Wanita Harus Tahu, Berikut 4 Obat Keputihan Alami Tanpa Bahan Kimia

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Keputihan merupakan hal normal bagi wanita, salah satunya adalah sebagai bentuk mekanisme dalam vagina untuk membersihkan diri secara alami. Selain itu, keputihan juga sebagai tanda adanya perubahan hormon sebelum menstruasi dan menjelang ovulasi. Keputihan yang normal tidak mengganggu dan tidak memerlukan obat keputihan karena biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Keputihan juga terjadi akibat adanya kondisi tertentu pada organ intim hingga menimbulkan keputihan tidak normal. Keputihan yang normal tidak memiliki bau dan biasanya berwarna jernih hingga putih susu yang bersih. Namun keputihan tidak normal memiliki ciri sebagai berikut:

  • Berbau menyengat dan tidak sedap
  • Vagina terasa gatal, perih, hingga panas
  • Jumlah cairan dari vagina yang keluar lebih banyak dari biasanya
  • Berwarna kekuningan, kehijauan, hingga coklat. Beberapa kasus disertai juga dengan darah seperti bercak darah
  • Keputihan disertai dengan rasa nyeri pada area panggul, ketika buang air kecil, dan saat berhubungan seksual

Keputihan yang tidak normal dan memiliki gejala seperti yang telah disebutkan perlu segera ditangani. Lakukan pemeriksaan dengan dokter agar mengetahui secara pasti penyebab terjadinya keputihan tidak normal. Hindari menggunakan obat kimia tanpa resep dokter karena dapat menyebabkan keputihan menjadi semakin parah.

Bahan Alami Untuk Atasi Keputihan

Keputihan yang terjadi dalam waktu lama dapat membuat rasa tidak nyaman di area organ intim sehingga perlu diatasi dengan baik. Keputihan dapat diatasi dengan beberapa bahan alami yang biasa digunakan sebagai obat tradisional. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai obat keputihan alami:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal dengan manfaatnya untuk melembabkan kulit dan menghilangkan kutu rambut. Ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi keputihan secara efektif. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke area vagina untuk mengurangi rasa gatal dan bau tidak sedap akibat keputihan.

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan senyawa yang bersifat antiradang, antijamur dan antibakteri. Sehingga jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi keputihan tidak normal yang disebabkan oleh infeksi. Penelitian menyebutkan, krim yang memiliki kandungan ekstrak jahe dapat menurunkan peradangan dan gejala yang ditimbulkan akibat keputihan tidak normal.

3. Yoghurt

Yogurt kaya akan kandungan probiotik atau disebut juga bakteri baik yaitu Lactobacillus Aciddophilus. Bakteri baik tersebut dipercaya efektif dalam membunuh jamur C. albicans yaitu jamur penyebab infeksi pada vagina. Sehingga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan yang tidak normal.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, ”Penggunaan Lactobacillus  baik dikonsumsi melalui mulut dengan cara dimakan atau diminum maupun intravagina telah terbukti efektif membantu dalam menangani infeksi pada vagina.  Dengan mengonsumsi yoghurt, Lactobacillus diharapkan dapat bermigrasi dari usus ke vagina melalui kulit perineum dan vulva. Namun penggunaan secara langsung dengan cara intravagina dinilai menguntungkan dalam efisiensi dosis, frekuensi penggunaan, dan tidak terganggu oleh penyerapan usus.” 

Perlu diingat bahwa hanya yoghurt tawar atau plain yogurt saja yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi keputihan. Anda dapat menggunakan yoghurt dengan cara mengoleskannya pada area vagina selama beberapa hari dengan pemakaian 2 kali dalam sehari.

4. Bawang Putih

Obat tradisional lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi keputihan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan zat antijamur dan antibakteri yang dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab keputihan. Anda bisa menggunakan bawang putih dengan cara menghaluskannya, kemudian masukkan bawang putih yang sudah halus ke dalam vagina.

Keputihan dapat diatasi dengan menggunakan obat keputihan baik dari resep dokter maupun obat tradisional. Namun akan lebih baik untuk mencegah terjadinya keputihan tidak normal dengan selalu menjaga kebersihan organ intim. Keputihan dapat dicegah apabila organ intim dalam keadaan sehat dan selalu bersih.

Dapatkan rekomendasi vitamin sesuai kebutuhan personalmu hanya di Ngovee. Daftarkan email Anda di Ngovee untuk dapatkan informasi seputar kesehatan terlengkap. Unduh aplikasinya melalui Playstore maupun Appstore.