Coba 8 Tips Ini Agar Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Terjaga
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Dalam kondisi hamil, kesehatan ibu sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin pula. Apabila kesehatan ibu memburuk tentunya kondisi janin juga akan ikut memburuk. Bahkan apabila Ibu menderita penyakit tertentu, maka janin berkemungkinan besar akan tertular penyakit tersebut. Sebab itulah menjaga kesehatan pada ibu hamil sangatlah penting untuk diperhatikan.

Pada dasarnya menjaga kesehatan selama masa kehamilan sangatlah mudah dilakukan yaitu dengan cara memulai gaya hidup sehat. Penerapan pola gaya hidup yang sehat bisa dimulai dari berbagai hal. Baik itu dari segi makanan, segi aktivitas yang dilakukan, maupun hal yang lainnya. Dengan begitu maka selama masa kehamilan sampai persalinan tidak akan mengalami permasalahan dari segi kesehatan.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Hamil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya kesehatan selama masa kehamilan benar-benar terjaga dengan baik. Meskipun saat berada dalam kondisi hamil tubuh seringkali merasa malas dan enggan melakukan berbagai aktivitas. Namun setidaknya demi menjaga kesehatan janin yang ada di kandungan maka ibu harus melakukan beberapa cara. Hal ini akan menjauhkan dari penyakit selama kehamilan.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan: 

Mengkonsumsi Banyak Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan memang hukumnya wajib. Melalui makanan bergizi tersebut mampu memberikan dorongan terhadap perkembangan otak janin, mengurangi resiko cacat lahir, menghindari berat lahir kurang, ataupun yang lainnya. Bagi ibu hamil, kekurangan makanan bergizi bisa menimbulkan anemia, morning sickness, maupun yang lainnya.

Makanan bergizi yang dikonsumsi secara tidak langsung dapat membantu untuk menyeimbangkan adanya perubahan pada suasana hati selama masa kehamilan. Selain itu proses persalinan juga menjadi lebih lancar apabila makanan bergizi dikonsumsi setiap harinya. Makanan bergizi yang dimaksud yaitu seperti protein, zat besi, kalsium, vitamin C, asam folat, lemak sehat maupun Zinc.

Konsumsi Vitamin Prenatal

Kesehatan dan nutrisi ibu hamil tidak hanya berasal dari segi makanan yang bergizi saja. Akan tetapi berasal dari vitamin prenatal juga. Vitamin inilah yang dijadikan sebagai nutrisi tambahan supaya kondisi ibu hamil dan janin tetap dalam kondisi sehat. Kebanyakan dari vitamin prenatal ini memiliki kandungan berupa asam folat.

Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan bagi ibu hamil sangatlah dianjurkan supaya dapat meningkatkan pernafasan dan sirkulasi, mengurangi stres selama kehamilan, memperkuat daya tahan dan otot, meningkatkan memperbaiki kualitas tidur, mengurangi sembelit dan mengatasi sakit punggung. olahraga yang paling direkomendasikan selama kehamilan yaitu seperti jogging, berjalan, yoga, senam hamil, berenang, atau olahraga ringan lainnya.

Hindari Rokok dan Alkohol 

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol menjadi pola gaya hidup yang sangatlah tidak sehat. Selain memperburuk kesehatan ibu, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kondisi janin dalam Kandungan. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Misalnya seperti persalinan prematur, keguguran, cacat, bahkan sampai kematian pada janin.

Melakukan Pemeriksaan Prenatal

Demi kondisi kesehatan janin dan ibu hamil maka melakukan pemeriksaan prenatal harus dilakukan secara rutin. Dengan cara inilah maka dokter bisa melakukan pemantauan pada kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Apabila terjadi permasalahan maka dokter segera melakukan penanganan yang tepat. Selain itu dengan pemeriksaan prenatal maka Ibu bisa mengkonsultasikan segala hal yang sekiranya bermasalah dalam kandungannya.

Cairan yang Selalu Tercukupi

Ibu hamil membutuhkan banyak cairan selama kehamilan, terutama air putih. Hal ini dikarenakan saat hamil volume darah bisa mengalami peningkatan secara drastis. Untuk memperlancar aliran darah menuju seluruh tubuh maka ibu disarankan untuk memenuhi asupan cairan dengan baik. Air putih tidak hanya memenuhi asupan cairan saja. Akan tetapi juga mencegah kelelahan, dehidrasi, sembelit, bahkan sampai infeksi saluran kencing.

Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang kekurangan istirahat seperti tidur maka akan merasakan lelah. Ibu hamil disarankan untuk memenuhi jam istirahatnya lebih banyak. Ketika beristirahat Ibu dapat memilih posisi miring kiri dengan menekuk lutut. Posisi ini menjadi posisi yang paling nyaman saat tidur. Selain itu posisi tersebut bisa membantu supaya jantung dapat bekerja lebih mengurangi varises, membantu pencegahan wasir serta mengatasi pembengkakan pada bagian kaki.

Hindari Stres

Saat hamil maka Ibu sangat tidak dianjurkan apabila terlalu banyak pikiran atau stres. Hal ini disebabkan pikiran yang stres bisa menimbulkan beberapa permasalahan. Seperti sakit kepala, denyut nadi dan nafas yang cepat, insomnia, tidak nafsu makan, bahkan cemas. Kondisi stres pada ibu hamil dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin yang menjadi terhambat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
6 Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan yang Sering Kali Terjadi
8 Kegiatan Ibu Hamil untuk Merangsang Kecerdasan Otak Janin
Inilah Ciri ciri Hamil Muda Yang Diprogram Sejak Dini
Cara Cepat Hamil Hanya Dalam 1 Bulan
Cara Menghitung Usia Kehamilan
Cara Menghitung Masa Subur Wanita
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin yang dikandungnya. Maka sebagai ibu yang baik dan tidak ingin terjadi hal buruk pada calon bayinya, beberapa cara di atas bisa Anda ikuti supaya kondisi kesehatan ibu hamil beserta janinnya benar-benar terjaga dengan baik dan tidak mengalami permasalahan hingga persalinan nantinya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store