kadarnya berkurang menjadi di bawah 10,5 g/dL.

Penurunan kadar hemoglobin selama kehamilan terjadi karena ekspansi volume plasma darah yang lebih besar ketimbang laju peningkatan sel darah merah, ibu hamil dianjurkan untuk mendapat zat gizi tambahan pada fase setelah trimester kedua untuk mencegah anemia.”

Demikian informasi seputar gejala anemia pada ibu hamil dan cara mengatasinya dengan baik.

Penuhilah kebutuhan suplemen harian dengan mengunduh aplikasi Jovee pada Google Play Store maupun App Store. Vitamin terlengkap hanya dari Ngovee.