Masih Penasaran? Yuk, Ketahui Ciri-Ciri Hamil

Khusus untuk pasangan yang telah menikah, kehamilan adalah sebuah keistimewaan yang dianugerahkan khusus oleh Sang Pencipta. Kehamilan pastinya akan mendatangkan kabar gembira dan juga disambut dengan haru. Namun tidak sedikit yang masih bingung tentang ciri-ciri orang hamil, khususnya bagi pasangan yang baru menikah.

Padahal selain ditandai dengan perut yang semakin membesar, ada beberapa ciri-ciri kehamilan yang pastinya dirasakan oleh para calon ibu ketika hamil. Apa saja ciri kehamilan itu? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Ciri-Ciri Kehamilan?

Bagi sebagian besar masyarakat awam, kehamilan identik dengan kandungan yang membesar, yang mana hal tersebut terjadi karena sebuah proses panjang yang terjadi dalam rahim seorang ibu. Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, kemudian terjadi proses yang dinamakan implantasi, yakni adanya efek pendarahan yang terjadi di awal kehamilan.

Setelah itu, akan dirasakan beberapa ciri-ciri orang hamil yang dirasakan oleh sebagian besar wanita ketika menjalani masa kehamilan. Beberapa ciri dari orang hamil tersebut antara lain:

· Menstruasi yang terlambat

Ciri umum yang dapat dikenali dari orang hamil yakni terjadinya keterlambatan dalam siklus menstruasi. Dalam kasus lain, terdapat beberapa wanita yang tidak mengalami menstruasi. Hal ini karena tubuh wanita yang hamil telah mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG) yang mana mampu menghentikan siklus menstruasi tiap bulannya.

· Terjadi pendarahan yang ringan

Pada saat janin menempel pada dinding rahim, hal tersebut merusak pembuluh darah dinding rahim yang mana mengakibatkan adanya pendarahan yang umumnya terjadi dalam jangka waktu 7-12 hari ketika sel telur telah dibuahi. Pendarahan umumnya keluar seperti darah  ketika masa menstruasi setiap bulannya.

· Kram pada perut

Selain pendarahan, tak jarang juga dijumpai kram yang terjadi pada bagian perut. Hal ini umumnya seperti rasa kram pada saat sebelum menstruasi, akan tetapi gejala yang dirasakan sedikit lebih ringan. Biasanya kram perut tersebut dirasakan pada awal-awal kehamilan.

· Rasa mual dan ingin muntah

Young pregnant woman having toxicosis in first trimester

Ciri yang cukup lumrah dialami oleh sebagian besar dari wanita yang tengah hamil ialah rasa mual yang tak jarang diikuti oleh perasaan ingin muntah. Meskipun terkadang tidak dijumpai muntah namun rasa mual tersebut cukup dirasakan oleh wanita hamil kebanyakan. Rasa mual tersebut dapat dirasakan sewaktu-waktu baik itu di pagi hari maupun sore hari.

· Pinggang yang sakit pada bagian bawah

Pada periode awal kehamilan juga kerap dijumpai sakit pinggang yang terjadi pada bagian bawah, dimana hal tersebut akan kemungkinan terus berlanjut pada masa kehamilan. Hal ini karena adanya berat badan yang bertambah serta postur tubuh yang juga turut berubah.

· Payudara yang mengalami perubahan

Ketika wanita tengah hamil, terjadi perubahan pada ukuran payudara. Biasanya dijumpai ukuran payudara yang sedikit membengkak dengan disertai rasa nyeri ataupun sakit.

“Bila terdapat tanda-tanda kehamilan, calon ibu juga bisa memastikan kehamilan dengan test pack kehamilan. Tes tersebut mendeteksi hormon hcg yang diproduksi saat hamil.” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Tips Menjaga Kehamilan

Berikut ini tips-tips dalam menjaga kehamilan agar tetap sehat dan perkembangan janin tidak terganggu.

1. Menjaga pola makan

Pola makan yang baik berperan penting dalam proses tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Oleh karenanya perlu perhatian terhadap pola makan ibu hamil.

2. Olahraga rutin

Melakukan olahraga rutin dapat membantu menjaga ibu dan juga calon buah hati tetap sehat dan terjaga. Itulah informasi tentang ciri-ciri orang hamil serta tips menjaga kehamilan tetap sehat.

Cari tahu informasi kesehatan terlengkap hanya di Ngovee. Akses aplikasi Jovee yang dapat diunduh pada Google Play Store maupun App Store. Pilih vitamin hanya dari Ngovee.