Alami PCOS, Apa Bisa Hamil?
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) termasuk gangguan hormonal yang dialami kaum wanita dan dikenal mempengaruhi kesuburan. Alhasil banyak yang khawatir tidak bisa hamil karena pcos belum ada obatnya, belum lagi penderita harus mengatur pola hidup sehat agar tidak mengganggu aktivitasnya.

Lantas muncul pertanyaan, apa jika mengalami Pcos masih bisa hamil? Tenang saja. Walaupun pcos menyebabkan penderita sulit hamil tetapi banyak penderita berhasil hamil. Yang terpenting rutin berkonsultasi dengan dokter agar program hamil berjalan lancar, pastinya tidak mengganggu kesehatan anda dan janin.

Cara Agar Penderita PCOS Bisa Hamil

Jangan salah, penderita pcos bisa hamil asalkan caranya tepat. Tentunya dengan bantuan program kehamilan dan perawatan kesuburan agar sel telur dapat dibuahi. Walaupun pcos membuat ovulasi tidak dapat terjadi, dengan penangan tepat kehamilan bisa terjadi. Berikut ada cara tepat agar hamil walaupun mengalami polycystic ovarian syndrome, berikut ada caranya:

Rajin Berolahraga

Berolahraga secara rutin mampu membuat tubuh selalu bugar dan stamina tetap terjaga. Dengan begitu tubuh siap mempersiapkan kehamilan, apalagi olahraga ampuh memberikan peluang kehamilan walaupun kesuburan anda bermasalah.

Selain itu olahraga mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh, tidak perlu olahraga berat. Cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, Yoga, jogging, pilates maupun bersepeda. Agar olahraga tidak bosan, anda bisa mengajak orang tercinta sehingga olahraga semakin menyenangkan.

Menjaga Asupan Nutrisi

Sudah dibuktikan pola makan yang tepat membuat penderita pcos memiliki kesempatan hamil, alasannya karena asupan nutrisi tepat membuat tubuh selalu prima dan terhindar dari penyakit. Bahkan nutrisi yang tepat membuat kadar gula tetap stabil menjadi resisten pada insulin.

Alasannya karena nutrisi yang maksimal membuat pankreas mampu menghasilkan insulin yang banyak. Dengan begitu indung telur dapat menghasilkan banyak hormon testosteron lebih banyak.

Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal bagi penderita pcos sangat penting karena membantu kehamilan terjadi, jangan sampai anda tidak menjaga berat badan. Hal tersebut membuat kehamilan semakin sulit, apalagi wanita pcos tidak dapat hamil akibat berat badannya berlebih. 

Anda tidak perlu risau memikirkan cara menjaga berat badan, anda dapat berkonsultasi rutin dengan dokter. Dengan begitu dokter akan memberikan arahan dan cara terbaik menjaga berat badan, pasalnya tidak semua orang memiliki berat badan ideal. Ada yang cepat gemuk dan ada yang nggak bisa gemuk walaupun asupan nutrisinya tinggi.

Pengobatan yang Tepat

Pengobatan yang dilakukan tepat dan terarah dapat membantu untuk mengatasi PCOS. Tentunya pengobatan yang utama adalah perawatan kesuburan dan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu sehingga kehamilan cepat terjadi.

Dengan pengobatan yang tepat, ovulasi pasti akan terjadi. Agar hasilnya maksimal, sepasang suami istri harus memperhatikan kapan masa subur istri sehingga sel telur sudah matang dan siap dibuahi. Selain itu dokter akan memantau kondisi anda selama proses pengobatan agar membuahkan hasil, anda wajib berusaha secara lahir dan batin agar dapat hamil. Yaitu menerapkan gaya hidup sehat dan selalu berdoa agar bisa hamil.

Melakukan Pembedahan

Anda menginginkan hamil dalam waktu singkat akibat pernikahan sudah bertahun-tahun? Melakukan pembedahan adalah solusi cepat yang dilakukan penderita pcos. Yaitu melakukan pembedahan ovarium laparoskopi, tetapi sebelum pembedahan anda akan diperiksa apakah terdapat tanda penyumbatan di saluran tuba falopi atau tidak.

Setelah semua bagian penting kehamilan di periksa maka dilakukan perbaikan masalah pada organ reproduksi. Intinya, kehamilan bisa terjadi. Bahkan anda bisa memilih program bayi tabung loh sehingga hasilnya cepat dilihat.

Memprioritaskan Kesehatan

Agar penderita pcos bisa hamil, wajib memprioritaskan kesehatan. Untuk itulah anda wajib menghindari makanan atau minuman yang tidak sehat, tentunya tidak terlalu sibuk agar kesehatan tetap terjaga. Tak ayal kebanyakan penderita pcos memilih tidak bekerja demi menjaga kesehatan, dengan begitu bisa hamil.

Selain itu pantang memakan makanan cepat saji atau makanan berlemak karena mengganggu kesehatan anda. Disarankan memasak sendiri sehingga mengetahui kandungan bumbu masakan tersebut, bayangkan saja jika anda membeli makanan jadi. Pastinya tidak mengetahui seperti apakah makanan tersebut dimasak dengan bumbu-bumbu. Alih-alih tak ingin repot, justru kesehatan terganggu akibat pcos menyebar ke organ lain.

Menghandle Ngidam Yang Tidak Sehat

Mengabaikan keinginan ngidam memang sangat berat, khususnya bagi penderita pcos. Pasalnya kebanyakan wanita ngidam memilih makanan atau minuman tidak sehat sehingga kesehatan terjadi. Ia seolah tidak peduli betapa sulitnya hamil di tengah-tengah pcos, usahakan anda menghandle ngidam yang tidak sehat agar kehamilan yang anda terima tidak terganggu.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Apakah Ukuran Mempengaruhi Kualitas Hubungan Seksual Pasangan?
Jenis Kontrasepsi, Manakah yang Lebih Aman?
Pola Makan Tidak Sehat, Pembunuh Nomor Satu Di Dunia
Kenali Pentingnya Berat Badan Ideal Bagi Pria
Pentingnya Senam Kegel Sederhana dan Cara Melakukannya

Peluang penderita pcos hamil terbuka lebar asalkan anda menjaga kesehatan agar tubuh dan mental anda siap menghadapi kehamilan. Jangan sampai pertanyaan ‘pcos apa bisa hamil’ mempengaruhi kesehatan anda. Usahakan suami istri saling mengerti agar cepat mendapat keturunan.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.